Sukses


Pendapat Jamie Carragher: Cristiano Ronaldo Masih Kalah dari Lionel Messi, Dasarnya Apa Nih?

Bola.com, Jakarta - Tidak ada habisnya membahas siapa lebih baik di antara dua pesepakbola terbaik dunia saat ini: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Banyak yang punya komentar berbeda mengenai dua sosok pemain ini. 

Seperti Jamie Carragher tidak sepakat dengan koleganya di Timnas Inggris, Gary Neville soal penilaian pemain terbaik di dunia. Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, Carragher memilih nama kedua.

Perdebatan antara dua pemain top ini selalu jadi topik menarik. Teranyar, keduanya sama-sama bermain untuk klub baru musim ini. Ronaldo kembali ke Manchester United, sementara Lionel Messi hengkang ke PSG.

Sebelumnya, Gary Neville mengklaim Ronaldo lebih layak disebut pemain terbaik karena permainan yang lebih komplet.

"Jika Anda mencari pemain terbaik sepanjang masa, saya kira dialah (Ronaldo) pesepakbola terbaik yang pernah hidup," kata Neville kepada Sky Sports.

Ucapan Neville ini dibantah langsung oleh Carragher yang lebih memilih Messi. Apa alasannya?

2 dari 3 halaman

Ronaldo Masih Kalah dari Messi

Neville melempar argumen bahwa Cristiano Ronaldo adalah pemain yang lebih komplet soal gol, bisa dengan kaki kanan-kiri, juga dengan sundulan. Namun, argumen itu dimentahkan oleh Carragher.

Menurutnya, tidak penting seperti apa cara mencetak gol, yang lebih penting adalah catatan jumlah gol keseluruhan.

"Tidak penting bagaimana bola masuk ke gawang. Tidak penting dengan sundulan atau tendangan bebas. Lionel Messi punya catatan gol lebih baik dari Ronaldo," ujar Carragher kepada Sky Sports.

"Messi juga bermain jadi playmaker. Messi bisa mengatur permainan. Ronaldo tidak bisa melakukan itu."

"Ini bukan kritik, tapi tidak mungkin Ronaldo jadi pemain terbaik sepanjang masa," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

Hal Ajaib dari Lionel Messi

Carragher memperkuat argumennya dengan keajaiban Messi di lapangan. Dia mengakui Ronaldo adalah pemain luar biasa yang lebih komplet, tapi Messi akan membuat penonton mendapatkan pengalaman ajaib.

"Dua pemain luar biasa. Soal atribut keseluruhan, Ronaldo pemain yang lebih komplet. Dia bisa melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan Messi dalam hal duel udara dan gol dengan kaki lemah," lanjut Carragher.

"Namun, Messi bisa membuat Anda tidak benar-benar memercayai apa yang Anda saksikan. Yang dilakukan Ronaldo bisa dilakukan oleh pemain lain, Messi melakukan hal-hal yang tidak pernah disaksikan sebelumnya," tandasnya.

Sumber: Sky Sports

Disadur dari: Bola.net (Richard Andreas, published 16/09/2021)

Video Populer

Foto Populer