8 Pesepak Bola Top yang Terang-terangan Puji Lionel Messi Lebih Hebat daripada Cristiano Ronaldo

Oleh Yus Mei Sawitri pada 21 Sep 2021, 07:15 WIB
Diperbarui 21 Sep 2021, 07:15 WIB
Ilustrasi - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi
Ilustrasi - Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memulai babak baru pada karier sepak bola mereka pada musim ini. Kedua pemain kompak berganti klub. 

Cristiano Ronaldo memutuskan kembali ke klub yang membesarkan namanya, Manchester United. Lionel Messi meninggalkan klub yang sudah lama dibelanya, dan berlabuh ke Paris Saint-Germain. 

Meski bermain di liga berbeda, fans sepak bola dunia tak lelah membandingkan kedua pemain hebat itu.  

Ada beberapa perdebatan di sepak bola dunia yang tak pernah akan ada ujungnya. Satu di antaranya perdebatan tentang siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. 

Kedua pemain mendominasi supremasi sepak bola dunia selama lebih dari 10 tahun terakhir. Mereka bergantian menyabet penghargaan Ballon D'or sebagai lambang pemain terbaik dunia. 

Lionel Messi lebih unggul dengan raihan enam trofi Ballon d'Or. Adapun Cristiano Ronaldo baru mengantongi lima trofi. Namun, keduanya tampak belum menunjukkan tanda-tanda bosan menjadi pemain papan atas dunia. 

Siapa sebenarnya yang lebih bagus di antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi? Berikut delapan pesepak bola top yang menyebut Lionel Messi lebih hebat dibanding Cristiano Ronaldo. 

2 dari 9 halaman

1. Diego Maradona

FOTO: Potret Kedekatan Lionel Messi dan Diego Maradona
Pelatih Argentina, Diego Maradona, menyemangati Lionel Messi usai ditaklukkan Jerman dengan skor 4-0 pada laga Piala Dunia di Stadion Green Point, Afrika Selatan, (3/7/2010). (AFP/Daniel Garcia)

“Saya tidak ingat pernah melihat Lionel Messi bermain buruk,” kata legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, kepada wartawan pada 2017.

“Saya lebih suka Messi daripada Cristiano Ronaldo. Sejarah sepak bola akan mengingat Messi. Sepak bola telah memberinya banyak hal, sebanyak yang dia berikan untuk olahraga. Jika bisa memenangkan Piala Dunia, menurut saya, tidak akan mengubah apa pun tentang dirinya.”

 

3 dari 9 halaman

2. Paul Scholes

Foto: Ronaldo dan Sejumlah Pemain Gaek yang Mampu Mencetak Gol di Manchester United
Paul Scholes merupakan salah satu pemain terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Gelandang legendaris tersebut pernah mencetak gol di usianya yang telah menginjak 37 tahun 9 bulan 30 hari saat mengalahkan Wigan Athletic dengan skor telak 4-0 di Liga Inggris 2012/2013. (AFP/Olly Greenwood)

“Messi [adalah yang terbaik], tetapi Ronaldo brilian,” kata mantan legenda Manchester United, Paul Scholes. “Ronaldo sensasional dengan apa yang dia lakukan, dengan kecepatan dan kekuatan.

“Dia mencetak gol, dia mengambil tendangan bebas. Tetapi sebagai pesepakbola serba bisa, Messi - wow, umpannya - dia benar-benar memiliki segalanya."

Menulis untuk The Independent pada 2015, Scholes juga menambahkan: "Saya berpikir tentang para pemain hebat yang pernah berbagi lapangan dengan saya: Eric Cantona, Zinedine Zidane, Pirlo, Xavi, Cristiano Ronaldo - dan yang terbesar dari mereka semua adalah Messi."

 

4 dari 9 halaman

3. David Beckham

Wimbledon 2017, David Beckham, Galeri Foto
David Beckham tampak bahagia usai petenis Britania Raya, Andy Murray berhasil mengalahkan petenis Italia, Fabio Fognini pada turnamen tenis Wimbledon di London, Inggris. (AFP/Glyn Kirk)

“Mereka memiliki kesamaan dalam keterampilan teknis dan bakat mereka. Luar biasa bagi sepak bola memiliki mereka berdua, tetapi Messi adalah pemain terbaik di dunia,” komentar legenda Manchester United, David Beckham.

“Dia [Messi] sendirian di kelasnya sebagai pemain, tidak mungkin ada pemain lain seperti dia. Dia, seperti Cristiano Ronaldo, yang tidak berada di levelnya, keduanya berada di atas yang lain.”

 

5 dari 9 halaman

4. Marco van Basten

FOTO: 7 Bintang Dunia yang Pernah Membela Ajax Amsterdam
2. Marco Van Basten - Striker yang lahir di Utrecht, Belanda ini membela Ajax Amsterdam selama enam musim dengan total mencetak 128 gol. Mantan bomber AC Milan ini juga sempat menjadi juru racik bagi Ajax pada musim 2008/2009. (AFP/Staff ANP)

 

Salah satu pesepak bola Belanda terbaik sepanjang masa, Marco van Basten, mengatakan orang-orang yang memilih Ronaldo daripada Messi “tidak tahu apa-apa tentang sepak bola”. Coba katakan itu pada Sir Alex, Marco!

“Cristiano adalah pemain hebat, tetapi mereka yang mengatakan dia lebih baik daripada Messi tidak tahu apa-apa tentang sepak bola, atau mereka mengatakannya dengan itikad buruk,” kata Van Basten pada 2020.

“Messi tidak ada bandingannya. Tidak mungkin untuk ditiru dan tidak mungkin untuk diulang. Seorang pemain seperti dia datang setiap 50 atau 100 tahun.”

 

6 dari 9 halaman

5. Thierry Henry

Foto: Termasuk Salah, 5 Pemain yang Mampu Mencatatkan Gol ke-100nya di Liga Inggris dengan Cepat
Thierry Henry sukses mencetak 100 gol di Liga Inggris saat laga ke-160nya bersama Arsenal. Mesin gol The Gunners tersebut hingga saat ini telah mengoleksi 175 gol dan 85 assit bersama Arsenal. (Foto: AFP/Ian Kington)

Thierry Henry bisa dibilang salah satu pemain terbaik dalam sejarah Premier League, tetapi bahkan dia terkejut dengan betapa bagusnya Messi setelah meninggalkan Arsenal ke Barcelona.

"Saya bermain bersama Leo, jadi itulah jawaban saya," kata pria Prancis itu.

"Saya sangat menghormati Cristiano, sebagai seseorang yang mempertahankan level setinggi itu selama beberapa tahun."

"Adalah satu hal untuk memiliki musim yang baik, dan kemudian memiliki empat tahun kemudian, tetapi untuk mengikuti level itu selama bertahun-tahun berturut-turut adalah sesuatu yang lain."

"Orang-orang menyadarinya, tentu saja. Tetapi saya merasa kita masih belum memahami ukuran sebenarnya dari apa yang dilakukan keduanya. Di masa depan, orang akan melihat ke belakang dengan kagum pada kontinuitas, tujuan, dan tekanan yang datang, dengan melakukan ini begitu lama."

"Jadi saya sangat menghormati Ronaldo, tetapi saya bermain dengan Leo dan memiliki momen luar biasa bersamanya, kami kalah dan menang bersama, jadi hanya itu yang bisa saya katakan tentang Leo."

 

 

7 dari 9 halaman

6. Ronaldinho

Foto: Luis Suarez dan Sederet Pemain Top yang Disia-siakan Barcelona
Ronaldinho juga hengkang dari Barcelona diakibatkan karena selisih paham dengan Pep Guardiola. Padahal, Ronaldinho telah beberapa kali mempersembahkan gelar untuk Blaugrana. Dirinya tercatat telah membukukan 94 gol serta 71 assist dari 207 laga. (Foto: AFP/Adrian Dennis)

Dia bermain dan berlatih bersamanya di Barcelona, jadi ​​​​Ronaldinho tahu Messi adalah fenomena sejati di hadapan sebagian besar orang.

“Messi,” jawab pemain Brasil itu. “Saya akan senang untuk terus bermain bersamanya. Saya tidak punya cukup waktu dengannya, dia masih sangat muda. Saya ingin sekali turun ke lapangan bersamanya sekali lagi."

“Dia yang terbaik dalam sejarah, tidak diragukan lagi. Tidak ada yang melakukan apa yang dilakukan Messi. Yang lain [Ronaldo] lengkap, dia memiliki semuanya. Begitu juga Messi, tapi ini masalah selera dan saya lebih suka gaya Messi.”

 

 

8 dari 9 halaman

7. Ronaldo Nazario

Foto Trivia: Termasuk Ronaldo, 5 Pemain yang Ketahuan Pipis saat Pertandingan Berlangsung
Ronaldo Nazario merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Ia kedapatan buang air kecil ketika pertandingan antara Brasil melawan Hungaria di penyisihan grup D Olimpiade Atlanta tahun 1996. Bukannya langsung lari ke toilet, ia malah pipis di tengah lapangan. (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

Alih-alih berpihak pada yang memiliki nama yang sama, Ronaldo (Nazario) percaya Messi adalah pesepak bola yang lebih lengkap.

“Dia (Messi) keluar dari dunia ini,” kata legenda Brasil itu. “Cristiano juga, tapi saya melihat Leo lebih lengkap."

"Dia hebat. Saya menyukainya lebih dari pemain lain. Semua yang dia lakukan sangat spektakuler.”

 

9 dari 9 halaman

8. Wayne Rooney

Foto: 7 Pemain Top yang Didatangkan Manchester United di Deadline Day Transfer Musim Panas, Wayne Rooney Tersukses
Kembalinya Cristiano Ronaldo ke Manchester United setelah hampir diikat Manchester City sungguh sebuah kejutan di deadline day transfer musim panas 2021/2022. Sebelum CR7, Setan Merah juga pernah mendatangkan 7 pemain top di deadline day transfer. Siapa saja? (Foto: AFP/Paul Ellis)

Rooney dan Ronaldo menikmati banyak momen luar biasa bersama di Manchester United. Tetapi pencetak gol terbanyak Setan Merah sepanjang masa itu secara mengejutkan memilih Messi daripada mantan rekan setimnya setiap kali diminta untuk menjawab perdebatan tentang kedua pemain.

“Messi. Saya pikir saya sudah mengatakan ini sebelumnya, tetapi mereka berdua mungkin adalah dua pemain terbaik yang pernah bermain bersama saya di lapangan, ”kata Rooney.

"Saya hanya berpikir Messi, di mata saya, adalah yang terhebat yang pernah ada."

Sumber: Give Me Sports 

 

Lanjutkan Membaca ↓