Sukses


5 Bintang Sepak Bola yang Kemungkinan Pensiun Tahun Depan: Terima Kasih Warisannya!

Bola.com, Jakarta - Usia karier pemain sepak bola memang tak lama. Rata-rata, mereka menghabiskan 20 tahun di jenjang profesional, meski ada beberapa yang masih aktif bermain hingga di atas usia 40 tahun.

Tak sedikit pula para bintang lapangan hijau yang meninggalkan banyak warisan buat para penerusnya. Sejumlah pemain sepak bola muda bahkan tanpa sungkan mengaku mengidolai sesamanya.

"Saya ingin bertemu Cristiano Ronaldo, saya mau berterima kasih kepadanya," kata Erling Haaland dalam sebuah wawancara.

"Saya bisa menjadi seperti sekarang ini adalah karenanya."

Usia hanyalah angka, tapi peninggalannya di sepak bola akan tetap abadi. Berikut ini Bola.com merangkum lima pemain yang mungkin pensiun pada 2022:

 

2 dari 6 halaman

Gianluigi Buffon - Parma

Buffon merupakan satu dari sekian pesepak bola veteran yang masih aktif bermain hingga sekarang. Ia telah berkarier selama lebih dari 20 tahun.

Saat ini Buffon berstatus kiper Parma, klub profesional pertamanya yang melambungkan namanya. Ia sempat berkarier di Juventus dan PSG.

Buffon juga membela Timnas Italia sejak 1997, di mana ia main sebanyak 178 kali, memberikan gelar Piala Dunia pada 2006 di Jerman.

Kini di usia 43 tahun, tak banyak yang bisa ia berikan selain pengalaman bertanding.

 

3 dari 6 halaman

Luka Modrid - Real Madrid

Dikenal sebagai satu dari sekian gelandang terbaik dunia, Luka Modric juga kemungkinan gantung sepatu tahun depan. Ia memulai debut profesionalnya di Dinamo Zagreb pada 2003, sebelum namanya melambung bersama Tottenham pada 2008.

Empat tahun membela Spurs, ia hijrah ke Real Madrid, di mana Modric memberikan banyak gelar, mulai dari Liga Spanyol, Piala Super Spanyol, serta Liga Champioons.

Sayang, tak banyak yang bisa sumbangkan buat Timnas Kroasia kecuali runner-up Piala Dunia 2018. Kini usianya telah 36 tahun, dan meski tenaganya masih bisa diandalkan, pensiun tahun depan agaknya jadi opsi terbaik buat sang maestro lapangan tengah.

 

4 dari 6 halaman

Thiago Silva - Chelsea

Satu dari sekian bek veteran yang masih aktif bermain di level tertinggi sepak bola Eropa, Thiago Silva, berkesempatan menutup kariernya dengan gelar juara Liga Inggris bersama Chelsea.

Sosoknya mendunia saat berseragam AC Milan. Ia kemudian hijrah menuju PSG pada 2012.

Kontraknya di Chelsea akan berakhir tahun depan, dan besar kemungkinan ia bakal pensiun pada 2022.

 

5 dari 6 halaman

Giorgio Chiellini - Juventus

Chiellini masuk di jajaran pemain paling loyal di Juventus. Ia memulai debut bersama Livorno, sempat bermain untuk Roma, sebelum pindah ke Juve pada 2004.

Ia menghabiskan 17 tahun bersama Juventus, tampil sebanyak lebih dari 400 kali di semua kompetisi, dan membantu memberikan banyak gelar Liga Italia.

Chiellini saat ini berusia 37 tahun, dan diprediksi bakal pensiun akhir musim ini.

 

6 dari 6 halaman

Zlatan Ibrahimovic - AC Milan

Ibrahimovic adalah fenomena tersendiri di sepak bola dunia. Memulai debut pada 1999, ia pernah membela banyak tim kelas atas, mulai dari Juventus, Inter Milan, Barcelona, PSG, dan timnya saat ini, AC Milan.

Ia tercatat 700 kali lebih lebih tampil, baik untuk klub maupun timnas. Selama kurun waktu itu, Ibra membukukan lebih dari 480 gol.

Usianya akan segera menyentuh angka 40. Akankah musim depan ia pensiun?

Video Populer

Foto Populer