Liga Champions: Jumpa Villarreal di Old Trafford, Manchester United Sanggup Bangkit, Solskjaer?

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 27 Sep 2021, 16:45 WIB
Diperbarui 27 Sep 2021, 16:45 WIB
FOTO: Ekspresi Kecewa Pemain Manchester United Usai Gagal Mengangkat Trofi Liga Europa
Para pemain Manchester United berusaha menenangkan David de Gea yang kecewa usai ditaklukkan Villarreal pada laga final Liga Europa di Stadion Gdansk, Kamis (27/5/2021). MU gagal menjadi juara usai takluk adu penalti dengan skor 10-11. (AFP/Maja Hijtj)

Bola.com, Jakarta - Manchester United menjamu Villarreal dalam laga matchday kedua Liga Champions di Old Trafford, Kamis (30/9/2021) dini hari WIB. The Red Devils menatap pertandingan ini dengan berbekal hasil buruk dalam dua pekan terakhir.

Tepatnya dimulai pada matchday pertama Liga Champions, kala The Red Devils bertandang ke Swiss menghadapi Young Boys, Selasa (14/9/2021) malam WIB. Sempat unggul lebih dulu lewat gol yang dicetak Cristiano Ronaldo, Manchester United justru kalah 1-2 dalam laga tersebut.

Sempat bangkit dan menang 2-1 atas West Ham United saat bertandang ke London Stadium pada laga pekan kelima Premier League pada Kamis (23/9/2021) dini hari WIB. Namun, kemenangan itu tidak berlanjut ketika The Red Devils kembali berhadapan dengan The Hammers pada laga babak ketiga Carabao Cup yang digelar di Old Trafford.

West Ham United yang datang ke Old Trafford dengan tanpa beban justru berhasil meraih kemenangan 1-0 atas The Red Devils yang sekaligus menyingkirkan tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer dari Carabao Cup.

Alih-alih bangkit setelah tersingkir dari Carabao Cup, Manchester United yang menjamu Aston Villa pada laga pekan keenam Premier League, Sabtu (25/9/2021), justru kembali kalah di depan para pendukungnya. The Red Devils kalah 0-1 dari Aston Villa, yang menjadi kekalahan pertama Cristiano Ronaldo dkk. di Premier League.

Kini setelah dua kekalahan beruntun di Carabao Cup dan Premier League, Manchester United akan kembali ke Liga Champions. The Red Devils tentu ingin meraih poin maksimal setelah gagal pada laga matchday pertama di Swiss. Namun, ini bukanlah laga yang mudah bagi tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer.

2 dari 3 halaman

Mampu Membalas Kekalahan di Final Liga Europa?

FOTO: Ekspresi Kecewa Pemain Manchester United Usai Gagal Mengangkat Trofi Liga Europa
Kiper Manchester United, David de Gea, tampak kecewa usai ditaklukkan Villarreal pada laga final Liga Europa di Stadion Gdansk, Kamis (27/5/2021). MU gagal menjadi juara usai takluk adu penalti dengan skor 10-11. (AFP/Maja Hijtj)

 

Manchester United menjamu Villarreal dengan bayang-bayang kelabu. Tidak hanya kalah dalam dua laga terakhirnya, yang secara kebetulan terjadi di Old Trafford dan bahkan harus membuat mereka tersingkir dari Carabao Cup, Manchester United punya kenangan buruk saat menghadapi Villarreal.

Setelah mengalami kekalahan ketiga musim ini pada akhir pekan lalu, bukan tidak mungkin tren negatif itu berlanjut dengan kekalahan ketiga di Old Trafford secara berturut-turut. Hal itu tentu menjadi hal yang sangat dihindari oleh Manchester United.

Akan menyesakkan bagi Manchester United, apalagi para pendukung mereka, jika harus merasakan kekalahan ketiga secara berturut-turut di Old Trafford dan terjadi di tiga kompetisi berbeda. Namun, apakah Manchester United memang tidak memiliki peluang?

Statistik pertemuan kedua tim tidak memihak kepada Manchester United. Dari lima pertemuan, empat laga pertama berakhir imbang tanpa gol, mulai dari 2005 hingga 2008.

Sementara dalam pertemuan terakhir kedua tim, yang terjadi di final Liga Europa 2020/2021, Villarreal dan Manchester United juga bermain imbang 1-1 dalam waktu normal dan akhirnya trofi juara menjadi milik Villarreal setelah menang lewat drama adu penalti.

 

3 dari 3 halaman

Solskjaer Tetap Pede

Foto: Bruno Fernandes Gagal Manfaatkan Voucher Penalti, Manchester United Dipermalukan Aston Villa
Bruno Fernandes dan Ole Gunnar Solskjaer setelah kekalahan Manchester United dari Aston Villa di Old Trafford, Sabtu (25/9/2021). (AFP/Paul Ellis)

Meski mendapatkan hasil yang kurang baik dalam 3 dari 4 laga terakhir Manchester United di semua kompetisi, Ole Gunnar Solskjaer tetap optimistis menatap laga kontra Villarreal. Manajer asal Norwegia itu menegaskan bahwa meski The Red Devils memulai perjalanan di kompetisi Eropa itu dengan hasil kurang baik, tapi bermain di Old Trafford akan menjadi sesuatu yang berbeda.

"Kami harus menjalani pertandingan Liga Champions dan kami sudah menantikannya. Kami tidak memulai dengan baik, tapi kami akan bersemangat. Para penggemar dan pemain, untuk mendapatkan kemenangan. Kami akan menyerang untuk mendapatkan kemenangan," tegas Solskjaer seperti dilansir dari The Guardian.

Manajer asal Norwegia itu juga tidak merasa terganggu dengan hasil negatif yang baru dialami timnya dalam beberapa laga terakhir. Fakta Manchester United baru mengalami kekalahan pertama di Premier League membuat Solskjaer merasa semua masih dalam situasi yang baik.

"Kami memulai musim ini dengan baik hingga hari ini. Ini adalah kekalahan pertama kami di liga, sangat baik dan berimbang. Saya mengenal para pemain saya, saya tahu mereka akan bertarung untuk mendapatkan keinginan mereka," tegas Solskjaer.

Sumber: Manchester United, The Guardians, Soccerway

Lanjutkan Membaca ↓