Sukses


5 Perubahan yang Bisa Dilakukan Tuchel Agar Chelsea Bisa Menjinakkan Juventus

Bola.com, Jakarta - Chelsea menjalani pekan yang berat dan belum akan berakhir setidaknya dalam beberapa hari ke depan. Sebab dini hari nanti, anak asuh Thomas Tuchel itu akan menghadapi Juventus pada matchday 2 Liga Champions, Kamis (30/9/2021) WIB.

Juventus punya modal yang cukup bagus jelang duel lawan Chelsea. Juventus tak pernah kalah pada empat laga terakhir di semua kompetisi. Di Liga Champions, mereka menang 3-0 atas Malmo pada matchday pertama.

Namun, Si Nyonya Tua bakal kehilangan salah satu pemain terbaiknya: Paulo Dybala. Dia mengalami cedera akhir pekan lalu. Sementara, kondisi Alvaro Morata masih diragukan.

Sementara itu, Chelsea kalah dari Man City pada laga terakhirnya. Ini adalah kekalahan pertama Chelsea musim ini. Kelemahan skuad Thomas Tuchel pun terkuak. Jika Romelu Lukaku kesulitan, maka serangan akan macet.

Chelsea belum diperkuat Christian Pulisic pada lawatan ke Turin. Lalu, kondisi Mason Mount, Jorginho, dan Reece James meragukan.

Melihat kondisi tersebut, Bola.com mencoba mengulas lima perubahan komposisi tim yang bisa dilakukan Thomas Tuchel di Chelsea guna meraih hasil maksimal kontra Juventus.

 

2 dari 6 halaman

Reece James Keluar, Callum Hudson-Odoi Masuk

Tuchel bisa meninggalkan James dari skuad Liga Champions setelah bek itu mengalami cedera pergelangan kaki di babak pertama saat kalah dari Manchester City.

Bek sayap itu meninggalkan lapangan dengan mengikat pergelangan kakinya dan kecil kemungkinan dia mengambil risiko melawan Juventus.

Tuchel memiliki sejumlah opsi untuk merotasi pertahanannya, dan hanya bisa menyesuaikan dengan memasukkan Thiago Silva ke lini belakang seperti yang dia lakukan pada hari Sabtu.

Hudson-Odoi mungkin memiliki kesempatan yang lebih panjang di tim utama jika ia bisa mendapatkan peran sebagai bek sayap menyerang dalam rotasi Tuchel.

 

3 dari 6 halaman

Mason Mount Masuk, N'Golo Kante Keluar

Kehadiran Mount sangat sangat dibutuhkan saat menghadapi Manchester City akhir pekan lalu, dan tampaknya jelas bahwa dia akan segera kembali ke tim.

Mount memang masih diragukan bisa tampil, namun ia ikut latihan jelang laga kontra Juventus.

Jika memungkinkan, Kante yang bermain tak maksimal sepanjang musim ini bisa ditarik keluar dan digantikan oleh Mason Mount sejak menit awal.

 

4 dari 6 halaman

Kai Havertz masuk, Timo Werner keluar

Meskipun tidak ada kesalahan khusus dalam kinerja Werner di akhir pekan, penampilannya yang terisolasi tentu mengurangi tuntutan baginya untuk memulai bersama Romelu Lukaku, tetapi hanya untuk saat ini.

Masuknya Kai Havertz melawan City tidak mengubah permainan, tetapi posisinya memungkinkan Chelsea melakukan transisi yang lebih mulus ke serangan dan Werner bisa menjadi korban perubahan formasi Tuchel.

Alih-alih mengambil risiko terburuk, akan bijaksana bagi Tuchel untuk memainkan Havertz ketimbang memercayakan peran striker lubang kepadanya.

 

5 dari 6 halaman

Ruben Loftus-Cheek masuk, Mateo Kovacic keluar

Seorang pemain yang mungkin baru mulai meyakinkan Tuchel bahwa dia layak mendapat tempat di starting XI Chelsea adalah Ruben Loftus-Cheek.

Menjelang musim, Tuchel mengatakan bahwa masa depan Loftus-Cheek ada di tangannya sendiri dan dia berharap untuk melihat intensitas yang lebih besar dari pria yang menghabiskan musim lalu dengan status pinjaman di Fulham.

"Dia memutuskan apa rencananya. Dia mendapat menit bermain melawan Zenit, di Piala Liga, dan sekarang di sini [melawan Manchester City]."

"Dia adalah tipe pemain yang berbeda. Dia bukan pengoper, dia seorang dribbler, seorang pelari yang menggerakkan bola. Ini bisa sangat membantu melawan City."

"Dia melakukannya dengan sangat baik, itu bagus untuk dilihat."

 

6 dari 6 halaman

Ben Chilwell masuk, Marcos Alonso keluar

Alonso telah menjadi kejutan Chelsea sejauh ini dan telah menunjukkan beberapa bentuk yang mengesankan tetapi penampilannya melawan City menunjukkan mengapa ia mungkin bukan favorit jangka panjang.

Wing back asal Spanyol itu terkadang terjebak terlalu jauh di atas lapangan sementara pengaruh menyerangnya hilang ketika Chelsea menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bertahan.

Opsi terbaik mengatasi persoalan tersebut adalah dengan memainkan Ben Chilwell. Bek kiri itu lebih baik dalam bertahan, namun juga cekatan saat harus membantu serangan.

Video Populer

Foto Populer