Sukses


Momen Gol Perdana Lionel Messi Sepanjang Karier: Mulai dari Barcelona, Timnas Argentina, Hingga PSG

Bola.com, Jakarta - Lionel Messi akhirnya berhasil mencetak gol perdananya bersama Paris Saint-Germain (PSG), Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. Gol itu tercipta pada laga matchday kedua Liga Champions, di mana PSG berhasil menang 2-0 atas Manchester City di Parc des Princes.

Cukup lama bagi para pecinta sepak bola dunia menantikan gol perdana Lionel Messi. Sudah bergabung bersama PSG sejak 10 Agustus 2021, Lionel Messi membutuhkan 49 hari untuk bisa mencetak gol pertamanya bersama Les Parisiens.

Dalam penantiannya sebelum mencetak gol pertama, Lionel Messi kerap dibanding-bandingkan dengan Cristiano Ronaldo yang langsung berhasil mencetak gol dalam debutnya yang kedua bersama Manchester United. Bahkan CR7 berhasil mencetak gol dalam tiga laga berturut-turut yang dimainkannya bersama The Red Devils.

Keberhasilan Lionel Messi mencetak gol pertamanya untuk PSG itu dirayakan oleh sang pemain dengan begitu bersemangat. Bersama Neymar dan pemain PSG lain, Messi begitu bergembira dengan gol yang dicetaknya ke gawang tim yang ditangani oleh Pep Guardiola, pelatih yang pernah menanganinya di Barcelona dulu.

Menarik untuk mengulas kembali bagaimana Lionel Messi mendapatkan gol dalam setiap kariernya bersama tim-tim yang pernah dibelanya, mulai dari tim senior Barcelona, Timnas Argentina senior, dan PSG. Berikut ulasannya:

2 dari 4 halaman

Gol Perdana untuk Barcelona, Kolaborasi Apik dengan Ronaldinho

Gol pertama Lionel Messi bersama Barcelona tercipta pada 1 Mei 2005 ketika menghadapi Albacete. Lionel Messi masuk lapangan sebagai pemain pengganti dan mendapatkan instruksi dari Frank Rijkaard untuk menyisir sisi kiri lapangan.

Lionel Messi mencetak gol yang kemudian dianulir wasit. Menerima umpan chip dari Ronaldinho, Lionel Messi yang juga melakukan tendangan chip untuk mengoyak jala gawang lawan, dianggap sudah berada di posisi offside ketika menerima umpan.

Namun, tak lama, dengan skema kerja sama dengan Ronaldinho yang sama seperti sebelumnya, Lionel Messi akhirnya benar-benar sukses mencetak gol pertamanya untuk Barcelona. Melakukan permainan satu dua dengan Ronaldinho dan menerima umpan chip dari legenda Brasil itu, Lionel Messi kembali mengangkat bola melewati atas kiper Albacete untuk mengoyak jala gawang

Tidak hanya berhasil mencetak gol pertamanya untuk tim utama Barcelona saat itu, Lionel Messi pun berhasil menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah Barcelona pada saat itu.

3 dari 4 halaman

Gol Perdana untuk Timnas Argentina, Sepakan dari Luar Kotak Penalti

Lionel Messi mendapatkan panggilan pertamanya memperkuat Timnas Argentina pada 2005. Sempat mendapatkan debut yang tidak menyenangkan dengan kartu merah saat menghadapi Hungaria tak lama setelah memasuki lapangan sebagai pemain pengganti, Messi kemudian baru mendapatkan gol pertamanya bersama Albiceleste pada 2006.

Tepatnya pada 1 Maret 2006 dalam laga persahabatan internasional jelang Piala Dunia 2006 di Jerman, Lionel Messi mencetak gol pertamanya bersama Timnas Argentina ke gawang Kroasia.

Bermain dengan nomor punggung 19, di antara pemain-pemain seperti Carlos Teves dan Hernan Crespo, Lionel Messi sebenarnya bisa mencetak dua gol dalam laga tersebut.

Namun, upaya pertamanya mencetak gol dianggap sebagai gol Carlos Tevez yang menyambar bola yang sudah mengarah ke dalam gawang. Tepat sebelum bola masuk gawang, Tevez menyambar bola dan memastikan gol tersebut.

Lionel Messi tak kecewa, pada kesempatan berikutnya ia benar-benar mencatatkan namanya di papan skor untuk pertama kalinya bersama Argentina. Merebut bola karena kesalahan stoper Kroasia saat mengalirkan bola, Lionel Messi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengoyak jala gawang Kroasia.

Namun, setelah itu ia hampir saja tersingkir dari skuad Argentina di Piala Dunia karena cedera hamstring. Untungnya, jelang Piala Dunia 2006 dimulai, Lionel Messi disebut sudah pulih dari cedera dan dibawa oleh pelatih Jose Pekerman ke Jerman. Sejak saat itu, ia menjadi andalan bagi Timnas Argentina.

4 dari 4 halaman

Gol Perdana untuk PSG, Kerja Sama Apik dengan Kylian Mbappe

Gol perdana Lionel Messi bersama PSG tercipta dalam laga matchday kedua Liga Champions kontra Manchester City, Rabu (29/9/2021) dini hari WIB. Gol terjadi 49 hari setelah bergabungnya bintang Argentina itu dengan klub ibu kota Prancis itu.

Lionel Messi sempat cukup menunggu lama untuk mendapatkan debutnya bersama PSG. Ia baru mendapatkan debutnya pada 29 Agustus ketika masuk sebagai pemain pengganti dalam laga Ligue 1 kontra Reims, di mana PSG menang 2-0.

Satu bulan kemudian dari debutnya tersebut, Lionel Messi pun berhasil mencetak gol perdana bagi PSG di ajang Liga Champions. Lionel Messi dipercaya oleh Mauricio Pochettino untuk turun sebagai starter.

Dalam kondiis unggul 1-0, PSG berhasil menggandakan keunggulan lewat gol Lionel Messi. Bintang asal Argentina itu lebih dulu memberi bola kepada Kylian Mbappe yang ada di kotak penalti.

Kemudian Mbappe hanya menyentuh bola yang kemudian mengarah kembali ke depan Messi yang langsung melepaskan tembakan dan mengoyak jala gawang Manchester City.

Video Populer

Foto Populer