Sukses


19 Rekor yang Tercipta pada Matchday 2 Liga Champions: Cristiano Ronaldo Nge-Clutch, Barcelona AFK Lagi

Bola.com, Jakarta - Matchday kedua fase grup Liga Champions telah tuntas. Beberapa klub elite tumbang, di antaranya Chelsea dan Barcelona.

Chelsea tak berdaya meladeni Juventus di Turin. Juara Liga Champions musim lalu itu menyerah 0-1 meski menguasai jalannya pertandingan. Chelsea tak berdaya melawan Juventus yang menerapkan catenaccio dengan sempurna.

Sementara itu, Barcelona keok lagi. Kali ini di markas Benfica dengan skor 0-3. Kekalahan ini memperpanjang penderitaan mereka di Liga Champions. Pada matchday pertama, El Barca juga kalah 0-3 dari Bayern Munchen.

Akibat kekalahan ini, Barcelona menjadi juru kunci klasemen sementara Grup E. Bayern kukuh di posisi pertama setelah merebut kemenangan telak atas Dynamo Kyiv 5-0.

Pada laga lain, Manchester United akhirnya memetik kemenangan. Berlaga di Old Trafford, tim setan Merah menang 2-1. Gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-95 menjadi penentu kemenangan tim Ole Gunnar Solskjaer.

Bola.com merangkum 19 fakta dan rekor yang tercipta pada matchday 2 Liga Champions. Berikut ini ulasannya:

 

2 dari 5 halaman

Barcelona AFK

  • Barcelona kalah dalam dua pertandingan pertama mereka Liga Champions untuk kali pertama. Yang pertama adalah pada 1972/1973 dalam pertandingan putaran pertama Piala UEFA dengan FC Porto (masih berformat two-legged knockout). Apa yang lebih memberatkan? Mereka adalah satu-satunya tim di Liga Champions yang belum memiliki tembakan tepat sasaran musim ini.
  • Sheriff Tiraspol adalah debutan pertama sejak Leicester City pada 2016/2017 yang memenangkan dua pertandingan pertama mereka di Liga Champions. Mereka juga menjadi tim keempat yang memenangkan pertandingan tandang pertama melawan Real Madrid setelah Juventus pada 1962, Arsenal pada 2006 dan Liverpool pada 2009 di Liga Champions.
  • Real mungkin kalah, tetapi satu-satunya gol Karim Benzema membuatnya menyamai rekor gol Raul Gonzalez, yakni pemain keempat dengan gol terbanyak dalam sejarah UCL. Dia sekarang memiliki 72 gol. Tiga di atasnya adalah Cristiano Ronaldo (136), Lionel Messi (121), dan Robert Lewandowski (77).
  • Pemain Ajax, Sebastien Haller kini telah mencetak lima gol di Liga Champions; terbanyak oleh seorang pemain dalam dua penampilan pertamanya di kompetisi.
  • Dinukil dari Opta, Chelsea mengoleksi 16 upaya mencetak gol melawan Juventus, terbanyak yang mereka lakukan dalam pertandingan tandang Liga Champions tanpa mencetak gol.

 

3 dari 5 halaman

Mohamed Salah Istimewa

  • Liverpool menjaga rekor tak terkalahkan melawan FC Porto dalam sembilan pertemuan mereka di semua kompetisi (M6 S3); dalam sejarah klub, hanya melawan Scunthorpe United dan Walsall mereka bermain lebih sering tanpa pernah kalah (masing-masing 11).
  • Hanya dua orang yang mencetak gol dalam 17 musim Liga Champions yang berbeda - Karim Benzema dan Lionel Messi, keduanya mencetak gol pertama mereka kemarin.
  • Robert Lewandowski adalah pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mengakhiri laga dengan kemenangan dalam 18 penampilan berturut-turut.
  • Mohamed Salah menjadi pemain Afrika ketiga yang mencetak 30 gol atau lebih di UCL, setelah Didier Drogba (44) dan Samuel Eto'o (30).
  • Satu lagi dari Opta -- Gol penentu kemenangan Federico Chiesa untuk Juventus, yang terjadi hanya 10 detik memasuki babak kedua melawan Chelsea, adalah gol babak kedua paling cepat yang tercatat di Liga Champions sejak 2003/2004.

 

4 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo Nge-Clutch Lagi

  • Penalti Luis Suárez pada menit 90'+7 melawan AC Milan adalah gol kemenangan terakhir yang dicetak dalam waktu regulasi dalam sejarah UCL. Ini juga pertama kalinya dalam 25 pertandingan Suarez mencetak gol tandang di Liga Champions. Terakhir kali dia mencetak gol tandang di Liga Champions juga di tanah Italia -- melawan Roma pada September 2015.
  • Lewandowski telah mencetak 119 gol dalam 100 pertandingan terakhirnya untuk Bayern Munchen. Dia juga memiliki enam gol lebih banyak daripada pemain lain di lima liga top Eropa di semua kompetisi pada 2021 (41).
  • Tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak gol kemenangan di menit ke-90 dalam sejarah UCL selain Ronaldo (3, sejajar dengan Sergio Aguero).
  • Tidak ada pemain yang mencetak lebih banyak gol di Liga Champions melawan tim yang dikelola oleh Pep Guardiola daripada Messi (7 - lima vs Manchester City, dua vs Bayern Munchen)
  • Ronaldo sekarang memiliki 12 gol karier di menit ke-90 atau lebih di Liga Champions (termasuk perpanjangan waktu), dua kali lipat lebih banyak daripada pemain lain dalam sejarah kompetisi. Messi paling banyak berikutnya dengan enam gol.

 

5 dari 5 halaman

Messi Momok buat Inggris

  • Messi telah mencetak 27 gol dalam 35 penampilan melawan tim Inggris di Liga Champions; 15 lebih banyak dari pemain lain dalam kompetisi (Ronaldo, yang terdekat berikutnya, memiliki 12 gol).
  • Pada usia 36 tahun dan 236 hari, Ronaldo adalah pemain tertua ke-3 dengan gol penentu kemenangan dalam sejarah UCL (Setelah Leonardo dan Ryan Giggs).
  • Ini adalah kemenangan ke-41 Ronaldo dalam kariernya di UCL, terbanyak dalam sejarah kompetisi. Messi yang paling banyak berikutnya dengan 38.
  • Ronaldo membuat penampilan Liga Champions ke-178, menyalip Iker Casillas sebagai pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah kompetisi.

Video Populer

Foto Populer