Sukses


Hasil UEFA Nations League: Bungkam Belgia, Italia Tempati Posisi 3

Bola.com, Jakarta - Italia menang 2-1 atas Belgia di perebutan tempat ketiga UEFA Nations League 2021 di Juventus Stadium, Minggu (10/10/2021) malam WIB.

Italia membuat lima pergantian dari skuat yang sebelumnya kalah saat bersua dengan Spanyol. Sementara Belgia mengganti tiga pemain dari skuat yang sebelumnya berduel lawan Prancis.

Gol dari Italia dicetak oleh Nicolo Barella dan Domenico Berardi. Sementara itu gol Belgia dihasilkan Charles De Ketelaere.

 

Babak Pertama 

Italia berusaha untuk menekan Belgia lebih dahulu. Namun mereka masih kesulitan untuk menembus pertahanan sang lawan. Red Devils kemudian berbalik menekan pertahanan Azzurri.

Namun selama 15 menit pertahan, tak ada serangan yang benar-benar berbahaya. Peluang apik baru muncul pada menit ke-18. Berardi melepas tendangan keras kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola membentur Denayer dan sempat berbelok arah. Namun Courtois masih bisa menepis bola tersebut.

Dua menit kemudian Italia mengancam melalui Raspadori. Namun di saat krusial, Castagne berhasil melakukan blok dan bola keluar lapangan. Pada menit ke-24, Belgia mendapat kans melalui sundulan Alderweireld. Namun bola umpan sepak pojok itu masih mengarah tepat ke pelukan Donnarumma.

Semenit kemudian Belgia menyerang dari sisi kanan. Bola diumpankan balik ke tengah kotak penalti dan disambut tendangan Saelemaekers. Namun apesnya bola cuma membentur mistar gawang Italia saja.

Kedua tim kemudian saling serang namun belum bisa menghasilkan peluang berbahaya lagi. Namun Italia kemudian nyaris mencetak gol pada menit ke-45 via tendangan Chiesa yang lolos dari jebakan offside.  Sayangnya dalam duel satu lawan satu, bola tendangannya masih bisa dibelokkan arahnya oleh Courtois keluar lapangan.

Babak pertama laga Italia vs Belgia ini pun berakhir dengan skor 0-0.

2 dari 3 halaman

Jalannya Babak Kedua

Italia langsung membuka babak kedua dengan sebuah gol. Adalah Nicolo Barella yang menjebol gawang Belgia dengan tendangan first time dari ujung kotak penalti. Gol ini bermulai dari sepak pojok yang gagal dihalau penggawa Red Devil. 1-0.

Ketinggalan 1-0 membuat Belgia limbung. Serangan mereka terlihat kurang menggigit. Roberto Martinze akhirnya memasukkan Kevin De Bruyne pada menit ke-59 menggantikan Tielemans dan De Ketelaere menggusur Saelemaekers.

Semenit kemudian, Belgia nyaris mencetak gol. Namun sayang bola tendangan Batshuayi, umpan dari De Ketelaere, masih membentur mistar gawang lagi!

Belgia kemudian bernasib apes. Pada menit ke-63, mereka diganjar penalti. Sebab Castagne dianggap melanggar Chiesa di kotak terlarang. Dua menit kemudian, Berardi bisa mengeksekusi peluang tersebut dengan sempurna dengan mengecoh Courtois. 2-0.

Belgia kemudian menekan pertahanan Italia dan mendapat dua kans melalui Alderweireld pada menit 69 dan 77. Namun semua peluang itu bisa digagalkan Donnarumma.

Menit ke-82, Belgia mendapat peluang emas via serangan balik. Namun sayang bola tendangan Carrasco masih membentur tiang gawang saja. Red Devil akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-86. Serangan balik mereka bisa dipungkasi oleh Charles De Ketelaere. Ia dengan tenang menaklukkan Donnarumma dalam duel 1 vs 1. 2-1.

Belgia kemudian terus berusaha menekan pertahanan Italia. Namun sayangnya sampai akhir mereka tak bisa mencetak gol lagi. Azzuri pun berhasil menang 2-1 atas Red Devil dalam perebutan tempat ketiga UEFA Nations League 2021 ini.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Francesco Acerbi, Alessandro Bastoni, Emerson; Nicolo Barella, Manuel Locatelli, Lorenzo Pellegrini; Domenico Berardi, Giacomo Raspadori, Federico Chiesa.
  • Pelatih: Roberto Mancini.
  • Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Jason Denayer, Jan Vertonghen; Timothy Castagne, Axel Witsel, Youri Tielemans, Alexis Saelemaekers; Hans Vanaken, Yannick Carrasco; Michy Batshuayi.
  • Pelatih: Roberto Martinez.

Sumber asli: Bola.net 

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, Published 10/10/2021)

Video Populer

Foto Populer