Sukses


Liga Spanyol: Jordy Cruyff, Sosok yang Bikin Ronald Koeman Masih Aman di Barcelona

Bola.com, Jakarta - Posisi Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona masih belum goyah. Kabarnya, ada satu sosok yang membuat Koeman belum didepak dari Camp Nou. 

Pelatih asal Belanda itu memang sedang dakam tekanan menyusul hasil kurang memuaskan yang ditorehkan Blaugrana di awal musim ini. Barcelona berada di posisi sembilan klasemen sementara Liga Spanyol, dengan nilai 12.

Mereka tertinggal lima angka dari seteru abadinya Real Madrid sebagai pemuncak klasemen. Begitu juga di Liga Champions, Gerard Pique dkk. babak belur setelah menelan dua kekalahan beruntun dari Bayern Munich dan Benfica, tanpa mencetak satu pun golnya. 

Kendati demikian, posisi Ronald Koeman tetap aman sebagai juru taktik Barcelona. Ternyata nasib Koeman ada campur tangan Jordi Cruyff, putera legenda Barcelona Johan Cruyff. Dia meminta kepada Presiden klub, Joan Laporta untuk mempertahankan Koeman.

Jordi Cruyff mampu meyakinkan sang presiden klub untuk tetap mempercayakan kepada Ronald Koeman. Setidaknya manajemen Barcelona perlu memberi kesempatan untuk Koeman hingga tiga pertandingan ke depan.

Sosok Jordi Cruyff tidaklah asing bagi Joan Laporta, karena kedekatan mendiang ayahnya dengan Presiden Barcelona itu. Kemudian Jordi Cruyff diajaknya masuk ke dalam manajemen Barcelona, sebagai anggota penasihat klub.

“Johan, saya selalu bersama, karena semua yang saya pelajari darinya,” beber Joan Laporta dalam wawancaranya dengan Sportsmail beberapa waktu lalu.

“Saya percaya pada tim dan terlebih lagi ketika kami mendapatkan pemain kembali bugar,” lanjut Presiden Barcelona itu.

2 dari 4 halaman

Bursa Calon Pengganti Koeman

Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah nama pelatih masuk dalam rumor kandidat calon pengganti Ronald Koeman bila pada akhirnya nanti dipecat. Mulai dari Roberto Martiner (pelatih Timnas Belgia), Xavi Hernandez, Marcelo Gallardo (pelatih River Plate), hingga eks pelatih Juventus musim lalu, Andrea Pirlo ramai dikaitkan dengan Barcelona.

Akan tetapi nama-nama itu juga sulit terwujud, selain Barcelona sedang dalam krisis keuangan. Roberto Martinez misalnya masih punya proyek di Belgia. Xavi masih terlalu dini untuk memimpin Barcelona.

Marcelo Gallardo terikat kontrak dengan River Plate. Sementara Pirlo belum meyakinkan menangani sebuah tim besar. Di sisi lain, Barcelona tentu harus mengeluarkan uang untuk membayar gaji Koeman yang masih punya kontrak jika harus dipecat.

3 dari 4 halaman

Optimis Bangkit

Joan Laporta mengutarakan optimisme bahwa kebangkitan Barcelona hanya tinggal menunggu waktu. Skuad Barcelona kembali lengkap, seperti Ansu Fati, Ousmane Dembele, dan Sergio Aguero.

Pemain muda Pedri dan Gavi juga sudah kembali dari Timnas Spanyol. Begitu juga Sergio Busquets dan Eric Garcia yang kembali menemukan performa terbaiknya.

Setelah jeda Internasional, Barcelona akan berhadapan dengan Valencia, Dynamo Kiev dan Real Madrid hanya dalam satu pekan ke depan. Jika mampu melewati adangan ketiganya, bukan tak mungkin Ronald Koeman semakin mendapat kepercayaan penuh menukangi Barcelona.

Sumber: daillymail

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Barcelona

Video Populer

Foto Populer