Sukses


Liga Inggris: Pemain Muda Everton Berbicara, Jadikan Cristiano Ronaldo Anutan ketimbang Lionel Messi

Bola.com, Jakarta - Sudah banyak orang, mulai pemain, pelatih, sampai pengamat yang membandingkan Cristiano Ronaldo dengan Lionel Messi.

Kali ini pemain sayap Everton, Anthony Gordon, yang mengutarakan pendapatnya. Gordon mengakui dia menilai Cristiano Ronaldo unggul atas Lionel Messi. Apa alasan pemain berusia 20 tahun itu memilih Ronaldo?

Seperti banyak generasinya, Ronaldo adalah panutannya untuk membangun karier yang panjang.

"Dia berusia 36 tahun tetapi tubuhnya lebih baik daripada siapa pun karena cara dia menjaga dirinya sendiri," kata Gordon.

Itu sebabnya, Gordon mempelajari apa yang dilakukan CR7 untuk membantu kariernya.

“Saya melakukan beberapa hal yang dia lakukan. Permainan telah berkembang begitu banyak. Semua orang lebih bugar dan lebih kuat dan lebih cepat. Jika Anda bisa mendapatkan keunggulan dari lawan maka itu sangat besar. Itu bisa menjadi perbedaannya," lanjutnya.

"Satu-satunya bagi saya yang membedakan Messi dan Ronaldo adalah setiap kali ada momen besar, Ronaldo selalu mencetak gol," katanya.

"Anda tidak bisa menggantinya. Tidak peduli seberapa terampil Messi, jika saya seorang pelatih dan saya harus memenangkan satu pertandingan, saya akan memilih Cristiano Ronaldo."

2 dari 3 halaman

Perdebatan yang Tak Ada Ujungnya

Ada beberapa perdebatan di sepak bola dunia yang tak pernah akan ada ujungnya. Satu di antaranya perdebatan tentang siapa yang terbaik di antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. 

Kedua pemain mendominasi supremasi sepak bola dunia selama lebih dari 10 tahun terakhir. Mereka bergantian menyabet penghargaan Ballon D'or sebagai lambang pemain terbaik dunia. 

Lionel Messi lebih unggul dengan raihan enam trofi Ballon d'Or. Adapun Cristiano Ronaldo baru mengantongi lima trofi. Namun, keduanya tampak belum menunjukkan tanda-tanda bosan menjadi pemain papan atas dunia. 

Messi masih menjadi pemain yang produktif di Barcelona meski telah berusia 33 tahun. Adapun Ronaldo juga masih tajam di Juventus meskipun telah berusia 36 tahun. 

Mereka pernah bersaing secara langsung saat Ronaldo membela Real Madrid dan Lionel Messi menjadi andalan Barcelona. Sejak musim panas 2018, Ronaldo memilih mencari petualangan baru di Serie A bersama Juventus. 

Meskipun sudah merumput di liga yang berbeda, pencinta sepak bola tak berhenti membanding-bandingkan kedua pemain. Tampaknya perdebatan itu baru berakhir ketika salah satu atau kedua pemain memutuskan pensiun. 

3 dari 3 halaman

Rekor Istimewa Ronaldo

Cristiano Ronaldo, yang kembali ke Old Trafford dari Juventus musim panas ini, menorehkan rekor Liga Champions lainnya di Swiss dengan membuat penampilan ke-177 di kompetisi tersebut. Ini menyamai rekor yang dibuat oleh mantan rekan setimnya dan legenda Real Madrid Iker Casillas.

Di ajang internasional bersama tim nasional, Ronaldo juga jauh melewati Lionel Messi. 112 gol dari 181 caps sejak 2003 sampai sekarang. Sementara Lionel Messi baru 80 gol dari 155 caps sejak 2005 sampai sekarang.

Sumber: Tribal Football, FIFA

Video Populer

Foto Populer