5 Klub Pengeruk Uang Terbanyak dari Penjualan Pemain di Abad ke-21: Juventus Rajanya

Oleh Aryo Atmaja pada 18 Okt 2021, 11:30 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 11:30 WIB
Logo dan ilustrasi Juventus
Logo dan ilustrasi Juventus. (AFP/Marco Bertorello)

Bola.com, Jakarta - Juventus tidak hanya dikenal sebagai penguasa juara Liga Italia dengan segudang trofi yang diraih. Kini Juventus resmi menduduki posisi pertama sebagai tim yang punya keuntungan terbesar dari menjual pemain.

Industri sepak bola modern, terutama menyangkut jual beli pemain tampaknya semakin konyol saja. Bagi klub yang mengeluarkan dana sebesar Rp1,6 triliun sudah dianggap hal yang wajar.

Padahal angka itu jelas sangat besar jika dibandingkan pada era jauh sebelumnya. Bahkan saat ini banyak klub yang merogoh koceknya melebihi nominal itu.

Misalnya saat Paris Saint-Germain mendatangkan Neymar dari Barcelona dengan nilai Rp3,6 triliun pada 2017, dan masih menjadi rekor saat ini. Masih banyak lagi pemain lain dengan harga wah, seperti Joao Felix atau Philippe Coutinho, hingga rumor kepindahan Kylian Mbappe.

Tidak hanya bagi pemain, klub juga mendapatkan banyak uang dari penjualan pemain dengan harga yang begitu besarnya. Klub akan mendapat keuntungan yang besar pula dengan melego para bintangnya.

Terdapat banyak klub di abad ke-21 ini yang punya keuntungan besar, hasil dari menjual pemain. Sportskeeda merangkum setidaknya lima besar tim dengan keuntungan terbesar hasil dari penjualan pemain, satu di antaranya Juventus. Berikut ulasannya:

2 dari 6 halaman

5. Real Madrid

Foto: Asensio Hattrick, Benzema Brace, Real Madrid Pesta Gol ke Gawang Mallorca di Pekan Keenam Liga Spanyol 2021 / 2022
Karim Benzema (tengah) menjadi keran gol Real Madrid saat laga baru berjalan tiga menit. Benzema mampu memanfaatkan kesalahan pemain belakang Mallorca, Josep Gaya dan sukses menaklukkna kiper Manolo Reina. (AFP/Gabriel Bouys)

Raksasa Spanyol ini lebih dikenal sebagai tim yang doyan menghamburkan uang untuk merekerut pemain bintang. Bahkan predikat tim dari galaksi lain disematkan untuk Real Madrid.

Kini di bawah Presiden, Florentino Perez, Madrid sangat cerdik di bursa transfer. El Real setidaknya sudah meraup uang mencapai 1,29 miliar euro atau setara Rp21 triliun dari penjualan pemain di abad ke-21.

Cristiano Ronaldo menjadi pemilik rekor penjualan terbesar saat dijual ke Juventus seharga Rp1,9 triliun. Sementara itu, pemain seperti Angel Di Maria, Alvaro Morata, dan Mesu Ozil juga telah mendatangkan sejumlah uang melimpah untuk Los Blancos.

Akademi Madrid, La Fabrica, juga menjadi sumber pemasukan utama bagi raksasa La Liga itu. Beberapa pemain, termasuk pemain seperti Achraf Hakimi, Sergio Reguilon dan Marcos Llorente, lulus dari akademi dan dijual dengan harga yang lumayan.

3 dari 6 halaman

4. Benfica

Foto: Barcelona Jadi Juru Kunci Grup E usai Keok 0-3 di Kandang Benfica dalam Matchday Kedua Liga Champions 2021 / 2022
Benfica akhirnya berhasil unggul 2-0 pada menit ke-69. Rafa Silva (kanan) berhasil memanfaatkan bola muntah yang tidak dapat ditangkap secara sempurna Marc-Andre ter Stegen hasil tendangan Joao Mario. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

Klub Liga Portugal ini menjadi satu-satunya pemilik pengeluaran bersih positif. Terutama dalam menjual pemain-pemain muda dengan harga tinggi. Benfica mencatatkan keuntungan mencapai Rp 21,3 triliun dari penjualan pemain selama ini.

Akademi klub Benfica telah menghasilkan sejumlah talenta dunia dalam beberapa tahun terakhir. Joao Felix tetap menjadi penjualan terbesar mereka hingga saat ini.

Ia digaet Atletico Madrid pada 2019 dengan nilai 127 juta euro atau Rp 2 triliun. Selain Joao Felix, Benfica punya keuntungan menjual Ruben Dias, Ederson, Axel Witsel, dan Renato Sanches. Semuanya telah lulus dari klub dan telah dijual dalam jumlah besar.

4 dari 6 halaman

3. Inter Milan

Foto Liga Italia: Kebahagiaan Pemain Inter Milan usai Menang Telak atas Sassuolo
Pemain Inter Milan, Massimo Gagliardini, melakukan selebrasi bersama Lautaro Martinez dan Arturo Vidal usai mencetak gol ke gawang Sassuolo pada laga Liga Italia di Stadion Mapei, Sabtu (28/11/2020). Inter Milan menang dengan skor 3-0. (Massimo Paolone/LaPresse via AP)

Klub legendaris Italia ini punya raihan banyak gelar juara. Inter Milan juga dikenal sering berbelanja pemain bintang namun juga menjual dengan harga selangit.

Penjualan terbesar Inter terjadi musim panas ini ketika mereka menjual penyerang Belgia Romelu Lukaku ke Chelsea dan Achraf Hakimi ke PSG. Inter menjadi klub dengan keuntungan paling banyak di Eropa dari transfer musim panas 2021 ini.

Selain itu, dalam sejarahnya Inter pernah melego Zlatan Ibrahimovic, Mauro Icardi, Ronaldo, dan Mario Balotelli. Jika ditotal, Inter mengeruk keuntungan sebesar Rp21,5 triliun selama abad ini.

5 dari 6 halaman

2. Chelsea

Foto: Hasil Liga Inggris Manchester City Menang Meyakinkan, Chelsea Bertengger di Puncak Liga Inggris
Dengan kemenangan tersebut Chelsea kembali ke puncak klasemen Premier League. The Blues mendapat 19 poin dari delapan laga. Unggul satu poin dari Liverpool di posisi kedua. (AP/Matt Dunham)

Chelsea menjadi tim raksasa saat diakuisisi oleh milarder Roman Abramovich di tahun 2003. Chelsea telah mengeluarkan dana tidak sedikit untuk membangun tim yang mengalami pencapaian luar biasa sejauh ini.

Namun Chelsea juga berhasil mencatatkan pembukuan yang apik dalam mendapatkan keuntungan dari menjual pemainnya. Penjualan Eden Hazard, Diego Costa, Oscar, David Luiz, dan Juan Mata membuat The Blues untung besar.

Penjualan terbesar klub dari pemain akademi adalah dari Tammy Abraham dan Fikayo Tomori yang keduanya berangkat musim panas ini ke Roma dan AC Milan. Chelsea punya catatan keuntungan menjual pemain mencapai Rp21,8 triliun selama abad ke-21.

6 dari 6 halaman

1. Juventus

FOTO: Juventus Bantai Sampdoria 3-0, Debut Manis Andrea Pirlo di Serie A
Pemain Juventus Dejan Kulusevski (kedua kiri) merayakan gol pertamanya bersama rekan satu tim saat menghadapi Sampdoria pada pertandingan Serie A di Stadion Allianz, Turin, Italia, Minggu (20/9/2020). Juventus menaklukkan Sampdoria dengan skor 3-0. (Marco Alpozzi/LaPresse via AP)

Raksasa Italia, Juventus adalah klub yang paling diuntungkan dari penjualan pemain di abad ke-21. Juventus merupakan klub tersukses di Italia dengan sejarah Panjang.

Tim berjulukan si Nyonya Tua dikenal sebagai Raja transfer gratis. Namun klub yang berbasis di Turin ini juga tidak pelit membelanjakan pemain bintang seperti ketika mendatangkan Roberto Baggio dan Cristiano Ronaldo.

Penjualan dengan untung besar dilakukan di antaranya menjual Paul Pogba ke Manchester United. Serta penjualan yang pernah memecahkan rekor treansfer, saat Zinedine Zidane bergabung dengan Real Madrid.

Penjualan penting Juventus lainnya termasuk adalah Joao Cancelo, Miralem Pjanic, Leonardo Bonucci, dan Arturo Vidal. Total Bianconeri mengeruk untung hingga Rp23 triliun dari menjual pemain di abad ke-21 ini.

Sumber: Sportkeeda 

Lanjutkan Membaca ↓
Hasil Lengkap Matchday 5 Liga Champions, Manchester United dan Chelsea Raih Kemenangan