Liga Italia: Saat AS Roma Kalah dari Juventus, Jose Mourinho Berikan Salam 3 Jari

Oleh Hendry Wibowo pada 18 Okt 2021, 10:55 WIB
Diperbarui 18 Okt 2021, 10:58 WIB
Foto: 5 Pelatih di Eropa yang Tampil Menjanjikan di Awal Musim 2021 / 2022 dengan Klub Barunya, Luciano Spalletti Masih Sempurna
Jose Mourinho. (AP/Oleg Kozin)

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho kembali ke Turin dan memberi salam tiga jari kepada fans Juventus. Hal tersebut bertujuan sebagai pengingat bahwa Mourinho pernah meraih trebel bersama Inter Milan di masa yang lampau.

Mourinho memimpin AS Roma menjalani lawatan ke markas Juventus pada laga jornata ke-8 Serie A musim 2021/2022. Pada duel di Allianz Stadium, Senin (18/10/2021) dini hari WIB, Roma kalah dengan skor 1-0.

Satu-satunya gol yang bersarang di gawang Rui Patricio dicetak Moise Kean pada menit ke-16. AS Roma punya peluang emas untuk mencetak gol pada menit ke-44, tetapi eksekusi penalti Jordan Veretout gagal menjadi gol.

Jose Mourinho memang punya hubungan buruk dengan Juventus. Seperti yang sudah diduga, saat bertandag ke Turin bersama Roma, Mourinho tidak mendapat sambutan yang hangat dari fans Si Nyonya Tua.

Mourinho memang tampak berpelukan dan bertukar kata-kata dengan Massimiliano Allegri. Tapi, hubungan panas dengan fans Juventus masih dipertahankan.

Fans Juventus beberapa kali meneriaki Mourinho. Dan, pria asal Portugal itu hanya memberi satu balasan. Satu aksi yang cukup telak. Mourinho memberikan 'salam tiga jari' untuk fans Juventus.

Momen itu terjadi ketika wasit Daniele Orsato memberikan tambahan waktu selama tiga menit. Mourinho kemudian membuat gerakan tiga jari dan menunjuk ke arah tribune yang ditempati Curva Sud Juventus.

2 dari 4 halaman

Apa Maksudnya?

Foto: Unggul Tipis, AS Roma Kembali ke Jalur Kemenangan di Liga Italia 2021 / 2022
Skor 1-0 AS Roma tak berubah hingga akhir pertandingan. Walapun hanya unggul satu angka, kemenangan ini merupakan modal penting skuat Jose Mourinho untuk kembali ke jalur yang tepat di Liga Italia musim 2021/2022. (AP/Gregorio Borgia)

Jose Mourinho mengacungkan tiga jari sebagai pengingat bahwa di masa lalu dia pernah sukses bersama Inter Milan. Mourinho adalah pelatih yang membawa Inter meraih trebel. Sejauh ini, Inter menjadi satu-satunya klub Italia yang pernah meraih trebel.

Mourinho bukan kali ini saja memberi 'salam tiga jari' pada fans Juventus. Kejadian yang sama terjadi saat dia masih menjadi manajer Manchester United.

Kala itu, United menjamu Juventus di Liga Champions. Pada duel di Old Trafford, Mourinho memberikan 'salam tiga jari'. Sebelumnya, Mourinho juga membuat gerakan lain yang memprovokasi fans Juventus pada duel di Turin.

3 dari 4 halaman

Hubungan Panas

Foto: Debut Jose Mourinho di Derbi della Capitale Ternoda usai AS Roma Ditekuk Lazio 2-3 dalam Pekan Ke-6 Liga Italia
Dengan kekalahan ini, pasukan Jose Mourinho tertahan di posisi 4 klasemen sementara dengan mengoleksi 12 poin dari 6 laga yang telah dijalani. (AFP/Vincenzo Pinto)

Inter Milan dan Juventus punya rekam jejak rivalitas yang cukup panas. Bukan hanya persaingan gelar juara, tapi juga beberapa kasus lain. Mourinho menjadi salah satu yang mewarnai perseteruan kedua klub.

"Jelas, penggemar Juventus tidak mencintai saya. Momen tersulit bagi mereka adalah ketika kami memenangkan treble (di Inter Milan). Tetapi dengan para pemain, staf teknis, dan manajemen, ada rasa hormat total," ucap Mourinho.

Sumber asli: Football Italia 

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 18/10/2021)

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi AS Roma dan Juventus Saat Ini?

Lanjutkan Membaca ↓