Sukses


5 Pencetak Gol Termuda Sepanjang Sejarah Liga Champions: Ansu Fati Pemegang Rekornya

Bola.com, Jakarta - Liga Champions dianggap sebagai turnamen antarklub paling prestisius. Karena tim-tim terbaik antarnegara Eropa bersaing untuk memperebutkan trofi yang sering dikenal dengan si Kuping Besar.

Real Madrid masih memimpin sebagai klub peraih trofi Liga Champions terbanyak sepanjang sejarah dengan 13 gelar. Adapun klub terakhir yang berhasil memenangkannya adalah wakil Inggris, Chelsea setelah mengalahkan Manchester City untuk edisi 2020/2021.

Liga Champions turut menjadi panggung pemain-pemain hebat dunia di klubnya, termasuk persaingan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dalam memburu gol. Hingga saat ini tertuju pada nama-nama seperti Erling Haaland atau Kylian Mbappe sebagai bintang baru.

Tidak ada salahnya mengulas rekor yang pernah tercipta di ajang Liga Champions. Satu di antaranya adalah gol yang datang dari pemain paling muda sepanjang sejarah turnamen tersebut.

Berikut ini daftar pencetak gol termuda di pentas Liga Champions yang dihimpun dari Sportskeeda:

2 dari 6 halaman

5. Bojan Krkic

Nama Bojan Krkic pernah muncul sebagai calon pemain besar Barcelona, bahkan bisa disandingkan dengan Lionel Messi. Ia juga sempat bermain bersama dengan sang superstar Argentina itu dalam beberapa periode.

Rekor yang dicatatkannya datang di musim 2007-2008, saat Bojan Krkic mencetak gol untuk Barcelona di babak perempat final. Dia mencetak gol ketika berusia  17 tahun, 217 hari.

Perannya kembali moncer bersama Barcelona di musim 2008-2009 yang ikut mengantarkan Blaugrana menjuarai Liga Champions. Namun perlahan Bojan Krkic melempem hingga pindah ke beberapa klub, termasuk AS Roma dan Stoke City.

3 dari 6 halaman

4. Cesc Fabregas

Nama Cesc Fabregas dikenal sebagai pemain muda berbakat saat berkiprah di Arsenal. Sebagai gelandang sentral, Fabregas piawai dalam memberikan umpan terukur dan visi bermain menawan.

Jebolan akademi Barcelona itu membuat sejarah di Liga Champions musim 2004 saat membawa Arsenal menang telak 5-1 atas Rosenborg. Saat mencetak gol, pemain asal Spanyol itu berusia 17 tahun 213 hari.

Fabregas total telah mengemas 20 gol di ajang Liga Champions dari 100 kali penampilan. Selain di Arsenal, ia sempat berseragam Chelsea dan saat ini bermain untuk AS Monaco.

4 dari 6 halaman

3. Mateo Kovacic

Nama Mateo Kovacic mulai dikenal saat masih berseragam Inter Milan sebagai pemain muda berbakat asal Kroasia. Dirinya juga bukanlah pencetak gol yang produktif di Liga Champions.

Faktanya, ia hanya mencetak empat gol dalam lebih dari 50 pertandingan di kompetisi untuk tiga klub berbed. Namun, gol pertama di Liga Champions ia cetak bersama Dinamo Zagreb dan menjadi bersejarah untuknya.

Kovacic mencetak gol saat Dinamo Zagreb kalah telak 1-7 dari Lyon pada musim 2011-2012. Kovacic mecetak gol pada usia 17 tahun 211 hari di pertandingan tersebut.

5 dari 6 halaman

2. Peter Ofori-Quaye

Peringkat kedua sebagai pencetak gol termuda di Liga Champions adalah Peter Ofori-Quaye. Pemain asal Ghana yang membuat sejarah bersama Olympiakos Piraeus pada musim 1997-1998.

Saat itu Peter Ofori-Quaye mencetak gol dalam debutnya di Liga Champions dalam pertandingan melawan Rosenborg dan masih berusia 17 tahun 190 hari.

6 dari 6 halaman

1. Ansu Fati

Inilah sosok yang menjadi pemegang rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Liga Champions. Ansu Fati merupakan wonderkid Barcelona dan saat ini menjadi penerus Lionel Messi.

Lulusan La Masia itu mencetak gol kemenangan Barcelona 2-1 atas tuan rumah Inter Milan pada musim 2019/2020. Ansu Fati masih berumur 17 tahun, 39 hari ketika menjebol gawang Inter.

Ansu Fati kembali tampil tajam di musim 2020/2021, hingga membuatnya menambah pundi-pundi gol. Meski sayangnya ia dihantam cedera sampai akhir musim.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer