Sukses


Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2022: Ditahan Irlandia Utara, Timnas Italia Harus Berlaga di Play-off

Bola.com, Belfast - Timnas Italia bermain imbang 0-0 kontra Irlandia Utara pada laga terakhir Grup C kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (16/11/2021) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat Italia harus menjalani play-off untuk lolos ke putaran final.

Saat ini, Timnas Italia berada di urutan kedua Grup C dengan koleksi 16 poin. Mereka tertinggal dua angka dari Swiss yang melaju ke putaran final Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup C.

Di sisi lain, Timnas Irlandia Utara menempati urutan ketiga Grup C dengan nilai sembilan. Nantinya, Gli Azzurri akan melakoni laga play-off yang dimulai pada 24 dan 25 Maret 2021, untuk memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia tahun depan.

Bermain di Windsor Park, Timnas Italia sudah membahayakan gawang Irlandia Utara sejak menit kesembilan. Giovanni Di Lorenzo menusuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun bola masih bisa dihentikan kiper Bailey Peacock-Farrell.

Pertahanan Irlandia Utara begitu rapat, sampai-sampai pemain Italia kesulitan untuk menerobos. Gli Azzurri memang tampak dominan, tetapi bola lebih banyak berputar di sekitaran garis tengah sembari mencari celah buat mencetak gol.

Beberapa umpan terobosan yang dilepaskan Sandro Tonali, Jorginho, hingga Leonardo Bonucci selalu mencapai barisan penyerang, tetapi berakhir di kaki bek Irlandia Utara. Alhasil, skor kacamata mengiringi langkah pemain Timnas Italia dan Irlandia Utara ke ruang ganti.

 

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Pada babak kedua, Irlandia mulai berani menyerang. Mereka harusnya bisa mencetak gol pada menit ke-52 lewat bola hasil sepakan George Saville. Sayangnya, Gianluigi Donnarumma masih sigap untuk melakukan halauan.

Pertahanan Irlandia Utara mulai goyah seiring waktu berjalan, mungkin disebabkan kelelahan. Timnas Italia mulai mendapat celah untuk membuat beberapa peluang berbahaya, namun masih belum bisa mengoyak jala gawang lawan.

Salah satu peluang Italia tercipta pada menit ke-64. Kerja sama yang apik dengan Domenico Berardi membuat Federico Chiesa mendapatkan ruang tembak di kotak penalti Irlandia Utara. Namun, bidikannya melebar di sisi gawang.

Aroma gol semakin mendekat ke arah Italia. Pada menit ke-80, saat Irlandia Utara menaruh hampir semua pemain di kotak penalti, Emerson melihat celah untuk melepas tembakan dari jarak jauh. Akan tetapi, melenceng sedikit dari gawang!

Italia masih butuh waktu untuk mencetak gol, sayangnya pertandingan cuma bisa dimainkan selama 90 menit. Wasit meniupkan peluit berbunyi panjang dan kedua tim harus puas meraih satu poin dari duel sengit kali ini.

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain:

Timnas Irlandia Utara (4-1-4-1): Bailey Peacock-Farrell; Craig Cathcart, Tom Flanagan, Jonny Evans, Jamal Lewis; Steven Davis; Stuart Dallas, Alistair McCann, George Saville (Corry Evans 72'), Gavin Whyte (Conor Washington 72'); Josh Magennis.

Pelatih: Ian Baraclough (Inggris)

Timnas Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Emerson (Gianluca Scamacca 80'); Sandro Tonali (Bryan Cristante 46'), Jorginho (Manuel Locatelli 68'), Nicolo Barella (Andrea Belotti 64'); Domenico Berardi, Lorenzo Insigne (Federico Bernardeschi 68'), Federico Chiesa.

Pelatih: Roberto Mancini (Italia)

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis/Published: 16/11/2021)

Video Populer

Foto Populer