Reaksi Roberto Mancini Setelah Italia Harus Melewati Play-off ke Piala Dunia 2022

Oleh Wiwig Prayugi pada 16 Nov 2021, 07:50 WIB
Diperbarui 16 Nov 2021, 07:50 WIB
Foto: Gagal Penalti, Italia Ditahan Imbang Swiss pada Laga Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022
Pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini mencoba memikirkan taktik lain usai tak ada tambahan gol hingga babak pertama usai. Ia mencoba memasukkan Sandro Tonalli untuk menggantikan Manuel Locatelli pada menit ke-58. Terbukti, permainan Italia menjadi lebih cair. (AFP/Alberto Pizzoli)

Bola.com, Belfast - Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini tetap tegar meski kecewa karena timnya harus melewati babak play-off untuk lolos ke Piala Dunia 2022.

Juara Euro 2020 itu gagal mengalahkan Irlandia Utara di Belfast. Sementara Swiss menang 4-0 atas Bulgaria.

“Saya kecewa. Kami membuat hidup menjadi rumit dan tiket ke Piala Dunia seharusnya sudah disegel setidaknya dua pertandingan lalu. Kami memiliki peluang dan tidak memanfaatkannya, sekarang kami harus tetap membumi, karena masih ada kemungkinan lolos ke Piala Dunia," kata Mancini via Football Italia, Selasa (16/11/2021).

Empat bulan yang lalu, Italia menjuarai Euro 2020 dan membuat rekor rekor tak terkalahkan sepanjang masa dengan 37 pertandingan. Mancini pun mengakui Italia kini tertekan.

“Saya terus percaya bahwa kami adalah tim yang hebat. Ini adalah momen yang sulit, kami membuang peluang yang ada di tangan kami," lanjutnya.

“Kami harus berjuang lagi karena hari ini kami menghadapi tim Irlandia Utara yang hanya bertahan," katanya.

“Ini akan berbeda di bulan Maret, ini adalah pertandingan sistem gugur, jadi akan ada lebih banyak peluang untuk bermain dan menang.”

2 dari 3 halaman

Jalan Berliku

Foto: Reaksi Jawara Eropa Italia Usai Senasib dengan Portugal Ikut Play-off Piala Dunia 2022
Italia harus menelan pil pahit usai di pastikan gagal meraih tiket langsung untuk lolos ke Piala Dunia 2022 di Qatar. (AP/Liam McBurney)

Rute menuju Piala Dunia 2022 jauh lebih rumit dibandingkan 2018, karena hanya tiga dari 12 tim yang masuk babak play-off yang akan mendapatkan tiket putaran final. Ada undian unggulan, lalu semifinal dan final.

“Saya yakin kami lolos ke Piala Dunia, karena kami memiliki dua pertandingan untuk dimainkan dan pasti akan melakukannya dengan benar.”

3 dari 3 halaman

Tidak Full Team

Mancini punya beberapa alasan mengapa timnya tak maksimal melawan Irlandia Utara. Italia kehilangan 11 pemain, termasuk pemain kunci seperti Marco Verratti, Giorgio Chiellini, Ciro Immobile, Leonardo Spinazzola, Nicolò Zaniolo, Lorenzo Pellegrini, dan Davide Calabria.

“Saya pikir semua orang menghadapi situasi banyak cedera pada musim ini, tetapi terlepas dari itu, kami memiliki kemenangan di tangan melawan Swiss dan Irlandia Utara. Kami sudah berupaya tetapi itu tidak berhasil. Untungnya, kami masih bisa lolos."

"Tidak ada gunanya mencari alasan sekarang mengapa kita berada dalam situasi ini, yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap untuk Maret."

Sumber: Football Italia

Lanjutkan Membaca ↓