Sukses


Efek Dahsyat Lionel Messi di PSG, Popularitas dan Penonton Global Ligue 1 Melesat Tinggi

Bola.com, Paris - Kedatangan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain pada musim panas 2021 mengubah daya tarik Ligue 1 secara global. Pamor Liga Prancis meroket di berbagi belahan dunia. 

Meskipun Lionel Messi belum memberikan pengaruh besar untuk PSG di liga domestik, namun tampil mengesankan di Liga Champions. Kehadirannya membuat perbedaan besar di lapangan. 

Menurut media Prancis L'Equipe, seperti dikutip dari Marca, Jumat (19/11/2021), beIN Sports telah menandatangani 50 kontrak penyiaran internasional untuk liga tersebut, yang sekarang ditayangkan di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.

BeIN membayar 75 juta euro per musim untuk menyiarkan Ligue 1 di luar negeri. Sejumlah kontrak baru telah ditandatangani untuk periode 2021-2024 sejak kedatangan Messi, termasuk di Belgia, India, dan Vietnam.

Swedia dan Norwegia juga ikut-ikutan demam Lionel Messi, seperti juga di Spanyol. Jika menilik statistik, peningkatan penonton lebih dari 76 persen terlihat di Afrika Utara dan Timur Tengah saja saat laga PSG kontra Marseille pada 24 Oktober. 

 

 

2 dari 3 halaman

Belum Putuskan Masa Depannya

Lionel Messi masih terikat kontrak sampai Juni 2023 di Paris Sanit-Germain. Setelah itu, dia belum memutuskan akan mengambil langkah apa. 

Bintang Paris Saint-Germain sekaligus Timnas Argentina, Lionel Messi, mengaku tak mengetahui kelanjutan masa depannya. Messi juga tak bisa memberikan kepastian apakah akan gantung sepatu tahun depan atau terus bermain sepak bola.

Lionel Messi saat ini sudah berusia 34 tahun. Pemain yang dijuluki La Pulga itu saat ini lebih realistis dalam menerapkan target dalam kariernya.

Messi terlihat sudah tidak ambisius dengan prestasi-pretasi dalam sepak bola. Meskipun ada satu trofi yakni Piala Dunia yang sampai saat ini masih membuatnya penasaran.

"Saya tidak memikirkannya. Setelah apa yang terjadi, saya menjalani hidup hari demi hari, tahun demi tahun. Saya tidak tahu apa yang akan saya lakukan di Piala Dunia atau setelah kejuaraan dunia itu," kata Lionel Messi kepada Sport.

 

3 dari 3 halaman

Tak Ambisius Rebut Gelar Ballon D'Or

Selain itu, Messi juga tak terlalu ambisius dengan perburuan gelar Ballon d'Or. Menurutnya, raihan enam trofi individu itu sudah cukup untuk kariernya di sepak bola.

"Saya tidak memikirkannya. Saya mendapatkan hadiah terbesar dengan Seleccion (Timnas Argentina). Setelah berjuang begitu lama, gol ini adalah yang terbaik. Trofi Ballon d'Or ketujuh akan menjadi bonus. Jika tidak datang, maka itu tak akan datang," tegas Messi.

Lionel Messi ternyata masih memiliki urusan yang belum selesai di Barcelona. Messi berniat suatu saat nanti kembali ke Camp Nou dengan peran baru.

Messi berniat untuk menjadi Direktur Olahraga Barcelona. Peran baru itu ingin dilakukannya begitu memutuskan pensiun sebagai pesepak bola pada masanya nanti.

"Saya akan senang menjadi direktur olahraga di beberapa titik. Saya tidak tahu apakah itu akan terjadi di Barcelona atau tidak. Atau apakah itu akan menjadi sesuatu yang lain," kata Messi.

"Jika ada kesempatan, saya ingin kembali dan berkontribusi apa yang saya bisa karena ini adalah klub yang saya cintai dan saya ingin mereka terus bermain bagus, berkembang, dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia," ucap Messi.  

Video Populer

Foto Populer