Sukses


Oscar Tabarez Didepak Setelah 15 Tahun Mengabdi di Timnas Uruguay

Bola.com, Jakarta - Oscar Tabarez harus menyudahi 15 tahun pengabdiannya bersama Timnas Uruguay. Tabarez dipecat menyusul harus minor yang didapat Uruguay pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan.

Timnas Uruguay tampil kurang meyakinkan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022. La Celeste menelan empat kekalahan, empat hasil imbang, dan hanya meraih dua kemenangan dari 10 laga pada 2021.

Bahkan, empat kekalahan tersebut didapat secara beruntun. Teranyar, mereka menyerah tiga gol tanpa balas dari Bolivia di Estadio Hernando Siles, 17 November lalu.

Rentetan hasil minor tersebut membuat Timnas Uruguay kini berada di peringkat enam klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan nilai 16. Mereka tertinggal satu angka dari Kolombia di peringkat keempat, yang merupakan batas akhir lolos langsung ke Qatar.

Situasi itu pun membuat Federasi Sepak Bola Uruguay (AUF) merasa gerah. Hingga akhirnya AUF mengambil keputusan tegas terkait kelanjutan karier Oscar Tabarez.

 

2 dari 3 halaman

Pengabdian 15 Tahun Berakhir

AUF memutuskan untuk memecat pelatih berusia 74 tahun tersebut. Keputusan tersebut sekaligus menyudahi 15 tahun pengabdian Tabarez sebagai pelatih Timnas Uruguay.

"Komite Eksekutif AUF menginformasikan telah memutus kontrak Oscar Washington Tabarez dan anggota staf tim nasional lainnya," tulis Federasi Sepak Bola Uruguay.

“Kami tegas menyatakan keputusan ini tidak melupakan kontribusi penting Oscar Tabarez untuk sepak bola Uruguay. Kami salut dan mengakui hasil penting yang diperoleh dalam 15 tahun ini, yang sekali lagi menempatkan Uruguay di puncak sepak bola dunia."

 

3 dari 3 halaman

Prestasi Oscar Tabarez di Uruguay

Oscar Tabarez mulai menangani Timnas Uruguay pada 2006. Baginya ini adalah periode kedua mengasuh La Celeste setelah sebelumnya terjadi pada 1988 sampai 1990.

Selama 15 tahun terakhir diasuh Tabarez, Uruguay tampil impresif. Timnas Uruguay berhasil finis di peringkat empat Piala Dunia 2020 serta meraih trofi Copa America 2011.

Pada periode kedua sebagai pelatih Timnas Uruguay, Oscar Tabarez mencatatkan 94 kemenangan, 49 hasil imbang, dan menelan 51 kekalahan dari 194 pertandingan di seluruh ajang.

Sampai saat ini, AUF masih belum mengumumkan siapa pengganti Oscar Tabarez di kursi pelatih Timnas Uruguay. Pada laga selanjutnya, La Celeste akan berhadapan dengan Paraguay dalam kualifikasi Piala Dunia 2022, 27 Januari mendatang.

Sumber: Football Italia

Video Populer

Foto Populer