MOTION GRAFIS: Cristiano Ronaldo dan 9 Transfer Pemain Termahal dalam Sejarah Sepak Bola

Oleh Okie Prabhowo pada 21 Nov 2021, 19:43 WIB
Diperbarui 21 Nov 2021, 20:48 WIB

Bola.com, Jakarta - Cristiano Ronaldo menjadi salah satu pemain yang masuk dalam daftar transfer termahal dalam sejarah sepak bola, menurut Transfermarkt. Siapa lagi pemain lainnya?

Cristiano Ronaldo masuk dalam daftar dan berada di posisi kedelapan. Transfernya ketika Juventus mendatangkan CR7 dari Real Madrid untuk musim 2018/2019. Ronaldo digaet I Bianconeri dengan dana 117 juta euro atau sekitar 1,88 triliun rupiah.

Ronaldo saat itu menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun. Ia mengakhiri perjalanan karier yang luar biasa bersama Real Madrid, klub yang dibelanya sejak 2009.

Ronaldo meninggalkan Real Madrid dengan torehan 2 trofi juara Liga Spanyol (LaLiga), 2 gelar juara Copa del Rey, 2 gelar juara Supercopa de Espana, 4 trofi juara Liga Champions, 2 trofi Piala Super Eropa, dan 3 trofi Piala Dunia Antarklub.

Saat di Juventus, Ronaldo meraih beberapa gelar. Gelar yang didapat yaitu 2 kali juara Liga Italia (Serie A), 1 trofi Coppa Italia, 2 gelar juara Supercoppa Italiana.

Ketika Ronaldo hengkang dari Manchester United ke Real Madrid, ia juga membuat gempar dengan dana transfer yang besar yang dikeluarkan klub Liga Spanyol itu. CR7 digaet dengan dana 94 juta euro dan kala itu menjadi transfer pemain termahal di dunia.

Selain Cristiano Ronaldo, siapa lagi pemain yang dibeli dengan harga tinggi dalam sejarah sepak bola? Jawabannya bisa pembaca temukan dalam tayangan motion grafis di atas. (*Motion Grafis oleh Muhammad Zukhruf, mahasiswa magang di Bola.com)