Skenario AC Milan Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions: Menang Kontra Liverpool dan Berharap Porto Terpeleset

Oleh Aryo Atmaja pada 25 Nov 2021, 22:00 WIB
Diperbarui 25 Nov 2021, 22:00 WIB
Samu Castillejo
Pemain AC Milan Samu Castillejo merayakan gol ke gawang Verona (AFP)

Bola.com, Jakarta - AC Milan secara mengejutkan berhasil mempermalukan Atletico Madrid dengan skor 1-0 pada laga kelima Grup B Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. Gol tunggal Junior Messias membawa Milan meraih kemenangan pertama di Liga Champions musim ini.

Hasil tersebut membuat AC Milan punya peluang lolos ke-16 besar Liga Champions. Saat ini, AC Milan berada di urutan ketiga Grup B dengan nilai empat, unggul produktivitas gol atas Atletico yang turun ke dasar grup.

Tim berjulukan Rossoneri punya kans yang sama besarnya dengan ketiga tim lain, untuk mendampingi Liverpool sebagai wakil grup B di babak 16 besar. Namun dengan berbagai catatan tenntunya.

Terutama saat menjalani partai terakhir fase grup Liga Champions pada 8 Desember 2021 mendatang. Laga kontra Liverpool di Giuseppe Meazza bakal menjadi pertaruhan hidup dan mati bagi Milan untuk lolos ke fase gugur.

Sejauh ini, baru dua tim wakil Italia yang sudah memastikan diri lolos ke fase 16 besar, yaitu Juventus dan Inter. Adapun dua wakil lainnya sedang berjuang keras adalah AC Milan dan Atalanta.

2 dari 3 halaman

Lolos Otomatis

Penyerang AC Milan, Junior Messias
Junior Messias berhasil mencetak gol tunggal kemenangan AC Milan atas Atletico Madrid pada laga kelima Grup B Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

Milan masih bisa lolos secara otomatis ke babak 16 besar Liga Champions musim ini. Tetapi mereka harus mengalahkan Liverpool dan berharap Atletico Madrid bermain imbang dengan FC.

Diketahui persaingan di grup B sangat ketat memasuki pertandingan terakhir, untuk menentukan pendamping Liverpool. Wakil Inggris itu berhasil meyapu bersih lima kemenangan dan punya nilai 15.

Disusul FC Porto di urutan kedua dengan memiliki lima poin kemudian Milan dan Atletico Madrid keduanya empat. Kemenangan akan membuat Milan meraih nilai tujuh untuk menjadi modal pendamping Liverpool.

Jika Porto mengalahkan Atletico di partai terakhir, maka mereka akan mengumpulkan delapan poin dan Milan dapat mengincar tempat ketiga, yang berarti lolos ke Liga Europa.

Namun jika Milan hanya meraih hasil draw ataupun kalah dari Liverpool nanti, sudah dipastikan tiket 16 besar Liga Champions harus lepas.

3 dari 3 halaman

Skenario Lain

Penyerang AC Milan, Junior Messias
Junior Messias berhasil mencetak gol tunggal kemenangan AC Milan atas Atletico Madrid pada laga kelima Grup B Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. (AFP/OSCAR DEL POZO)

Namun scenario yang bisa terjadi lainnya adalah, bagaimana jika Atletico Madrid mengalahkan Porto di partai terakhir dan Milan menang atas Liverpool. Kedua tim akan memiliki nilai sama, yaitu tujuh poin.

Praktis akan ditentukan dengan rekor pertemuan. Opsi berikutnya adalah selisih gol dan seperti yang terjadi saat ini, Milan memiliki selisih minus 2 gol dibandingkan dengan Atletico Madrid yang minus 3 gol.

Jika Milan mengalahkan Liverpool 1-0 dan Atletico Madrid menang 2-0 saat tandang ke Porto, semuanya bisa tergantung pada berapa banyak kartu yang dimiliki kedua tim.

Sumber: Football Italia

Lanjutkan Membaca ↓