Liga Italia: So Sweet! Setelah Sepatu, Jose Mourinho Hadiahi Bola ke buat Wonderkid AS Roma

Oleh Ario Yosia pada 26 Nov 2021, 15:54 WIB
Diperbarui 26 Nov 2021, 15:55 WIB
Foto: 5 Pelatih di Eropa yang Tampil Menjanjikan di Awal Musim 2021 / 2022 dengan Klub Barunya, Luciano Spalletti Masih Sempurna
Jose Mourinho pelatih AS Roma. (AP/Oleg Kozin)

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho tertangkap kamera televisi membawa pulang bola pertandingan AS Roma vs Zorya Luhansk. Hal itu dilakukan The Special One demi memberi hadiah pemain muda klub asuhannya.

Pesta gol terjadi dalam laga Grup C Conference League 2021-2022 yang mempertemukan AS Roma kontra Zorya Luhansk di Stadion Olimpico, Jumat (26/11/2021) dini hari WIB.

AS Roma asuhan Jose Mourinho memberondong klub asal Ukraina itu dengan empat gol. Kemenangan telak Roma dipastikan oleh gol Carles Perez (15’), Nicolo Zaniolo (33’), dan Tammy Abraham (46’, 75’).

Pemandangan menarik begitu wasit meniupkan peluit akhir laga AS Roma vs Zorya Luhansk. Mourinho dengan sigap meminta bola pertandingan dan membawanya pulang.

Sejatinya pelatih asal Portugalk itu tidak sedang merayakan pencapaian individu tertentu. Bola yang diamankan Mourinho kemudian diberikan kepada pemain muda AS Roma berusia 17 tahun, Filippo Missori. Dalam laga kontra Zorya, Mourinho memang memberikan kans debut bagi Fillipo Missori.

Statistik Opta Paolo mencatat, Filippo Missori mengukir sejarah sebagai pemain kelahiran 2004 pertama yang membela sebuah klub Italia di pentas antarklub Eropa.

 "Perasaan yang tak bisa dilukiskan untuk saya yang tumbuh bersama klub ini. Pelatih memanggil dan memberi saya kesempatan. Saya sangat berterima kasih kepadanya,” kata Filippo Missori seperti dikutip dari Corriere dello Sport.

"Mourinho memanggil dan saya siap tanpa rasa takut serta cemas. Kami bercanda soal itu sebelum saya masuk lapangan dan dia memberikan saya bola untuk debut saya.”

"Pelatih  selalu menjadi seorang pelatih hebat dan menjadi sebuah privilese untuk berlatih bersamanya,” tutur pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu.

Missori masuk lapangan laga AS Roma vs Zorya mulai menit ke-79, menggantikan Henrikh Mkhitaryan.

 

2 dari 4 halaman

Mendadak Peduli Pemain Muda

AS Roma, Felix Afena-Gyan
Pemain muda AS Roma, Felix Afena-Gyan, merayakan golnya ke gawang Genoa pada giornata 13 Serie A Liga Italia, Senin (22/11/2021) dini hari WIB. Pemain muda berusia 18 tahu ini mencetak dua gol dalam laga tersebut. (Tano Pecoraro/LaPresse via AP)

Agak berbeda dengan saat menukangi klub-klub sebelumnya, di mana Jose Mourinho terkesan mengabaikan pemain belia. Ia lebih senang memberdayakan pemain-pemain matang pengalaman demi misi pragmatisme meraih kemenangan.

Jose bahkan pernah dikritik karena tak jeli melihat bakat Mohamed Salah dan Kevin de Bruyne saat melatih Chelsea. Begitu cabut dari The Blues, kedua pemain menjelma jadi superstar.

Namun, belakangan perangai Mourinho berubah. Ia kini terbilang doyan mengorbitkan pemain-pemain muda AS Roma.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AS Roma (@officialasroma)

Musim ini, Mourinho sudah beberapa kali memberikan kans tampil di Liga Italia kepada talenta belia Roma, sebut saja Ebrima Darboe (20 tahun), Edoardo Bove (19), Nicola Zalewski (19), dan Felix Afena-Gyan (18).

Uniknya sebelum menghadiahi bola pertandingan ke Filippo Missori, Jose Mourinho pada akhir pekan lalu membelikan sepasang sepatu baru yang sangat mahal kepada pemain muda tim asuhannya, Felix Afena-Gyan.

Hadiah tersebut diberikan Mourinho setelah sang pemain mencetak brace dalam kemenangan 2-0 yang diraih AS Roma atas Genoa, Senin (22/11/2021) dini hari WIB.

AS Roma cukup kesulitan untuk bisa mencetak gol ke gawang Genoa dalam pertandingan giornata 13 yang digelar di Luigi Ferraris itu. Namun, Felix Afena-Gyan berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-82 untuk membawa Giallorossi unggul 1-0.

Tak hanya sampai di situ, pemain berusia 18 tahun yang masuk lapangan sebagai pemain pengganti pada menit ke-74 itu kembali mencetak gol pada masa injury time. Dua gol yang dicetak pemain asal Ghana itu pun memastikan AS Roma pulang dengan tiga poin.

3 dari 4 halaman

Seharga 800 Euro

Keberhasilan Felix Afena-Gyan membawa AS Roma menang direspons sangat positif oleh sang pelatih, Jose Mourinho. Tak sekadar pujian, pelatih asal Portugal itu membelikan sepatu model baru Balenciaga.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by AS Roma (@officialasroma)

"Saya berjanji akan membelikan Felix sepatu yang benar-benar dia inginkan, di mana itu sangat mahal, menghabiskan sekitar 800 euro. Jadi dia bisa berlari dan mengingatkan saya agar tidak lupa. Besok pagi, hal yang pertama saya lakukan adalah membelinya sepatu," ujar Jose Mourinho kepada DAZN selepas pertandingan.

"Ini sepatu model terbaru Felix, pakai," ucap Mourinho dalam video yang menyebar di media sosial ketika The Special One menepati janjinya. 

Sumber: Berbagai sumber

4 dari 4 halaman

Peta Persaingan Serie A, Di Mana Posisi AS Roma?

Lanjutkan Membaca ↓