Hasil Undian Playoff Piala Dunia 2022: Apes, Italia dan Portugal Bakal Saling Bunuh buat Lolos ke Qatar!

Oleh Gregah Nurikhsani pada 27 Nov 2021, 00:08 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 00:08 WIB
Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Logo
Piala Dunia 2022 - Ilustrasi Logo

Bola.com, Jakarta - Timnas Italia dan Timnas Portugal tergabung satu jalur play-off Piala Dunia 2022 Qatar. Itu artinya, satu dari dua negara tersebut bakal jadi penonton saja pada pesta sepak bola terbesar tersebut.

FIFA telah melakukan undian playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa, Jumat (26/11/2021) malam WIB. Apes, dua negara dengan tradisi juara, Portugal dan Italia, berada dalam satu jalur.

Seperti diketahui, 12 negara masih harus berjibaku memperebutkan tiga tiket ke Piala Dunia 2022. Mereka gagal lolos otomatis karena gagal menduduki posisi terbaik pada babak kualifikasi grup.

Italia misalnya, finis di posisi kedua di bawah Swiss pada babak kualifikasi grup. Portugal yang kalah 1-2 dari Serbia pada laga pemungkas kualifikasi grup juga bernasib serupa.

Ke-12 negara tersebut dibagi menjadi tiga path atau jalur, yakni A, B, dan C, di mana tiap jalurnya dihuni oleh empat tim. Dari tiap jalur tadi akan dicari siapa yang memenangi final playoff, sehingga tiga negara dari masing-masing jalur akan mendapatkan tiket ke Piala Dunia 2022.

Timnas Italia dan Portugal sama-sama tergabung di jalur C Playoff Piala Dunia 2022. Dua tim lainnya adalah Turki dan Makedonia Utara.

 

2 dari 3 halaman

Pertaruhkan Gengsi dan Harga Diri

Foto: 6 Pemain Bintang yang Berpotensi Gagal ke Piala Dunia 2022, termasuk Cristiano Ronaldo
Gianluigi Donnarumma. Ia hanya mampu membawa Italia menempati posisi kedua Grup C di bawah Swiss dan harus memainkan laga play-off. Jika lolos, Piala Dunia 2022 merupakan Piala Dunia pertamanya. (AFP/Franck Fife)

Berada dalam satu jalur membuat Italia dan Portugal harus saling jotos demi melenggang ke Piala Dunia 2022. Harga diri dan gengsi pun dipertaruhkan.

Teruntuk Italia, sebagai juara bertahan Piala Eropa 2020, akan jadi borok jika gagal lolos ke Piala Dunia tahun depan. Sementara Portugal merupakan juara Euro 2016.

Cristiano Ronaldo yang mungkin menjadikan Piala Dunia 2022 Qatar sebagai panggung terakhirnya di level tim nasional, di sisi lain, terancam hanya akan jadi penonton.

Selain itu, wajah Inggris Raya pun bakal tercoreng. Sebab, Wales dan Skotlandia berada pada jalur A, yang artinya, satu dari keduanya bakal saling bertarung demi menemani kontingen Kerajaan Elizabeth, Timnas Inggris.

 

3 dari 3 halaman

Hasil Undian Playoff Piala Dunia 2022

Foto: 6 Pemain Bintang yang Berpotensi Gagal ke Piala Dunia 2022, termasuk Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo. Ia hanya mampu membawa Portugal menempati posisi kedua Grup A di bawah Serbia dan harus memainkan laga play-off. Total telah tampil dalam 4 edisi Piala Dunia berurutan mulai 2006 hingga 2018 dengan mencetak 7 gol dan 2 assist dari 17 laga. (AFP/Patricia De Melo Moreira)

JALUR A

Semifinal

  • Skotlandia vs Ukraina (A)
  • Wales vs Austria (B)

Final - di kandang (B)

  • (A) vs (B)

JALUR B

Semifinal

  • Rusia vs Polandia (A)
  • Sweden vs Czech Republic (B)

Final - di kandang (A)

  • (A) vs (B)

JALUR C

Semifinal

  • Italia vs Makedonia Utara (A)
  • Portugal vs Turki (B)

Final - di kandang (B)

  • (A) vs (B)

Jadwal*

  • Semifinal: 24 Maret 2021
  • Final: 29 Maret 2021

*Jam mengikutu waktu setempat

Lanjutkan Membaca ↓