4 Klub Liga Inggris Perkasa di Liga Champions: Siapa Bakal Jadi Juara?

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 27 Nov 2021, 11:45 WIB
Diperbarui 27 Nov 2021, 11:45 WIB
Logo dan Trofi Liga Champions
Logo dan Trofi Liga Champions. (Bola.com/Dody Iryawan)

Bola.com, Jakarta - Keempat wakil Inggris tampil meyakinkan di Liga Champions musim ini. Setelah lima matchday fase grup, yang artinya masih menyisakan satu pertandingan lagi, baik Chelsea, Liverpool, Manchester United, dan Manchester City sudah memastikan diri lolos ke babak 16 Besar.

Bahkan setelah melewati lima matchday di fase grup Liga Champions, keempat klub Inggris itu kini menempati puncak klasemen masing-masing grup, meski tidak semua memastikan bakal melangkah ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup.

Manchester City berada di puncak Grup A Liga Champions dengan 12 poin dari lima laga. The Citizens sudah bisa dipastikan menjadi juara grup lantaran jumlah perolehan poinnya sudah tak lagi bisa dikejar oleh pesaing terdekat, Paris Saint-Germain (PSG) yang mengoleksi delapan poin.

Begitu pun dengan Liverpool. Tim asuhan Jurgen Klopp itu sudah memastikan diri menjadi juara Grup B Liga Champions setelah meraih kemenangan sempurna dalam lima laga yang mereka mainkan. The Reds pun mengoleks 15 poin, unggul sampai 10 poin dari Porto yang berada di peringkat kedua.

Beralih ke Grup F ada Manchester United dan Chelsea yang juga sudah memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions. Manchester United berada di puncak Grup F dengan 10 poin.

Perolehan poin The Red Devils, yang unggul tiga poin dari Villarreal yang berada di posisi kedua, masih bisa disamakan oleh rival asal Spanyol itu pada matchday terakhir.

Seandainya Villarreal mampu mengalahkan Atalanta dan Manchester United lagi-lagi kalah dari Young Boys seperti dalam laga matchday perdana Liga Champions, Villarreal akan memiliki jumlah poin yang sama dengan Manchester United, yaitu 10 poin. Hanya saja jika demikian yang terjadi, The Red Devils akan tetap menjadi juara grup dengan keunggulan head to head atas Villarreal.

Sementara itu, Chelsea yang berada di Grup H Liga Champions juga sedang berada di puncak klasemen. The Blues berada di puncak klasemen dengan jumlah yang sama dengan Juventus yang berada di posisi kedua dengan 12 poin.

Jika Chelsea kalah dari Zenit di matchday terakhir Grup H, maka Juventus berpeluang untuk menggeser The Blues dari puncak klasemen jika mampu mengalahkan Malmo FF. Namun, jika Chelsea dan Juventus sama-sama menang, maka The Blues tetap yang berhak lolos ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup.

2 dari 5 halaman

Kesempurnaan Liverpool

Foto: Taklukkan FC Porto, Liverpool Belum Terbendung di Liga Champions
Berlaga dihadapan pendukungnya sendiri klub besutan Jurgen Klopp itu sukses meraih kemenangan dengan skor meyakinkan 2-0. (AP/Jon Super)

Liverpool benar-benar tampil sempurna sejauh ini di Liga Champions musim ini. The Reds berhasil menyapu bersih lima laga yang sudah mereka mainkan dengan kemenangan.

Tidak hanya itu saja, Liverpool mampu mencetak 15 gol dalam lima laga dan hanya kebobolan lima gol dalam sepanjang lima pertandingan yang sudah dijalani.

Kemenangan terbesar Liverpool datang ketika bertandang ke Estadio do Dragao, markas Porto, pada matchday kedua Liga Champions musim ini. Liverpool menang telak 5-1 atas Porto dalam pertandingan tersebut.

Kini Liverpool hanya tinggal memainkan laga tandang kontra AC Milan di San Siro pada 7 Desember 2021. Tentunya The Reds mengincar kemenangan demi menyempurnakan kiprah mereka di fase grup Liga Champions musim ini.

 

3 dari 5 halaman

Manchester City Sering Menang Telak

Foto: Lionel Messi Cs Kena Sembur, Manchester City Bungkam PSG di Liga Champions
Berkat kemenangan ini The Citizens nyaman berada di puncak Grup A dengan 12 poin unggul delapan poin atas PSG di tempat kedua. Manchester City juga memastikan diri melenggang ke fase knock-out. (AP/Scott Heppell)

Jika Liverpool memegang predikat sempurna di Liga Champions musim ini, Manchester City adalah tim dengan sejumlah kemenangan telak pada musim ini. Bahkan The Citizens mengawali Grup A Liga Champions dengan kemenangan 6-3 atas klub Jerman, RB Leipzig.

Kemenangan telak itu memang menjadi jumlah gol terbanyak dalam satu laga yang dibuat oleh Manchester City pada musim ini. Namun, The Citizens mampu meraih kemenangan besar lain.

Pada matchday ketiga Liga Champions musim ini, Manchester City yang bertandang ke Belgia untuk menghadapi Club Brugge, berhasil menang telak 5-1 dalam laga tersebut, yang berlanjut dengan kemenangan 4-1 atas klub Belgia itu di Etihad Stadium pada matchday keempat.

Satu-satunya kekalahan tim asuhan Pep Guardiola itu datang ketika bertandang ke markas Paris Saint-Germain (PSG) pada matchday kedua, di mana Manchester City kalah 0-2 dari klub ibu kota Prancis tersebut.

 

4 dari 5 halaman

Tak Terlalu Konsisten, Manchester United Tetap Berjaya

Foto: Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho Bawa Manchester United Lolos ke Babak 16 besar Liga Champions
Berkat hasil tersebut, Manchester United pun semakin kokoh di puncak klasemen Grup F dengan poin 10 sekaligus memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions, sedangkan Villarreal tertahan di peringkat kedua dengan poin 7. (AFP/Jose Jordan)

Boleh dibilang Manchester United tampil inkonsisten pada musim ini. Tidak hanya di Premier League, hal tersebut juga terlihat di Liga Champions.

Manchester United kalah 1-2 dari klub Swiss, Young Boys, pada matchday pertama Liga Champions. Sempat unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo, Manchester United malah akhirnya pulang dari Swiss dengan kekalahan 1-2.

Namun, Manchester United bangkit pada dua laga selanjutnya. Manchester United menang 2-1 atas Villarreal dan 3-2 atas Atalanta, di mana dua pertandingan tersebut digelar di Old Trafford.

Sayangnya, pada pekan keempat, Manchester United harus puas bermain imbang 2-2 di kandang Atalanta. Namun, Cristiano Ronaldo membawa The Red Devils bangkit pada laga matchday kelima, yaitu kemenangan 2-0 atas Villarreal.

 

5 dari 5 halaman

Chelsea Bisa Lolos sebagai Juara Grup?

Chelsea Vs Juventus
Chelsea menang 4-0 atas Juventus pada laga kelima Grup H Liga Champions di Stamford Bridge, Rabu (24/11/2021) dini hari WIB. (AFP/Adrian Dennis)

Sementara itu, Chelsea adalah tim yang sebenarnya tampil baik di Liga Champions musim ini, tapi cukup rapat ditempel oleh rivalnya, Juventus, di Grup H Liga Champions. Chelsea dan Juventus sama-sama mengoleksi 12 poin dari empat laga.

Chelsea bisa berada di puncak klasemen karena keunggulan head to head dari Juventus yang berada di posisi kedua dengan jumlah poin yang sama. Bahkan Juventus yang memberikan satu kekalahan bagi Chelsea pada pekan kedua yang digelar di Turin.

Namun, pada akhirnya The Blues juga memberikan pelajaran kepada Juventus dengan kemenangan telak 4-0 ketika bermain di Stamford Bridge. Pasukan Bianconeri dibuat tidak berdaya pada matchday kelima Liga Champions itu.

Itu bukan satu-satunya kemenangan besar Chelsea pada musim ini. Sebelumnya, Chelsea juga sempat menang telak 4-0 atas klub Swedia, Malmo FF. Meski punya poin yang sama dengan Juventus, bukan berarti Chelsea tak bisa bersaing untuk jadi juara.

Lanjutkan Membaca ↓