Liga Italia: 5 Hal Menarik Setelah Inter Milan Bungkam AS Roma, Mourinho Tak Berkutik Hadapi Sang Mantan

Oleh Rizki Hidayat pada 05 Des 2021, 09:21 WIB
Diperbarui 05 Des 2021, 09:30 WIB
Selebrasi pemain Inter Milan saat hajar AS Roma di Liga Italia
Selebrasi pemain Inter Milan saat hajar AS Roma di Liga Italia (AFP)

Bola.com, Roma - Inter Milan berhasil meraih tiga poin penuh saat bersua AS Roma pada laga pekan ke-16 Serie A. Bermain di Stadio Olimpico, Minggu (5/12/2021) dini hari WIB, Inter melumat Roma tiga gol tanpa balas.

Ketiga gol I Nerazzurri ke gawang AS Roma disarangkan Hakan Calhanoglu pada menit ke-15, Edin Dzeko menit ke-24, dan Denzel Dumfries menit ke-39.

Kemenangan ini terasa sangat penting buat Inter Milan. Pasalnya, Joaquin Correa dan kolega sekarang naik ke posisi dua klasemen sementara Serie A.

Inter sekarang mengumpulkan 37 poin setelah menjalani 16 pertandingan. Mereka hanya terpaut satu angka saja dari AC Milan yang menghuni posisi puncak.

Sejumlah hal menarik tersaji pasca-duel Inter Milan versus AS Roma. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah ulasannya.

 

2 dari 6 halaman

Mourinho Dipermalukan Mantan

Foto: Duo Milan Menang, Napoli Ditahan Imbang, AS Roma Alami Kekalahan pada Giornata ke-15 Liga Italia 2021 / 2022
Roma menjadi klub yang bernasib sial pada giornata ke-15 yang berlangsung pada Kamis (02/12/2021) dini hari WIB. Skuat asuhan Jose Mourinho harus bertekuk lutut saat lawatanya ke markas Bologna. (LaPresse via AP/Massimo Paolone)

Pertandingan melawan Inter Milan terasa spesial bagi Jose Mourinho. Ini adalah kali pertama Mourinho bersua mantan klubnya itu sejak membawa Inter memenangi treble winner pada 2010.

Alih-alih mendapat hasil yang bagus, AS Roma justru dipermalukan di kandangnya sendiri. Gawang mereka bahkan kebobolan tiga gol pada babak pertama.

Ini adalah kekalahan ketujuh Roma dari 15 laga terakhir pada musim ini. Di pertandingan sebelumnya Tim Serigala Ibu Kota juga takluk 0-1 dari Bologna.

 

3 dari 6 halaman

Edin Dzeko Hantui Mantan

Foto: Tak Ada Ronaldo, 5 Serdadu Veteran Tersubur di Liga Domestik Eropa Saat Ini
Edin Dzeko didatangkan ke Inter Milan untuk menggantikan Romelu Lukaku yang hengkang ke Chelsea. Penyerang 35 tahun tersebut mampu mencetak 7 gol dan 2 assit dari 12 laga di Liga Italia. Dzeko menempati urutan keempat sebagai pencetak gol terbanyak sementara. (AFP/Miguel Medina)

Edin Dzeko akhirnya kembali ke Olimpico setelah bergabung dengan Inter pada awal musim ini. AS Roma punya banyak kenangan bahagia buat Dzeko setelah dia mengemas lebih dari 100 gol untuk Giallorossi.

Namun, kembalinya Dzeko justru mendatangkan penderitaan buat Roma. Striker asal Bosnia tersebut mencetak gol kedua Inter dalam pertandingan ini.

Meski begitu, Dzeko masih menghormati mantan timnya. Eks bomber Manchester City tersebut tidak melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Rui Patricio.

4 dari 6 halaman

Calhanoglu Belum Berhenti Cetak Gol

Foto: Inter Milan Menang Telak di Giornata Pertama Liga Italia walaupun Tak Lagi Diperkuat Romelu Lukaku
Permainan tak terlalu banyak berubah di awal babak kedua. La Beneamata sempat menambah keunggulan melalui Calhanoglu di menit ke-55, sayangnya gol tersebut dianulir setalah Perisic terjebak offside sebelum memberikan umpan ke Hakan Calhanoglu. (Foto: AFP/Miguel Medina)

Hakan Calhanoglu terus menunjukkan penampilan gemilangnya bersama Inter Milan musim ini. Gelandang asal Turki itu terus mencetak gol demi gol untuk Nerazzurri.

Korban terakhirnya adalah AS Roma. Mantan pemain AC Milan itu mencetak gol langsung dari sepak pojok pada babak pertama.

Setelah itu, Calhanoglu lantas mengirimkan umpan untuk gol yang dicetak Edin Dzeko. Kini Calhanoglu sudah mencetak empat gol dan dua assist dari lima pertandingan terakhirnya di Serie A.

 

5 dari 6 halaman

Gol Perdana Dumfries

FOTO: Real Madrid Permalukan Inter Milan di San Siro
Pemain Real Madrid Vinicius Junior (tengah) bersaing memperebutkan bola dengan pemain Inter Milan Milan Skriniar (kiri) dan Denzel Dumfries (kanan) pada pertandingan Grup D Liga Champions di Stadion San Siro, Milan, Italia, Rabu (15/9/2021). Real Madrid menang 1-0. (AP Photo/Antonio Calanni)

Denzel Dumfries dipercaya tampil penuh selama 90 menit dalam pertandingan melawan AS Roma. Pemain asal Belanda tersebut menunjukkan penampilan yang sangat mengesankan.

Dumfries menjadi pencetak gol terakhir bagi Inter Milan. Dia mencetak gol ke gawang Roma dngan sundulan dengan memaksimalkan umpan matang yang diberikan oleh Alesandro Bastoni.

Gol tersebut tentu saja terasa istimewa buat Dumfries. Itu merupakan gol pertama dia cetak sejak resmi menjadi penggawa La Beneamata pada musim ini.

 

6 dari 6 halaman

Modal Lawan Real Madrid

Foto: Real Madrid dan Inter Milan Kompak Lolos ke Babak 16 Besar Liga Champions
Setelah hanya mampu bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Edin Dzeko, muncul sebagai pahlawan kemenangan Nerazzurri berkat dua gol yang ia borong di babak kedua. (AP/Luca Bruno)

Kemenangan atas AS Roma ini bisa dijadikan modal yang sangat berharga bagi Inter Milan untuk menghadapi Real Madrid di Liga Champions. Mereka akan menghadapi raksasa Spanyol tersebut pada tengah pekan nanti.

Pertandingan melawan Real Madrid sebenarnya sudah tidak terlalu menentukan bagi Inter. Tim asuhan Simone Inzaghi sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Namun, Inter mengusung misi balas dendam saat berkunjung ke Santiago Bernabeu. Pasalnya, mereka takluk 0-1 dari Los Blancos pada pertemuan pertama di Giuseppe Meazza.

Sumber: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta/Published: 05/12/2021)

Lanjutkan Membaca ↓