Catat! 11 Klub yang Masih Berpeluang ke 16 Besar Liga Champions dan Skenarionya

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Des 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 23:20 WIB
Liga Champions - Ilustrasi Piala Liga Champions
Liga Champions - Ilustrasi Piala Liga Champions (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Jelang matchday keenam Liga Champions, sudah ada 11 tim yang memastikan diri bakal melangkah ke 16 besar Liga Champions dan tinggal menunggu lima tim lagi untuk melengkapinya. Namun, dalam pencarian lima tim tersisa, ada 11 tim yang masih berpeluang untuk bisa lolos ke fase selanjutnya dalam kompetisi elite sepak bola Eropa itu.

Sejauh ini sudah ada Manchester City, Liverpool, Ajax, Bayern Munchen, dan Manchester United yang memastikan diri lolos ke 16 Besar Liga Champions sebagai juara grup. Sementara itu, Paris Saint-Germain (PSG) dan Sporting CP lolos sebagai runner-up dari masing-masing grup.

Real Madrid dan Inter Milan pun sudah pasti lolos dari Grup D, hanya saja kedua tim masih harus menentukan siapa yang menjadi juara grup. Begitu pun di Grup H, di mana Chelsea dan Juventus sudah pasti lolos tapi tinggal menentukan siapa yang berhak lolos sebagai juara grup.

Sementara itu, ada lima tiket tersisa masih akan diperebutkan, yaitu tim yang lolos sebagai runner-up Grup B mendampingi Liverpool, tim yang lolos sebagai pendamping Bayern Munchen di Grup E, serta pendamping Manchester United di Grup F. Kemudian juga juara dan runner-up Grup G, di mana belum ada satu pun tim yang memastikan diri lolos dari grup tersebut.

Untuk lima posisi tersebut, ada 11 tim yang siap memperebutkan, yaitu Porto, AC Milan, dan Atletico Madrid di Grup B, Barcelona dan Benfica yang masih memperebutkan satu tiket dari Grup E.

Villarreal dan Atalanta juga berebut tempat mendampingi Manchester United dari Grup F. Dan yang paling menarik keempat tim di Grup G, Lille, RB Salzburg, Sevilla, dan Wolfsburg, yang semua masih punya peluang untuk lolos ke 16 besar Liga Champions.

2 dari 5 halaman

3 Tim Berebut Tiket Mendampingi Liverpool

Foto: Drama Lima Gol, Liverpool Sukses Menangi Pertandingan Sengit Melawan AC Milan di Matchday Pertama Liga Champions 2021 / 2022
Liverpool berbalik mengontrol permainan. The Reds berkali-kali melancarkan serangan ke daerah pertahanan lawan, namun belum menemukan titik terang. (Foto: AFP/Paul Ellis)

Perebutan satu tiket di Grup B Liga Champions adalah yang satu yang menarik. Keberhasilan Liverpool lolos sebagai juara grup dengan 15 poin sempurna dari lima laga yang sudah dimainkan membuat tiga tim tersisa memiliki poin yang terpaut sangat jauh dari The Reds.

Porto, yang berada di posisi kedua dalam klasemen Grup B, hanya memiliki lima poin dari lima pertandingan yang sudah mereka mainkan. Sementara itu, AC Milan dan Atletico Madrid sama-sama mengoleksi empat poin, di mana AC Milan unggul selisih poin dari Atletico Madrid dan layak berada di peringkat ketiga.

Porto dan Atletico Madrid akan menjalani partai hidup dan mati pada matchday keenam Liga Champions. Bagi Porto, kemenangan atas Atletico Madrid dalam laga di Estadio do Dragao itu akan otomatis membawa mereka ke 16 Besar Liga Champions.

Sementara hasil imbang di antara kedua tim akan membuat Porto harus tergantung bagaimana hasil pertandingan antara AC Milan dan Liverpool di San Siro. Jika AC Milan menang, maka Porto harus gigit jari karena Rossoneri yang akan menemani Liverpool.

AC Milan memang tidak punya pilihan selain menang atas Liverpool. Mereka harus menang dan berharap Porto dikalahkan atau setidaknya ditahan imbang oleh Atletico Madrid demi lolos ke 16 Besar Liga Champions.

Yap, Atletico Madrid menang pun itu bisa jadi hanya melapangkan jalan bagi AC Milan untuk ke 16 besar Liga Champions. Kecuali, Atletico Madrid meraih kemenangan sementara AC Milan kalah dari Liverpool. Itu artinya Atletico yang akan mendampingi Liverpool ke 16 besar Liga Champions.

Menarik bukan persaingan di Grup B Liga Champions ini? Berikut syarat-syarat untuk tiga tim tersebut agar bisa lolos:

  • Porto hanya butuh kemenangan atas Atletico Madrid untuk memastikan diri melangkah ke 16 besar Liga Champions. Jika bermain imbang dengan Atletico Madrid, Porto harus berharap AC Milan kalah atau ditahan imbang oleh Liverpool
  • AC Milan harus menang atas Liverpool sembari berharap Porto ditahan imbang atau kalah dari Atletico Madrid agar Rossoneri bisa lolos ke 16 Besar Liga Champions. Hasil imbang dan kekalahan dipastikan bakal menutup langkah AC Milan ke 16 besar Liga Champions, apa pun hasil yang didapatkan Porto dan Atletico Madrid.
  • Atletico Madrid harus menang atas Porto dan berharap AC Milan ditahan imbang atau kalah dari Liverpool untuk bisa lolos ke 16 besar Liga Champions. Sebagai tim yang kini berada di dasar klasemen, wakil Spanyol itu tidak punya pilihan selain menang dan berharap AC Milan kalah.
3 dari 5 halaman

Barcelona dan Benfica, Siapa Temani Bayern Munchen?

Foto: Laga Kedua Pelatih Xavi Hernandes, Barcelona Ditahan Imbang Benfica di Liga Champions
Kembali dari kamar ganti, Barcelona tampil lebih agresif. Peluang emas didapatkan oleh Memphis Depay. Sayangnya, usaha pemain asal Belanda tersebut masih bisa digagalkan Otamedi. (AFP/Josep Lago)

Grup E masih menyisakan satu tiket 16 besar Liga Champions. Bayern Munchen masih menunggu pendamping yang akan diperebutkan oleh Barcelona dan Benfica.

Seperti halnya Liverpool, Bayern Munchen lolos sebagai juara grup dengan catatan 15 poin sempurna dari lima pertandingan yang sudah dimainkan. Barcelona berada di peringkat kedua dengan tujuh poin, dan Benfica menempel di bawahnya dengan 5 poin.

Dalam matchday terakhir Grup E, Barcelona menjalani laga hidup dan matinya di markas Bayern Munchen, sang juara grup. Sementara Benfica punya peluang lebih baik karena akan menjamu Dynamo Kiev yang sudah pasti tidak akan lolos ke fase selanjutnya.

Dari perolehan poin, di mana Barcelona unggul dua poin dari Benfica, tentu tim Catalan tersebut memiliki peluang yang lebih besar. Namun, syaratnya mutlak, Barcelona harus menang di markas Bayern Munchen. Jika mereka hanya mampu bermain imbang, apalagi kalah, tim asuhan Xavi Hernandez itu harus berharap Dynamo Kiev secara mengejutkan meraih tiga poin di markas Benfica.

Hasil imbang di Allianz Arena tidak akan banyak membantu Barcelona jika Benfica berhasil meraih kemenangan atas Dynamo Kiev. Meski pada akhirnya akan sama-sama mengoleksi delapan poin, Benfica diuntungkan secara head to head, di mana mereka unggul agregat 3-0 dalam pertemuan di antara kedua tim di fase grup ini.

Benfica pun dipastikan harus bisa menang atas Dynamo Kiev untuk bisa lolos ke 16 Besar Liga Champions. Hasil imbang tak akan cukup membantu mereka meski AC Milan gagal mengalahkan Bayern Munchen. Bahkan kemenangan atas Dynamo Kiev pun harus disertai syarat Barcelona gagal menang di markas Bayern Munchen.

Berikut syarat-syarat untuk tim Grup E mendampingi Bayern Munchen ke 16 besar Liga Champions:

  • Barcelona lolos otomatis ke 16 Besar Liga Champions asalkan meraih kemenangan di markas Bayern Munchen. Jika hanya mampu bermain imbang apalagi kalah, Barcelona harus berharap Benfica juga bermain imbang atau kalah dari Dynamo Kiev.
  • Benfica tidak punya pilihan selain menang saat menjamu Dynamo Kiev. Kemenangan itu pun disertai harapan Barcelona gagal meraih tiga poin di Allianz Arena.
  • Jika Benfica menang dan Barcelona meraih hasil imbang, kedua tim punya poin yang sama. Namun, Benfica yang bakal lolos ke 16 Besar Liga Champions karena unggul head to head atas Barcelona.
4 dari 5 halaman

Duel Hidup dan Mati Atalanta Vs Villarreal

Foto: Villarreal Ditahan Imbang 2-2 Atalanta dalam Matchday Pertama Liga Champions 2021 / 2022
Memasuki babak kedua, Villarreal lebih berinisiatf melakukan serangan. Namun serangan yang dibangun beberapa kali gagal berkat solidnya pertahanan La Dea yang digalang Jose Luis Palomino dan Rafael Toloi. (Foto: AP/Alberto Saiz)

Seperti halnya di Grup E, persaingan di Grup F menyisakan dua tim yang berebut posisi runner-up untuk lolos ke 16 Besar Liga Champions setelah Manchester United memastikan diri menjadi juara Grup.

Meski Villarreal yang berada di posisi kedua hanya terpaut tiga poin dari Manchester United, tim Spanyol itu dipastikan tidak bisa finis di atas The Red Devils karena kalah head to head. Manchester United unggul agregat 4-1 atas Villarreal dalam dua pertemuan di fase grup.

Kini Villarreal harus bersaing dengan Atalanta yang berada di peringkat ketiga untuk bisa lolos ke 16 besar Liga Champions. Menariknya, Villarreal dan Atalanta akan berhadapan pada matchday keenam Liga Champions ini.

Otomatis pemenang dalam pertandingan ini akan menjadi pendamping Manchester United ke 16 Besar Liga Champions. Bahkan jika hanya bermain imbang, tentu Villarreal yang unggul satu poin dari Atalanta di klasemen Grup F yang bakal lolos.

Artinya, Atalanta lebih tertekan kali ini. Mereka harus bisa menang untuk bisa lolos ke 16 Besar. Apalagi mereka bertindak sebagai tuan rumah dalam laga terakhir ini.

Kemenangan adalah hal yang wajib didapatkan. Jika tidak, tak hanya merasakan pedihnya kekalahan, penyesalan karena gagal ke 16 besar Liga Champions pun akan sangat besar bagi Atalanta.

Skenario perebutan satu tiket 16 besar Liga Champions dari Grup F:

  • Villarreal harus menang atau bermain imbang di markas Atalanta untuk lolos ke 16 Besar Liga Champions.
  • Atalanta tidak punya pilihan selain menang untuk mendampingi Manchester United ke 16 besar Liga Champions.
5 dari 5 halaman

Dua Laga Hidup dan Mati di Grup G

Logo dan Trofi Liga Champions
Logo dan Trofi Liga Champions. (Bola.com/Dody Iryawan)

Grup G adalah satu-satunya grup yang belum ada satu pun tim yang memastikan diri melangkah ke 16 Besar Liga Champions. Persaingan di grup ini sangat ketat, di mana dari posisi pertama hingga keempat, masing-masing tim hanya terpaut satu poin.

Lille berada di puncak klasemen dengan 8 poin, unggul satu poin dari RB Salzburg yang berada di posisi kedua. Sementara itu, Sevilla mengoleksi 6 poin, unggul satu poin dari Wolsburg yang berada di dasar klasemen.

Dengan kondisi tersebut, bahkan Wolfsburg yang berada di dasar klasemen pun masih punya kans untuk lolos ke 16 Besar Liga Champions, bahkan sebagai juara grup. Namun, untuk bisa melakukannya, Wolfsburg harus bisa menang saat menjamu sang pemimpin klasemen, Lille, dalam matchday keenam, di mana pada pertemuan pertama kedua tim hanya bermain imbang tanpa gol.

Artinya dalam dua pertandingan terakhir di Grup G Liga Champions ini, semua akan berstatus sebagai duel hidup dan mati. Lille dan Wolfsburg berusaha saling mengalahkan untuk bisa mendapatkan tiket, begitu pun dengan Sevilla yang bertandang ke markas RB Salzburg.

Dua tim pemenang dalam pertandingan terakhir akan melangkah ke 16 besar Liga Champions karena selisih poin yang rapat tersebut.

Syarat untuk tim lolos ke 16 Besar Liga Champions dari Grup G:

  • Lille harus meraih kemenangan atas Wolfsburg untuk melangkah ke 16 besar Liga Champions. Hasil imbang dengan Wolfsburg juga masih bisa membawa Lille lolos dengan status juara grup jika Salzburg dan Sevilla bermain imbang, atau sebagai runner-up jika ada pemenang di pertandingan lain tersebut. Kalah dari Wolfsburg akan membuat Lille tersingkir apa pun hasil pertandingan Salzburg vs Sevilla.
  • RB Salzburg harus memenangkan pertandingan kontra Sevilla. Mereka akan lolos sebagai runner-up jika Lille menang atas Wolfsburg, tapi bakal lolos sebagai juara grup seandainya Lille gagal menang saat bertandang ke markas Wolfsburg. Kekalahan dari Sevilla akan otomatis menggagalkan langkah Salzburg ke 16 Besar Liga Champions.
  • Sevilla dipastikan butuh kemenangan atas Salzburg untuk lolos ke 16 Besar Liga Champions. Dengan menempati posisi ketiga, bermain imbang atau kalah bukan lagi pilihan.
  • Wolfsburg hanya punya pilihan menang untuk bisa melangkah ke 16 Besar Liga Champions. Sebagai tim juru kunci, kemenangan itu jadi satu-satunya keajaiban yang bakal mengubah takdir mereka dari tim juru kunci menjadi tim yang lolos ke fase selanjutnya.

Sumber: UEFA

Lanjutkan Membaca ↓