Mencari Pendamping Liverpool: Saling Sikut Porto dan Atletico Madrid, Serta Usaha Terakhir AC Milan di Grup B Liga Champions

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 06 Des 2021, 20:00 WIB
Diperbarui 06 Des 2021, 20:00 WIB
Penyerang AC Milan, Junior Messias
Junior Messias berhasil mencetak gol tunggal kemenangan AC Milan atas Atletico Madrid pada laga kelima Grup B Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Bola.com, Jakarta - Grup B Liga Champions adalah satu grup yang sangat layak dinantikan keseruannya dalam matchday terakhir yang digelar pekan ini. Selain Liverpool yang sudah memastikan diri ke 16 besar Liga Champions sebagai juara grup, tiga tim lain masih punya peluang untuk mendampingi The Reds menuju fase selanjutnya dalam kompetisi elite sepak bola Eropa itu.

Liverpool sudah pasti melangkah ke 16 Besar Liga Champions sebagai juara Grup B dengan raihan 15 poin sempurna dari lima laga yang sudah mereka mainkan. Hasil yang diraih Liverpool tersebut jelas memengaruhi tiga kontestan lain.

Akibatnya adalah Porto, AC Milan, dan Atletico Madrid yang merupakan klub besar dari masing-masing negara asalnya, harus bersaing ketat. Mereka punya torehan poin yang berbeda tipis di peringkat kedua hingga keempat di Grup B Liga Champions.

Porto berada di peringkat kedua dengan mengoleksi 5 poin, terpaut hingga 10 poin di belakang Liverpool. Sementara itu, AC Milan dan Atletico Madrid berada di posisi ketiga dan keempat dengan jumlah poin yang sama, yaitu empat poin.

AC Milan berada di peringkat ketiga karena unggul selisih gol atas Atletico Madrid. Penghitungan selisih gol diambil karena dalam head to head kedua tim imbang. Atletico Madrid menang 2-1 di markas AC Milan, sementara Rossoneri menang 1-0 kala bertandang ke Spanyol.

Dengan perbedaan poin yang begitu tipis di antara Porto, AC Milan, dan Atletico Madrid, pertarungan pada matchday keenam Liga Champions yang digelar pada Rabu (8/12/2021) dini hari WIB akan sangat menarik. Apalagi Porto dan Atletico Madrid akan saling berhadapan secara langsung.

Bagaimana masing-masing tim memperbesar peluang mereka untuk lolos ke 16 besar Liga Champions?

2 dari 3 halaman

Fokus Menang

Foto: Taklukkan FC Porto, Liverpool Belum Terbendung di Liga Champions
Liverpool yang sudah memastikan tiket lolos tetap tampil serius meladeni lawannya. Mereka berkali-kali menggempur jantung pertahanan FC Porto. (AP/Jon Super)

Satu hal terpenting yang harus dilakukan oleh ketiga tim tersebut pada matchday keenam Liga Champions pekan ini adalah meraih kemenangan. Hal tersebut menjadi mutlak dilakukan sebelum berharap hasil dari pertandingan lain.

Apalagi Porto dan Atletico Madrid yang akan saling berhadapan di Portugal. Kemenangan akan menjadi hal terpenting bagi kedua tim untuk lolos ke 16 Besar Liga Champions, dan setelah itu terwujud baru melihat bagaimana hasil dari AC Milan yang harus menang atas Liverpool di San Siro.

Porto akan lolos ke 16 besar Liga Champions dengan kemenangan atas Atletico Madrid. Apa pun hasil pertandingan antara AC Milan dan Liverpool, tiga poin akan memastikan wakil Portugal itu menjadi pendamping The Reds ke 16 besar Liga Champions.

Sebaliknya bagi Atletico Madrid. Kemenangan atas Porto memang memperbesar peluang mereka untuk lolos ke 16 besar Liga Champions. Namun, mereka perlu berharap AC Milan gagal meraih kemenangan saat menjamu Liverpool.

Tak terlalu berbeda dengan Atletico Madrid, AC Milan yang harus menjamu sang juara grup, Liverpool, di San Siro, tidak punya pilihan selain menang demi lolos langsung ke 16 besar Liga Champions, tapi juga harus berharap agar Atletico Madrid setidaknya menahan imbang Porto.

Lalu bagaimana jika ada yang bermain imbang? Seperti apa skenario lolosnya satu tim dari Grup B mendampingi Liverpool?

3 dari 3 halaman

Skenario Mencari Runner-up Grup B Liga Champions

Atletico Madrid Vs AC Milan
AC Milan berhasil menang 1-0 atas Atletico Madrid pada laga kelima Grup B Liga Champions di Estadio Wanda Metropolitano, Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. (AFP/PIERRE-PHILIPPE MARCOU)

Skenario pendamping Liverpool lolos dari Grup B Liga Champions:

 

  • Porto sebagai tim yang saat ini berada di peringkat kedua punya kans paling besar untuk lolos. Mereka hanya perlu memastikan diri menang atas Atletico Madrid, maka hasil pertandingan seperti apa pun yang didapatkan AC Milan kala menjamu Liverpool menjadi tidak penting.
  • Porto masih bisa lolos seandainya hanya bermain imbang dengan Atletico Madrid. Namun, mereka harus berharap AC Milan kalah dari Liverpool agar tiket 16 besar Liga Champions masih menjadi milik mereka.
  • Tiket 16 besar Liga Champions akan menjadi milik Atletico Madrid jika klub Spanyol itu mampu menang di markas Porto dan AC Milan mengalami kekalahan dari Liverpool di San Siro.
  • Sementara AC Milan juga tidak punya pilihan selain meraih kemenangan atas Liverpool, sembari berharap Porto ditahan imbang atau bahkan kalah dari Atletico Madrid, demi mendapatkan tiket 16 besar Liga Champions tersebut.
  • Jika AC Milan menang atas Liverpool dan Atletico Madrid menang atas Porto, maka hasil dari masing-masing pertandingan terakhir itu akan cukup menentukan. Tim mana yang punya selisih gol lebih baik, dia yang lolos ke 16 besar Liga Champions karena secara head to head AC Milan dan Atletico Madrid imbang, sama-sama meraih satu kemenangan¬†dengan selisih satu gol dalam dua pertemuan mereka.
Lanjutkan Membaca ↓