Sukses


Larang Klub Menimbun Pesepak Bola, FIFA Sahkan UU Khusus Peminjaman Pemain Musim Depan

Bola.com, Jakarta - FIFA akan menerapkan aturan di mana klub akan dibatasi dalam peminjaman pemain mulai musim depan sehingga lebih banyak fokus dapat diberikan untuk mengembangkan bakat, Kamis (20/1/2022). Termasuk dalam hal ini adalah kuantitas pemain yang dipinjam maupun yang dipinjamkan.

"Undang-undang ini dibuat agar klub lebih berupaya mengembangkan pemain muda, mempromosikan keseimbangan kompetitif, dan mencegah penimbunan," kata FIFA dalam sebuah pernyataan.

Mulai musim depan, klub akan dibatasi hingga delapan perekrutan berstatus pinjaman, maupun pelepasan pemain ke klub lain berstatus pinjaman. Musim berikutnya, jumlahynya turun menjadi tujuh dan mulai 2024/2025 dan seterusnya statis di angka enam.

Namun, pemain lokal dan mereka yang berusia di bawah 21 tahun akan tetap dibebaskan dari aturan, tergantung persetujuan pada pertemuan Dewan FIFA berikutnya.

Rencana tersebut juga mencakup pengenalan durasi minimum kesepakatan pinjaman, yang akan berada di antara dua jendela transfer, sedangkan durasi maksimum adalah satu tahun.

Juga akan ada batasan tiga pemain yang dipinjamkan per musim antara dua klub yang sama, dan "peminjaman tambahan" ke klub ketiga akan dilarang.

Peraturan tidak mencakup pinjaman pemain dalam negeri, tetapi FIFA mengatakan asosiasi nasional akan memiliki waktu tiga tahun untuk menyamakan peraturan mereka sendiri sejalan dengan peraturan di tingkat internasional.

2 dari 2 halaman

Kerangka Utama

  • Persyaratan perjanjian tertulis yang mendefinisikan persyaratan pinjaman, khususnya durasi dan kondisi keuangannya
  • Durasi pinjaman minimum, menjadi interval antara dua periode pendaftaran, dan durasi pinjaman maksimum, adalah satu tahun
  • Larangan peminjaman pemain profesional yang sudah dipinjamkan ke klub ketiga
  • Batasan jumlah pinjaman per musim antara klub yang sama: pada waktu tertentu selama satu musim, klub hanya boleh memiliki maksimal tiga pemain profesional yang dipinjamkan ke satu klub dan maksimal tiga pemain profesional yang dipinjam dari satu klub
  • Batasan jumlah pinjaman klub per musim

Dengan begini, kemungkinan besar akan ada perubahan mengenai feeder club dan parent club. Kasus ini ditemui di Chelsea, sebagai parent club, doyan meminjamkan pemainnya ke Vittese Arnhem sebagai feeder club.

Seperti sudah dijelaskan oleh FIFA, diharapkan klub, umumnya dari divisi rendah, mampu mengembangkan pemain mudanya sendiri alih-alih 'ketiban durian runtuh' karena bisa mendapatkan pemain muda potensial dari klub yang lebih besar.

Sumber: FIFA

Video Populer

Foto Populer