Sukses


4 Pemain dengan Kemenangan Terbanyak di 5 Liga Top Eropa: Ronaldo Unggul Telak atas Messi

Bola.com, Jakarta - Bermain di Eropa tentunya mimpi bagi banyak orang. Tapi untuk menjadi pemenang di Benua Biru, dibutuhkan kerja keras ekstra untuk menggapainya, contohnya apa yang dilakukan oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kedua pemain sudah menancapkan sejarahnya sendiri di lapangan hijau Eropa, dan bahkan dunia. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo selalu bersaing ketat dalam urusan menjadi pesepak bola terbaik dunia.

Messi dan Ronaldo tidak sendiri. Mereka juga bersaing dengan lusinan pemain yang bercita-cita menjadi yang terbaik, dan sedang menggapai itu semua.

Erling Haaland, Dusan Vlahovic, hingga Kylian Mbappe dianggap sebagai generasi terbaru untuk menggantikan peta sepak bola Eropa. Ketiganya mesti melakukan banyak hal untuk sampai di titik itu.

Berikut ini empat pemain di liga-liga top Eropa dengan rekor kemenangan terbanyak, termasuk Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

2 dari 5 halaman

Lionel Messi - 389 Kemenangan

Lionel Messi bisa dibilang pesepak bola terhebat sepanjang masa. Dia mengumpulkan rekor Ballon d'Or ketujuh tahun lalu dan telah memenangkan hampir semua yang harus dimenangkan di dunia sepak bola sejak bergabung di akademi muda Barcelona La Masia pada usia 13 tahun.

Dia naik pangkat di klub dan melakukan debut seniornya pada 16 Oktober 2004 melawan Espanyol. Dari situ, tak ada yang bisa menghentikan Messi. Tidak butuh waktu lama sebelum dia menjadi pemain utama tim Catalan. Menjelang akhir tahun 2000-an, Messi telah memantapkan dirinya sebagai yang terbaik di rumput hijau.

Dia telah memiliki karier yang cemerlang dan masih kuat pada usia 34 tahun. Messi menghabiskan 17 tahun bersama tim senior Barcelona sebelum hijrah ke PSG pada musim panas 2021.

Messi memenangkan 10 gelar La Liga, tujuh Copa Del Rey, empat gelar Liga Champions dan tiga Piala Dunia Antarklub FIFA selama dia tinggal bersama tim Catalan. Dia juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik La Liga selama enam musim.

Messi telah memainkan total 532 pertandingan di 5 liga top Eropa. Dia telah memenangkan 389 dari pertandingan itu. Dia memiliki tingkat kemenangan 73,1%. Angka-angka ini merupakan bukti fakta bahwa Messi adalah salah satu pesepak bola paling sukses dalam sejarah.

Saat ini di PSG, Messi berada di jalur yang baik untuk memenangkan gelar Ligue 1 pertamanya musim ini.

3 dari 5 halaman

Gianluigi Buffon - 409 Kemenangan

Gianluigi Buffon memiliki karier yang panjang dan memuaskan. Pemain asal Italia itu akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu kiper terhebat sepanjang masa. Dia akan berusia 44 tahun pada 28 Januari 2022 tetapi masih kuat. Buffon saat ini bermain untuk tim masa kecilnya Parma di Serie B.

Dia melakukan debut Serie A bersama Parma pada 1995 dan tak lama kemudian menjadi kiper pilihan pertama mereka. Buffon memainkan peran utama dalam kemenangan Parma di Coppa Italia, Piala UEFA dan Supercoppa Italiana pada tahun 1999. Itulah mengapa Juventus bersedia membayar €52 juta, biaya rekor dunia untuk seorang penjaga gawang, untuk mengontraknya pada tahun 2001.

Pemain legendaris Italia itu memenangkan Piala Dunia 2006. Dia bertahan di Juventus selama 17 musim sebelum bergabung dengan PSG hanya satu musim di 2018/2019. Buffon kembali ke Juventus pada 2019 dan baru meninggalkan klub pada 2021 untuk bergabung kembali dengan Parma.

Dia telah memainkan total 674 pertandingan di 5 liga top Eropa dan telah memenangkan 409 di antaranya. Buffon memiliki tingkat kemenangan 60,6%.

4 dari 5 halaman

Ryan Giggs - 425 Kemenangan

Ryan Giggs adalah salah satu pesepak bola paling sukses sepanjang masa. Dia adalah anggota dari 'Class of 92' yang terkenal, sekelompok lulusan akademi yang kemudian memenangkan treble kontinental untuk Manchester United pada 1998/1999.

Dia menunjukkan bakat luar biasa sejak usia sangat muda. Pemain Wales itu bisa bergerak seperti kijang dan memiliki kecakapan teknis dan kecerdasan untuk membuat keputusan yang mengubah permainan secara teratur.

Giggs telah membuat lebih dari 1000 penampilan karier dan merupakan salah satu dari hanya 28 pemain yang melakukannya. Dia memenangkan 13 gelar Liga Inggris, dua Liga Champions, empat Piala FA, tiga Piala Liga dan satu Piala Dunia Antarklub FIFA.

Giggs hanya bermain untuk Manchester United sepanjang kariernya. Dia membuat 669 penampilan di Liga Inggris, memenangkan 425 di antaranya. Giggs memiliki tingkat kemenangan 63,5%.

5 dari 5 halaman

Cristiano Ronaldo - 426 Kemenangan

Cristiano Ronaldo benci kekalahan. Pemain asal Portugal ini adalah contoh sempurna dari pemenang serial. Mentalitasnya telah membuat dia menjadi salah satu pesepak bola paling sukses sepanjang masa.

Ronaldo pertama kali menarik perhatian di 5 liga Eropa setelah bergabung dengan Manchester United pada tahun 2003. Setelah memulai sebagai pemain sayap lincah, Ronaldo segera berkembang menjadi pencetak gol yang produktif. Ia memenangkan Ballon d'Or pertamanya pada 2008 setelah mengantarkan Setan Merah meraih gelar Liga Champions pada musim 2007/2008.

Ronaldo sejak itu memiliki karier yang sangat sukses di Real Madrid dan Juventus juga. Dia memenangkan empat gelar Liga Champions bersama Los Blancos. Dalam kareir papan atas, Ronaldo telah membuat 604 penampilan di 5 liga top Eropa.

Dia telah memenangkan 426 pertandingan itu dengan tingkat kemenangan 70,5%.

Video Populer

Foto Populer