Asian Games 2018: Game PES 2018 Turut Dipertandingkan

Oleh Liputan6.com pada 31 Jul 2018, 20:31 WIB
PES 2018

Jakarta Asian Games 2018 akan menghadirkan sesuatu berbeda dibanding edisi-edisi sebelumnya. Bakal ada cabang electronic sports (e-sports) yang akan dipertandingkan. Salah satunya adalah Pro Evolution Soccer 2018 alias PES 2018.

Status tersebut tetap memperebutkan medali bagi para pemenang. Akan tetapi, medali tidak akan dihitung atau digabung dengan cabang-cabang olahraga resmi lain.

Dari enam cabang E-Sports di Asian Games 2018, PES 2018 menjadi cabang yang dinantikan. Selain familiar, cabang ini merupakan simulasi olahraga yang paling digemari di seluruh dunia, sepak bola.

Delapan negara akan memperebutkan medali emas dari cabang E-Sports, PES 2018. Indonesia sebagai tuan rumah, tidak perlu mengikuti babak kualifikasi zona Asia Tenggara.

Kualifikasi dilakukan secara unik dan beragam. Dari lima wilayah, hanya Asia Timur yang babak kualifikasinya berlangsung secara offline di Changzhou, China.

2 of 3

Jepang Dominan

Jepang tampil dominan dengan menyapu bersih kemenangan atas Hong Kong, Korea Selatan, Makau, dan Mongolia. Hal tersebut tidak mengejutkan sebab pengembang PES, yakni Konami, merupakan perusahaan asal Jepang. Wakil Asia Timur lain adalah Hong Kong.

Adapun Asia Tenggara menambah wakil menjadi tiga negara setelah Vietnam dan Malaysia lolos dari babak kualifikasi untuk mendampingi Indonesia. Tiga wakil lain adalah Kazakhstan (Asia Tengah), India (Asia Selatan), dan Iran (Asia Barat). Di wilayah-wilayah ini, babak kualifikasi berlangsung secara online.

Selain PES 2018, lima E-Sports yang dipertandingkan di Asian Games 2018 lainnya adalah Arena of Valor, Clash Royale, Heartstone, League of Legends, dan Starcraft II.

 

 

 

3 of 3

Negara-negara peserta E-Sports PES 2018

1. Indonesia (tuan rumah)

2. Vietnam

3. Malaysia

4. Jepang

5. Hong Kong

6. Kazakhstan

7. India

8. Iran

Sumber Liputan6.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓