PUBG, Fortnite, League of Legends dan 6 Judul Gim yang Akan Diblokir Tiongkok

Oleh Nurfahmi Budi pada 14 Des 2018, 15:16 WIB
league of legends asian games 2018

Bola.com, Jakarta - Pemerintah Tiongkok bersiap memblokir beberapa jenis gim yang beredar di tengah masyarakat. PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Fortnite dan League of Legends (LOL) menjadi tiga di antara 9 gim yang harus berurusan dengan aturan di negeri Tirai Bambu tersebut.

Menurut informasi, ada sembilan dari 20 judul gim yang diperiksa oleh Tiongkok. Tindak pemblokiran sembilan judul gim ini dilakukan Komite Peninjauan Etika Online yang dibentuk bulan ini.

Judul-judul gim yang diblokir memang lebih populer di Tiongkok daripada negara-negara lain, seperti Tencent dan NetEase yang menjadi pengembangnya. Ada juga beberapa gim yang sudah mendunia dan menjamur di Indonesia.

Pada genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), League of Legends yang jadi ‘tumbal’. Sementara kalau genre Battle Royale, PUBG dan Fortnite menjadi dua gim yang diblokir di Negeri Panda tersebut.

Sumber pemerintah Tiongkok menyebut, alasan sejumlah judul gim yang diblokir karena dinilai terlalu banyak memerlihatkan adegan brutal dan berdarah. Selain itu, Tiongkok juga menilai ada gim yang memiliki chatroom dengan percakapan yang tidak senonoh dan tidak mendidik.

Selain itu, alasan lain yang mengemuka adalah adanya gim-gim yang dinilai terlalu mengekspos karakter perempuan dan menampilkan konten vulgar. Tak cuma itu, ada beberapa gim yang diblokir karena mengandung unsur penipuan dalam beberapa misi.

Berikut ini 9 gim yang diblokir di Tiongkok:

1. League of Legends

2. Overwatch

3. Diablo

4. World of Warcraft

5. PUBG

6. Fortnite

7. H1Z1

8. Ring of Elysium

9. Paladins

Sumber: Liputan6.com