Fakta FIFA eWorld Cup Grand Final: Hadiah Rp3,5 Miliar sampai Dominasi 5 Negara

Oleh Nurfahmi Budi pada 22 Jan 2019, 19:36 WIB
FIFA 19

Bola.com, Jakarta - Para atlet electronic sports (e-Sports) nomor FIFA 19 selalu bermimpi bisa tampil pada ajang FIFA eWorld Cup Grand Final. Selain fulus, nilai gengsi menjadi sesuatu yang tak bisa mereka lupakan.

Setidaknya, masuk ke jajaran finalis yang hanya berjumlah 32 atlet, memberi pengalaman tak terlupakan. Tak sekadar itu, berada di jajaran peserta FIFA eWorld Cup Grand Final bakal merasakan sesuatu yang luar biasa: panggung megah.

Seluruh kombinasi nyata tersebut menjadi bagian tak terpisahkan dari setiap perhelatan FIFA eWorld Cup Grand Final. Sama seperti format kualifikasi piala dunia, langkah menuju FIFA eWorld Cup juga tak mudah.

Para peserta harus melalui beragam turnamen, plus konsistensi guna mendapatkan poin. Babak play-off bakal menanti pada pengujung, biasanya sebulan sebelum putaran final, yang akan menentukan tempat di FIFA eWorld Cup.

Kerja keras para atlet e-Sports FIFA akan terbayar lunas jika mereka masuk ke fase grand final. Maklum, beragam momen indah akan selalu menempel ke ingatan para atlet yang berhasil melangkah ke jajaran elit tersebut.

 

2 of 2

Beberapa Fakta

Berikut ini beberapa fakta terkait FIFA eWorld Cup Grand Final:

1. Pada Grand Final tahun lalu, FIFA dan EA Sports menyediakan total hadiah 400 ribu dolar AS atau sekitar Rp5,6 miliar.

2. Jawara FIFA eWorld Cup Grand Final akan mendapat hadiah 250 ribu dolar AS atau sekitar Rp3,5 miliar. Peringkat 2 mendapat 50 ribu dolar AS, semifinalis membawa pulang 20 ribu dolar AS, perempatfinalis memeroleh 10 ribu dolar AS dan peserta Babak 16 Besar mendapat jatah 2.500 dolar AS.

3. Status juara bertahan disandang atlet asal Arab Saudi: Mosaad 'Msdossary' Aldossary. Ia mengalahkan wakil Belgia, Stefano Finna, dengan 2 leg (4-0).

4. Sejak 2004, ada 12 juara berbeda dari sembilan negara.

5. Negara yang tersukses adalah Inggris dan Prancis. Masing-masing menyabet 2 gelar juara dunia dan dua posisi runner-up.

6. Pemain tersukses adalah Bruce Grannec, dengan koleksif dua gelar juara dunia dan sekali runner-up.

7. Dari sisi negara pengoleksi gelar juara, terdapat lima negara dengan dua trofi. Mereka adalah Inggris, Prancis, Spanyol, Denmark dan Arab Saudi.

Sumber: FIFA 19

Lanjutkan Membaca ↓