Cara Acer Dukung Perkembangan Game E-Sports di Indonesia

Oleh Rizki Hidayat pada 15 Feb 2019, 10:15 WIB
Asia Pacific Predator League 2019

LAPORAN DARI BANGKOK, THAILAND

Sebagai brand yang memproduksi perlengkapan komputer dan laptop, Acer turut mendukung perkembangan game e-sports di Indonesia. Satu di antara cara yang dilakukan Acer adalah dengan mempromosikan game e-sports ke kampus-kampus.

Dari tahun ke tahun, game e-sports semakin digemari masyarakat dunia, termasuk di Indonesia. Berbagai game diminati oleh lintas generasi di Tanah Air, mulai dari DOTA 2, PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG), Mobile Lagends, Arena of Valor (AoV), hingga Counter-Strike: Global Offensive (CS: GO).

Sejumlah turnamen juga dihelat untuk menyalurkan hasrat bermain dan bersaing para gamer e-sports. Bahkan, aktivitas yang telah masuk dalam kategori olahraga ini dipertandingkan sebagai ekhibisi di Asian Games 2018.

Terdapat enam game yang dipertandingkan secara ekshibisi e-sports di Asian Games tahun lalu, yaitu League of Legends (LoL), Heartstones, Pro Evolution Soccer (PES 2018), Starcraft II, Clash Royale, dan Arena of Valor (AoV).

Meski tak masuk dalam hitungan perolehan medali, sejumlah negara di Asia mengirimkan wakilnya untuk berlaga di Asian Games 2018. Hal itu pun membuat game e-sports semakin mendapatkan tempat di hati masyarakat.

Acer juga terus berupaya memperkenalkan game e-sports ke publik di Indonesia. Selain menggelar sejumlah turnamen, seperti Asia Pacific Predator League 2019, Acer juga memberikan pengenalan kepada mahasiswa di sejumlah kampus di Jakarta dan wilayah Jawa, cara bermain e-sports yang baik dan benar.

"Di Indonesia kami banyak melakukan aktivitas terkait game e-sports, termasuk ke dunia pendidikan," ujar President Direktur Acer Indonesia, Herbert Ang di Bangkok, Thailand, Jumat (14/2/2019).

 

2 of 2

Jajal Game E-Sports di Kampus

Di dunia pendidikan, Acer melakukan road show ke beberapa kampus di Jakarta dan sejumlah daerah di Jawa Timur. 

"Tujuannya memberikan pelatihan dan pengenalan kepada mahasiswa tentang gaming, apa yang disebut sebagai gaming dan profesi ke depannya," paparnya.

"Nantinya informasi yang diberikan Acer bahwa game e-sports juga memiliki masa depan. Kami juga memberikan pelatihan kepada mahasiswa cara bermain game yang baik dan benar," lanjut Herbert.

Acer yang juga memiliki berbagai produk gaming, seperti Predator Helios 500, berencana menyediakan tempat bagi mahasiswa untuk menjajal game e-sports di kampus.

"Kami juga berencana bekerja sama dengan kampus-kampus di Indonesia untuk menyediakan spot-spot bagi mahasiswa untuk berkreasi dalam game e-sports. Tempat tersebut bukan hanya untuk bermain game, namun juga tempat untuk berkreativitas," papar Herbert Ang.

Lanjutkan Membaca ↓