Masuk Final Piala Presiden Esports 2019, Peserta Ikuti Bootcamp di Kantor Staf Presiden

Oleh Nurfahmi Budi pada 14 Mar 2019, 23:20 WIB
Turnamen Piala Presiden Esports 2019

Bola.com, Jakarta - Sebanyak 16 tim akan mengikuti serangkaian pengisian materi dalam event bootcamp di Kantor Staf Presiden. Hal itu menjadi jalur yang harus dilewati para partisipan yang masuk ke putaran final Piala Presiden Esports 2019.

Menurut penyelenggara Piala Presiden Esports 2019, program bootcamp akan diselenggarakan pada 27 - 28 Maret 2019. "Kami mendukung bootcamp karena talenta saja tidak cukup menjadi atlet yang berprestasi," kata Abraham Wirotomo, Tenaga Ahli Madya Kedeputian II Kantor Staf Presiden.

Abraham menjelaskan, ada 3 hal yang harus dimiliki dan dimengerti para atlet esports. Pertama, harus ada jiwa nasionalisme, motivasi membela tanah air dan mengharumkan nama bangsa jelas akan memberikan energi ekstra.

Selanjutnya adalah pemahaman pola hidup sehat dan gizi. Kemampuan otak harus didukung badan yang sehat. Para atlet harus sadar pentingnya menjaga kebugaran seluruh tubuh agar stamina dan konsentrasi juga bisa terjaga dengan baik.

Terakhir adlaah kemampuan mengelola finansial. Gaji atlet esports boleh dibilang cukup fantastis. Pada usia 20-an tahun sudah punya pendapatan puluhan hingga ratusan juta per bulan.

"Artinya, mereka harus pandai mengelola keuangan mereka agar tidak boros untuk hal-hal yang tidak berguna. Syukur bisa diinvestasi sebagai jaminan masa depan," ucap Abraham.

Rangkaian kegiatan sepanjang bootcamp antara lain pembinaan ideologi Pancasila, sportivitas dan dedikasi kepada bangsa. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir bakal menjadi mentor bagi para atlet yang akan berlaga di final Piala Presiden Esports 2019.

Sementara itu, materi 'team building esports dan bisnis esports' diisi Hartman Harris & Delwyn. Lalu, 'personal development' akan dibawakan Laksmiari Saraswati Widodo. Sementara itu, Kemal akan memberikan materi terkait 'public speaking'. Terakhir, Andi Kurniawan akan menjelaskan tentang 'healthy lifestyle'.

Sumber: Liputan6