5 Tips dan Trik Jadi Streamer yang Menghibur ala Jagoan PUBG Mobile Tim RRQ

Oleh Nurfahmi Budi pada 25 Mar 2019, 19:45 WIB
Kenboo

Bola.com, Jakarta - Bagi Sahabat Bola.com yang 'doyan' gim, nama Tyler “Ninja” Blevins sudah tak asing lagi. Sosok gamer dan streamer tersebut sempat menjadi bahan pembicaraan publik. Semua itu berlatar kelihaiannya saat berinteraksi dan bermain via platform live streaming.

Sang Ninja menjadi magnet publik, juga media, setelah mengumpulkan pendapatan 10 juta dolar AS atau lebih dari Rp144 miliar sepanjang 2018. Angka itu hanya berasal dari aktivitasnya di area live streaming permainan video gim.

Selain itu, ia juga mendapat bayaran 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14 miliar hanya untuk memainkan Apex Legends di kanal live streaming miliknya. Seperti diketahui, Apex Legends gim yang terus menanjak, dan menjadi andalan dari sang pengembang, Electronic Arts.

Berlatar itu pula, kombinasi antara player profesional dan streamer layak menjadi atensi. Selain prestasi dari arena pertandingan, unsur pendapatan juga bisa didapat dari kegiatan di ranah live streaming alias menjadi streamer.

Nah, pada sisi lain, kreativitas menjadi hal yang tak boleh ditinggalkan begitu saja dari seseorang yang ingin menjadi live streamer gim. Kreatif itu tak selalu berurusan dengan teknik, melainkan juga pada area interaksi.

Bagi Sahabat Bola.com yang ingin menjadi streamer andal, simak tips dan trik dari atlet esports PUBG Mobile asal tim RRQ, Christopher Kayne Nitiatmadja alias Kenboo.

 

2 of 6

1. Pahami Alat dan Gadget yang Diperlukan

PUBG Mobile
PUBG Mobile bakal kehadiran zombie mode di update terbarunya, kapan? (Liputan6.com/ Yuslianson)

Kenboo mengakui pentingnya menggunakan alat dan gadget berspesifikasi tinggi. “Yang paling pertama tuh adaptor, terutama adaptor yang nyambungin ponsel ke kabel HDMI. Selain itu mikrofon juga penting, supaya suara bisa terdengar jernis dan selancar mungkin," katanya.

Selain alat-alat penunjang livestreaming tersebut, pemilihan gadget dan komputer untuk livestream juga menjadi penting agar kualitas gambar tidak menurun atau mengganggu kegiatan bermain. Kenboo menyarankan, untuk ponselharus memiliki spesifikasi kuat untuk main PUBG Mobile sembari livestream. Selain itu spek komputer juga penting agar livestream tak patah-patah, Semua itu berlatar software untuk livestream tak hanya satu.

 

3 of 6

2. Mainkan Gim yang Memang Dikuasai

PUBG Mobile
PUBG Mobile x Resident Evil 2. (Doc: PUBG Mobile)

Kenboo telah mengikuti perkembangan PUBG Mobile sejak season pertama. Namun selain itu, Kenboo juga mendalami berbagai gim berbasis shooter lainnya seperti Counter Strike:Global Offense, Point Blank hingga yang terbaru, ApexLegends.

PUBG Mobile juga yang akhirnya membawa Kenboo kepada kancah video gim profesional. Bersama tim lamanya, Quattuor Folium Trifolium, Kenboo berhasil meraih juara ketiga pada turnamen Ultimo Hombre Axis Pyramid League 2018 kategori PUBG Mobile meski saat itu belum berstatus pemain profesional.

Keberhasilan itu membuatnya dilirik oleh RRQ yang sedang merancang skuat PUBG Mobile. Karena menguasai PUBG Mobile itulah, Kenboo lebih senang melakukan live streamng terkait gim tersebut.

 

4 of 6

3. Lakukan Aktivitas yang Menghibur Serta Interaktif

Apex Legends
Apex Legends. (Doc: Digital Trends)

Ketertarikan Kenboo untuk menjadi livestreamer dikarenakan kegemarannya berinteraksi dengan penonton serta fans-nya. Menurutnya, ia lebih senang menganggap fans sebagai teman.

Hal itu berkaitan dengan kegemarannya ngobrol. Walhasil, fans bisa menjadi medium baginya untuk saling bertukar pikiran karena setara sebagai teman. Guna membuat kegiatan livestreaming-nya menyenangkan bagi fans, Kenboo tak jarang membuat aktivitas tersendiri dalam permainannya.

Misalnya membuat challenge, seperti kalau sampe 5 ribu viewers nanti akan membawa teman main bareng ke map khusus, atau malah nanti mengirim bom atau membunuh teman sendiri.

Selain itu, Kenboo mengakui pentingnya membuat konten yang unik dan berbeda selama livestream.

 

5 of 6

4. Buat Persona yang Khas Sebagai Pembeda

Apex Legends
Seminggu dirilis, 20 juta pemain terdaftar di dalam gim Apex Legends. (Doc: EA)

Ada alasan tersendiri bagi Kenboo mengecat rambutnya, yakni ingin membuat persona yang khas sebagai pembeda. Ia mengaku awalnya tak sengaja.

Namun, Kenboo juga memerhatikan tipe fans yang sedang berinteraksi dengannya. Ada tipe penonton yang ingin menonton player yang memang jago, tapi banyak juga yang ingin hiburan.

 

6 of 6

5. Pilih Platform Livestreaming yang Tepat

Apex Legends
Apex Legends. (Doc: EA)

Bagi Kenboo, pilihan platform live streaming gim menjadi satu di antara yang paling krusial. Baginya, jika sampai tak tepat, bisa saja hasilnya tak maksimal, terutama saat berinteraksi dengan para penggemar.

Sumber: Nimo TV

Lanjutkan Membaca ↓