Sukses


Trik MUI Menguji PUBG

Bola.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) memiliki trik khusus untuk menguji Playerunknown's Battleground (PUBG). Hal itu terkait 'kehebohan' dalam sepekan terakhir yang menggiring efek negatif akibat permainan PUBG.

MUI memiliki tim khusus untuk meneliti PUBG, menyusul wacana fatwa terhadap gim tersebut. Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh, mengaku juga sudah menjajal gim tersebut. “Kami memiliki tim khusus untuk riset. Saya juga sudah unduh gim itu dan saya juga kan di-bully,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, dari riset yang dilakukan, hasilnya akan menjadi masukan untuk tim internal MUI. Hal ini menjadi satu di antara bahan kajian untuk memutuskan penilaian terhadap PUBG, apakah nantinya akan ada fatwa haram, perbaikan regulasi, penegakan hukum, atau rekomendasi.

"Saya main gim itu bersama dengan anak. Kemudian saya melakukan koreksi terhadap beberapa jenis permainan, yang akan menjadi masukan untuk tim kami,” sebut Asrorun..

MUI sudah menggelar pertemuan dengan sejumlah pihak, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), asosiasi esports Indonesia, dan psikolog. Langkah ini menjadi terusan pembahasan gim kekerasan dan dampaknya terhadap masyarakat.

Hasil diskusi, semuanya sepakat akan dilakukan pembatasan dan pelarangan terhadap gim-gim yang memiliki muatan konten negatif. Beberapa kriteria konten tersebut seperti memiliki unsur kekerasan, pornografi, dan perjudian.

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer