5 Roster Profesional Asal Malaysia di Turnamen Dota 2 The International 2019

Oleh Faozan Tri Nugroho pada 23 Agu 2019, 07:45 WIB
Bendera Malaysia (iStockphoto via Google Images)

Bola.com, Jakarta - Panggung The International 2019 menjadi ajang unjuk kebolehan bagi para pemain gim Dota 2 dari berbagai penjuru dunia. Total ada 85 pemain dari 18 negara berbeda yang berpartisipasi pada pentas tersebut.

Beberapa negara yang banyak menyumbang pemain ialah China, Rusia, Filipina, Amerika Serikat, Peru dan Malaysia. Sementara jumlah pemain profesional dari negara lain bisa dibilang merata.

China menjadi negara paling banyak menyumbangkan wakil, yakni sebanyak 18 pemain. Sayang, tidak ada pemain asal Indonesia yang ikut ambil bagian di Turnamen Dota 2 The International 2019. 

Sementara itu, Malaysia mengirimkan lima pemain yang berpartisipasi dalam The International 2019, di Marcedes Benz Arena, Shanghai, China. Kelima pemain tersebut ialah Yeik " MidOne " Nai Zheng, Jian Wei "xNova" Yap, Cheng "vtFaded" Jia Hao, Tue "ah fu" Soon Chuan, dan Kam "Moon" Boon Seng.

Meski berasal dari negara yang sama, kelima pemain tersebut justru bermain untuk tim yang berbeda-beda. Para pemain tersebut juga menjadi andalan masing-masing tim pada turnamen Dota 2 The International 2019.

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber lima pemain profesional asal Malaysia yang berpartisipasi di Turnamen Dota 2 The International 2019.

 

 

 

 

 

2 of 6

Yeik

MidOne merupakan andalan dari Team Secret. MidOne sudah bergabung dengan Team Secret sejak 2016. Sebelumnya ia bermain untuk tim Fnatic.

Pada turnamen Dota 2 The International 2019, Team Secret berhasil melaju ke round 3 lower bracker. Team Secret akan berhadapan dengan tin Infamous yang pada laga sebelumnya sukses mengalahkan Newbee dengan skor 2-1.

Saat berusia tujuh tahun MidOne sudah memainkan gim komputer pertamanya, yakni Sonic dan Rayman. Setelah itu, MidOne mulai bertualang ke gim Dota ketika melihat saudaranya bermain.

Saat menjadi pemain Dota amatir, orang tuanya justru menyuruhnya berhenti bermain. Namun, saat MidOne sudah menjadi pemain Dota profesional, teman-teman dan orang tuanya menunjukkan dukungan untuk terus menjadi seorang gamer profesional.

Bersama Team Secret, roster berusia 23 tahun itu sudah memenangkan lebih dari tujuh gelar. Selain itu, MidOne juga pernaih meraih gelar individu sebanyak tiga kali.

3 of 6

Jian Wei

Pemain Malaysia kedua ialah Jian Wei "xNova" Yap. Roster berusia 21 tahun itu mengawali karier di dunia Dota saat bergabung dengan tim LowyaT E-Sports pada 2012.

XNova merupakan roster dari tim PSG.LGD. xNova sudah memperkuat tim PSG.LGD sejak 2018.

Pada perhelatan The International 2018, xNova sukses membawa PSG.LGD menjadi runner up. Kini, PSG.LGD masih berpeluang menjadi yang terbaik di ajang Dota 2 The International 2019.

Pasalnya, PSG. LGD masih akan berhadapan dengan Vici Gaming di round ketiga upper bracket.

4 of 6

Cheng

Roster ketiga asal Malaysia di Turnamen Dota 2 The International 2019 ialah Cheng "vtFaded" Jia Hao. vtFaded merupakan pemain yang sudah malang melintang di dunia Dota.

Saat ini, vtFaded bermain untuk Chaos Esports Club. Ia baru bergabung dengan Chaos Esports Club pada Juni 2019.

Sayang, pada perhelatan The International 2019, Chaos Esports Club hanya sampai babak grup stage. Lantaran Chaos Esports berada di peringkat terakhir babak penyisihan grup The International 2019. 

Sebelum bergabung dengan Chaos Esports Club, roster berusia 21 tahun itu bermain untuk For The Dream, Geek Fam, Clutch Gammers dan Sun Gaming.

5 of 6

Sel

Pemain Dota asal Malaysia keempat ialah Sel "ah fu" Soon Chuan. Konon, nickname tersebut terinspirasi dari penyanyi asal Chinese Taipei, Teng Fu-ju.

Saat ini, Ah fu bermain untuk tim Royal Never Give Up. Ah fu mulai bergabung dengan Royal Never Give Up sejak September 2018.

Sebelumnya, Ah fu menjadi andalan LGD.Forever Young pada 2017 hingga 2018. Bersama Royal Never Give Up, Ah fu masih berkesempatan memeroleh gelar Aegis of Champions pada turnamen Dota 2 The International 2019.

Royal Never Give Up akan berhadapan dengan Team Liquid di round 3 lower bracket Turnamen Dota 2 The International 2019.

6 of 6

Kam

Roster kelima asal Malaysia yang berlaga di ajang The International 2019 ialah Kam "Moon" Boon Seng. Moon sebelumnya dikenal sebagai NaNa pada awal bermain dengan tim Malaysia seperti Invasion Esports dan SabunWarrior

Saat ini, Moon bermain untuk tim Mineski. Moon sudah bergabung dengan Mineski sejak 2017.

Selama dua tahun bersama Mineski, Moon sudah mempersembahkan lebih dari lima gelar. Sayang, kiprah Mineski pada turnamen Dota 2 The International 2019 harus terhenti dari Team Secret.

Mineski harus mengakui keunggulan Team Secret 2-1 pada round 2 lower bracket.

Lanjutkan Membaca ↓