Laporan dari BlizzCon 2019 Anaheim California : Merasakan Tantangan Alam Baka di World of Warcraft

Oleh Nurfahmi Budi pada 08 Nov 2019, 19:45 WIB
World of Warcraft

Bola.com, Jakarta - World of Warcraft memiliki magnet khusus sepanjang perhelatan BlizzCon 2019, di Anaheim, California, Amerika Serikat (AS). Gim bergenre massively multiplayer online role-playing tersebut mendapat sambutan meriah gara-gara semakin dalam ke 'alam baka'.

Pada BlizzCon tahun ini, Blizzard Entertainment sebagai pengembang dan publisher memberi sentuhan berbeda untuk World of Warcraft. Walhasil, model teranyar, World of Warcraft : Shadowlands, menjadi ekspansi yang telah ditunggu.

Sebelum model Shadowlands, World of Warcraft sudah memiliki tujuh ekspansi. Seri-seri tersebut antara lain The Burning Crusade, Wrath of the Lich King, Cataclysm, Mists of Pandaria, Warlords of Draenor, Legion dan Battle for Azeroth.

Satu yang pasti, para pemain akan merasakan zona berbeda. Maklum, pada World of Warcraft : Shadowlands, mereka, yang diwakili para hero Azeroth, akan menghadapi keajaiban yang menakutkan di alam baka akibat dari tindakan Sylvanas Windrunner.

Sylvanas Windrunner adalah mantan pimpinan kubu Horde. Ia telah menghancurkan batas antara Azeroth dengan dunia kematian, sekaligus merajut serangkaian kejadian yang mengancam keseimbangan antara hidup dan mati di dunia nyata.

 

2 of 5

Gejolak Alam Baka

Rebecca Tetha
Jurnalis SCTV, Rebecca Tetha hadir langsung di perhelatan akbar BlizzCon 2019, di kota Anaheim, California, Amerika Serikat, beberapa waktu lalu. (FOTO / Ist)

Oleh karena itu, World of Warcraft yang memasuki Shadowlands akan bersua alam baka yang sedang bergejolak. Dalam keadaan biasa, roh yang baru meninggalkan tubuhnya akan dituntun memasuki akhirat sesuai dengan kelakuan mereka saat masih bernafas.

Namun, pada model teranyar, semua roh mendapat gaya magnet ke dalam the Maw, tempat penuh kebengisan bagai neraka jahanam. Berlatar ingin memperbaiki siklus kehidupan dan meruntuhkan rencana jahat Sylvanas, pemain akan menjalin hubungan dengan bangsa Covenants yang menguasai berbagai wilayah dimensi di Shadowlands:

Kyrian of Bastion yang tegar, menuntun roh dari dunia nyata ke alam Shadowlands dengan keberanian yang tak tergoyahkan. Night Fae of Ardenweald yang misterius, melindungi roh yang sedang berjuang melewati proses reinkarnasi dari segala bentuk gangguan.

Tokoh penting lain adalah Venthyr of Revendreth yang licik, memakan roh-roh yang sombong dan sia-sia dalam dunia kegelapan penuh dengan kemewahan yang menyesatkan. Necrolords of Maldraxxus penyuka perang, melatiih pasukan undead yang menjadi baris pertahanan pertama di Shadowlands.

Pada petualangan Shadowlands, para pemain akan menghadapi para legenda yang sudah wafat dalam dunia Warcraft. Mereka antara lain Uther the Lightbringer dan Kael’thas.

“Shadowlands akan membawa kita ke suatu tempat yang belum pernah dipijak sama sekali dalam dunia Warcraft, dan itu mendebarkan,” kata J. Allen Brack, Presiden Blizzard Entertainment.

 

3 of 5

Bikin Tak Sabar

World of Warcraft
Bagian dari display hero di World of Warcraft: Shadowlands. World of Warcraft: Shadowlands diluncurkan pada ajang BlizzCon 2019. (FOTO / Blizzard Ent)

Allen Brack mengaku tak sabar menjelajahi alam baka, bertemu dengan kawan lama, dan membuka bab baru dalam Warcraft saga bersama para pemain. Ia memastikan, fitur-fitur dalam World of Warcraft: Shadowlands, akan memberi banyak tantangan menarik.

Ragam fitur dan aktivitas baru menunggu dalam World of Warcraft: Shadowlands. Saat melewati batas antar dua dunia, pemain akan bisa menjelajahi Realm of the Dead, yang hadir kali pertama.

Setelah itu, pemain akan menginjakkan kaki ke dalam Shadowlands dan menikmati keajaiban. Selain itu, mereka juga akan menghadapi kengerian alam baka lima zona baru.

Lima area anyar tersebut antara lain Bastion yang gemerlap, Maldraxxus yang dipenuhi bekas peperangan, senja abadi Ardenweald, Revendreth yang mewah, dan Maw yang mengerikan. Oleh karena itu, para gamer harus bisa mendapatkan kekuatan Covenant.

Pemain akan mampu menjalin hubungan salah dari empat Covenant yang menguasai zona-zona baru Shadowlands. Seiring naik level, mereka akan mendapatkan ability baru, termasuk kemamuan khusus class bagi setiap Covenant.

 

4 of 5

Ragam Rintangan

World of Warcraft : Shadowlands
Satu di antara hero di World of Warcraft : Shadowlands. Blizzard Entertainment meluncurkan karakter tersebut pada BlizzCon 2019.

Rintangan lain yang tak kalah menarik adalah memanjat Tower of the Damned. Di pusat Maw adalah Torghast, Tower of the Damned, penjara dunia lain yang menahan roh-roh paling jahat di dunia. Sangat replayable dan terinspirasi dari beberapa gim dungeon crawler.

Nantinya, hero akan menjelajahi ruangan dan lorong yang selalu berubah untuk melawan para minion The Jailer, penguasa terjahat Torghast. Siapapun yang berhasil menghadapi tantangannya akan berhak mendapatkan harta karun dan membebaskan roh-roh tak bersalah yang terjebak di dalamnya.

Karena beradu strategi itulah, setiap Level sangat berarti. Shadowlands akan memperkenalkan sistem leveling baru. Maksud keputusan tersebut untuk memberikan manfaat dari setiap level yang dicapai. Saat ini , maksimal level karakter di Shadowlands adalah 50, dan batas selanjutnya adalah 60.

 

5 of 5

Army Dead

Rebecca Tetha
Jurnalis Rebecca Tetha hadir langsung di perhelatan BlizzCon 2019, di kota Anaheim, California, Amerika Serikat. (FOTO / Ist)

Titik lain yang tak kalah menarik adalah ketika ada Army of the Dead Bangkit. Guna bersua serbuan Sylvanas di Icecrown, Bolvar Fordragon, bekas paladin yang merebut jubah Lich King untuk melawan kubu Scourge, telah mengangkat para hero dari Azeroth untuk membantu Death Knights of Acherus. Berada di Shadowlands, bangsa pandaren dan sekutu lainnya akan bisa menjadi Death Knight.

Pada sisi teknis, perlu ada langkah meningkatkan Opsi Kustomisasi Karakter: Opsi tampilan baru untuk semua ras akan tersedia saat membuat karakter baru di World of Warcraft.

Blizzard Entertainment mengungkapkan, para gamer World of Warcraft: Shadowlands bisa melakukan pemesanan alias pre-order secara digital dari Blizzard Shop. Shadowlands Base Edition berada di kisaran harga 39,99 dolar AS.

 

Lanjutkan Membaca ↓