Sulawesi Selatan Siap Melahirkan Atlet Esports Andal

Oleh Abdi Satria pada 14 Mar 2020, 15:45 WIB
Diperbarui 14 Mar 2020, 15:45 WIB
Pengurus Esports Indonesia (ESI) Sulawesi Selatan
Pengurus Esports Indonesia (ESI) Sulawesi Selatan. (Bola.com/Abdi Satria)

Bola.com, Makassar - Ketua Esports Indonesia (ESI) Sulawesi Selatan, Brigjen TNI Wing Handoko, mengatakan pihaknya siap melahirkan atlet yang diharapkan bisa mencetak prestasi baik di level nasional maupun internasional.

Pernyataan itu disampaikan Wing Handoko kepada awak media Makassar setelah pelantikan pengurus ESI di 34 provinsi yang berlangsung via teleconfrence dari ESI Pusat di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Menurut Wing, sebagai langkah awal ia bersama pengurus lainnya akan membentuk kepengurusan di 24 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

"Kami juga akan merangkul komunitas Esports di daerah ini. Setelah itu kami akan menggelar rapat kerja untuk menentukan program. Termasuknya di antaranya mengadakan kompetisi tingkat provinsi," ujar Wing yang juga Kabinda Sulsel ini.

Itulah mengapa Wing berharap para komunitas Esports di Sulsel segera berkoordinasi dengan ESI Provinsi.

"Tugas ESI Provinsi adalah mengarahkan dan mengembangkan kemampuan mereka. Di antaranya kemampuan berbahasa Inggris dengan baik. Karena seperti diketahui, Esports adalah olahraga dunia maya yang sangat digemari," terang Wing.

Wing merujuk data jumlah pemain Esports di Indonesia pada saat ini yang mencapai 60 juta orang pada 2020. Diproyeksikan pada 2025, jumlahnya akan bertambah dua kali lipat menjadi 120 juta.

"Cabor Esports ini sangat menjanjikan. Selain kompetisinya yang menjamu, Esports bisa melahirkan atlet yang cerdas, memiliki analisa yang baik, kreatif serta kecepatan berpikir dalam mengambil keputusan," papar Wing.

 

2 dari 2 halaman

Rencana Gelar Kejurnas

Hal senada dikatakan Alton Annar Sampetoding, Ketua Harian ESI Sulsel. "Terkait kompetisi, kami menunggu arahan dari pengurus pusat. Kalau sudah ada jadwal Kejurnas, kami akan secepatnya menggelar Kejurda di Sulsel," kata Alton.

Sementara itu, Wakil Ketum KONI Sulsel, Ambas Syam mengapresiasi pelatikan ESI Provinsi. "Saya optimis cabor Esports akan cepat berkembang di Sulsel. Apalagi rara-rata peminatnya adalah kaum milienal. Kami berharap pengurus ESI Provinsi segera berkoodinasi dengan KONI Sulsel," tutur Ambas.

Dalam waktu dekat, KONI Sulsel akan menggelar rapat anggota tahunan. "Secepatnya kami akan meresmikan Esports sebagai anggota KONI Sulsel. Nantinya, Esports sudah bisa jadi cabang eksebisi di Porprov 2022 nanti," pungkas Ambas Syam.

 

Lanjutkan Membaca ↓