VIDEO: Kalahkan Valentino Rossi dan Marc Marquez, Bagnaia Menangi MotoGP Virtual Race

Oleh Yusuf Satria pada 13 Apr 2020, 08:00 WIB
Diperbarui 13 Apr 2020, 08:00 WIB

Bola.com, Jakarta Balapan jilid kedua MotoGP Virtual Race berlangsung sengit, penuh insiden, dan tentunya tawa dari pembalap. Francesco Bagnaia berhasil finis terdepan mengungguli Marc Marquez  dan Maverick Vinales, sedangkan Valentino Rossi yang pertama kali tampil kerap terjatuh. Balapan virtual kali ini digelar di Sirkut Red Bull Ring, Austria, Minggu (12/4/2020). Sementara itu, edisi perdana berlangsung di Sirkuit Mugello, Italia pada 29 Maret lalu dan dimenangkan Alex Marquez.

Sama seperti pada jilid pertama, edisi kali ini juga diikuti 10 pembalap. Satu di antara muka baru yang ikut serta dalam MotoGP Virtual Race ini adalah Valentino Rossi. Pembalap Monster Energy Yamaha itu mengaku tak terbiasa dengan balapan di game. Meski begitu, Rossi mengaku akan berusaha memperlihatkan penampilan terbaiknya. "Ini perasaan yang aneh, karena membalap di PlayStation ketimbang lomba yang sebenarnya, namun ini menyenangkan. Saya tidak terlalu cepat, tetapi saya akan mencoba," ujar Rossi sebelum game dimulai. Setelah menjalani sesi kualifikasi selama lima menit, Francesco Bagnaia berhasil meraih pole position. Disusul Vinaels, Marc, dan Alex Marquez. Adapun Valentino Rossi menempati posisi start ke-10.

Selepas start, para pembalap langsung memacu dirinya di game MotoGP19. Saling senggol pun terjadi menjelang tikungan pertama. Alhasil, sejumlah pembalap keluar lintasan dan terjatuh, beberapa di antaranya adalah Alex Marquez, Tito Rabat, dan Valentino Rossi. Rossi yang tak terbiasa dengan game MotoGP beberapa kali terjatuh. The Doctor pun hanya bisa tertawa melihat dirinya di dunia virtual terlempar ke gravel. Pada lap kedua, Marc Marquez terjatuh setelah disenggol Takaaki Nakagami dari belakang. Marquez pun tampak kesal, sedangkan Nakagami hanya bisa tertawa. Dengan nada bercanda, jagoan Repsol Honda itu meminta insiden tersebut diselidiki race direction.

Masuk lap ketiga, Nakagami kembali membuat Marquez terjatuh, namun kali ini bukan Marc melainkan Alex. Padahal saat itu, Alex berada di peringkat ketiga. Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia yang bersaing untuk menempati posisi terdepan menatap layar dengan sangat serius. Keduanya seakan tak peduli dengan dialog dan candaan yang terjadi antarpembalap.

Memasuki lap terakhir, terjadi persaingan sengit antara Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia. Hingga akhirnya, Bagnaia yang berhasil lebih dulu menyentuh garis finis. Sementara itu, Alex dan Marc Marquez berada di urutan ketiga dan keempat. Melengkapi posisi lima besar diisi Fabio Quartararo. Pada tikungan terakhir, terjadi duel antara Valentino Rossi dan Danilo Petrucci. Pertarungan akhirnya dimenangkan Patrucci yang menempati posisi keenam, sedangkan Valentino Rossi harus puas berada di peringkat ketujuh balapan MotoGP Virtual Race kali ini.