7 Fakta Menarik dari Keseruan Seri Kedua MotoGP Virtual Race 2020

Oleh Yus Mei Sawitri pada 13 Apr 2020, 13:45 WIB
Diperbarui 13 Apr 2020, 13:45 WIB
MotoGP Virtual Race Jilid II
MotoGP Virtual Race Jilid II, Minggu (12/4/2020). (Twitter/MotoGP)

Bola.com, Jakarta - Perhelatan seri kedua MotoGP Virtual Race 2020, Minggu (12/4/2020), berlangsung menarik. Balapan kali ini menggunakan Sirkuir Red Bull Ring, Austria.  

Pada balapan berdurasi 10 lap tersebut, rider Pramac Racing, Francesco Bagnaia, berhasil meraih kemenangan.

MotoGP Virtual Race digelar karena musim balap yang sesungguhnya tertunda akibat pandemi virus corona (COVID-19). Demi menghibur para pebalap dan penggemar yang sedang menjalani karantina di rumah, balapan virtual pun akhirnya diselenggarakan.

Dalam seri kedua ini, posisi runner up ditempati pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales. Adapun rider anyar Repsol Honda, Alex Marquez, finis di urutan ketiga.

Balapan virtual tersebut menyajikan pertarungan sangat sengit karena diikuti oleh lima rider yang sudah dapat pengalaman dari seri pertama. Lima rider lainnya baru menjalani debut di seri kedua.

Ada beberapa fakta unik yang terjadi dalam seri kedua MotoGP Virtual Race 2020 kali ini. Berikut beberapa di antaranya. 

2 dari 9 halaman

1. Bagnaia Menang, Ducati Tetap Berkuasa

Pecco Bagnaia
Francesco Bagnaia. (Twitter/Pecco Bagnaia)

Kemenangan Bagnaia menjadi tanda Ducati memang merupakan penguasa Red Bull Ring, bahkan dalam balapan virtual sekali pun. Sejak trek ini kembali menggelar MotoGP pada 2016, Ducati selalu menang.

Pada 2016, Andrea Iannone sukses berjaya, diikuti Andrea Dovizioso pada 2017 dan 2019, serta Jorge Lorenzo pada 2018. Kini Bagnaia ikut jadi pemenang, meski dalam balapan virtual.

 

3 dari 9 halaman

2. Penghuni Podium Sama Seperti Seri Pertama

Pembalap MotoGP dengan Follower Instagram Terbanyak
Alex Marquez (Repsol Honda). (AFP/MOhd Rasfan)

Bagnaia boleh jadi menang, sementara Vinales dan Alex Marquez finis kedua dan ketiga. Uniknya, ketiga rider ini pula yang mengisi podium virtual di Sirkuit Mugello, Italia, dua pekan sebelumnya.

Bedanya, Alex Marquez yang meraih kemenangan kala itu, sementara Bagnaia finis kedua dan Vinales finis ketiga. Di Red Bull Ring, ketiganya kompak naik podium lagi.

 

4 dari 9 halaman

3. Pertarungan Klasik Austria Sampai Tikungan Terakhir

Pertarungan Red Bull Ring dalam dunia nyata diketahui kerap terjadi sampai lap terakhir, bahkan di tikungan terakhir. Terbukti lewat persaingan pada 2017, 2018, dan 2019.

Dalam balapan virtual, pertarungan serupa juga terjadi, kali ini melibatkan Bagnaia dan Vinales. Vinales tak bisa mengalahkan Bagnaia, setelah motor virtualnya goyah ketika keluar dari tikungan terakhir.

 

5 dari 9 halaman

4. Valentino Rossi Akhirnya Ikut

Pembalap MotoGP dengan Follower Instagram Terbanyak
Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha). (AP/Eric Alonso)

Setelah membuat para penggemarnya kecewa karena batal ikut di seri perdana MotoGP Virtual Race, rider Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi akhirnya berpartisipasi pada seri kedua.

Setelah start dari posisi 10, Rossi finis ketujuh. Dia sempat bertarung sengit dengan rider Ducati Team, Danilo Petrucci, dan terjatuh tepat menjelang garis finis.

 

6 dari 9 halaman

5. Marquez Bersaudara Bertarung Sengit

Dalam balapan virtual kali ini, Marquez bersaudara menyajikan duel sengit dalam memperebutkan posisi ketiga. Uniknya, pada awal balapan, keduanya juga sempat terganggu oleh agresi Takaaki Nakagami.

Setelah sama-sama tertabrak Nakagami, keduanya merangsek ke depan, dan bertarung sengit. Tak lupa, keduanya juga saling ejek. Namun, Alex lah yang akhirnya finis ketiga, sementara Marc harus puas finis keempat.

 

7 dari 9 halaman

6. Petrucci Tak Bertandem dengan Dovizioso 

Motogp Italia 2019
Pebalap Ducati, Danilo Petrucci. (AP/Antonio Calanni)

Dalam balapan kali ini, Petrucci tak bertandem dengan sahabat sekaligus rekan setimnya di dunia nyata, Andrea Dovizioso. Rider Italia ini bertandem dengan test rider Ducati Corse, Michele Pirro.

Kedua rider ini sempat bertarung dengan Rossi, dan masing-masing finis di posisi keenam dan kesembilan. Hasil yang tak buruk, mengingat ini debut mereka di MotoGP Virtual Race.

 

8 dari 9 halaman

7. Bakal Digelar Lebih Sering Selama Pandemi

Managing Director Dorna Sports, Manel Arroyo, mengatakan kepada The Race MotoGP Virtual Race akan digelar lebih sering selama pandemi masih menghalangi MotoGP 2020 untuk digelar.

Dia juga menyatakan para rider dari kelas Moto2, Moto3, dan MotoE juga mulai minta dilibatkan, dan Dorna pun bertekad akan menggelar balapan virtual tersendiri untuk ketiga kategori ini.

 

9 dari 9 halaman

Berikut Hasil Balapan MotoGP Virtual Race Red Bull Ring (10 lap).

1. Francesco Bagnaia  (Pramac Racing) - 13 menit 47,091 detik

2. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +0,074 detik

3. Alex Marquez (Repsol Honda) +9,762 detik

4. Marc Marquez (Repsol Honda) +12,572 detik

5. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) +35,418 detik

6. Danilo Petrucci (Ducati Team) - no time

7. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) - no time

8. Michele Pirro (Ducati Team) - no time

9. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) - no time

10. Tito Rabat (Reale Avintia Racing) - no time 

Disadur dari: Bola.net (Penulis Anindhya Danartikanya, published: 13/4/2020)

Lanjutkan Membaca ↓