Sukses


Louvre Surabaya Gandeng EVOS Esports untuk Maksimalkan Bisnis Merchandise Saat Pandemi COVID-19

Bola.com, Jakarta - Sebuah aktivasi kegiatan dilakukan oleh klub basket Indonesia, Louvre Surabaya, di tengah penantian berlanjutnya kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) 2020. Louvre Surabaya berusaha terus meningkatkan pemasukan dari merchandise dengan menggandeng tim esports Indonesia, EVOS Esport, untuk memproduksi merchandise bersama.

Louvre Surabaya mengklaim kolaborasi dengan tim Esports ini menjadi yang pertama dalam sejarah di Indonesia, di mana sebuah klub basket dan esports bekerjasama menyajikan produk merchandise yang menggabungkan elemen dari kedua tim dan dijual secara terbatas.

Langkah Louvre Surabaya melakukan kolaborasi ini tak lepas dari keberhasilan mereka dalam meraih pemasukan dari merchandise selama pandemi COVID-19 menyerang Indonesia. Menurut pemilik Louvre Surabaya, Erick Herlangga, merchandise klub basketnya telah ludes terjual selama pandemi ini, dan menghasilkan others income dari merchandise mencapai Rp937 juta.

"Seperti yang kita ketahui bersama, jersey Louvre itu sudah sold out di mana-mana. Bahkan jersey untuk edisi 2020 sudah tidak ada di pasaran dan menjadi barang langka karena memang sudah tidak lagi di produksi," ujar Erick Herlangga dalam konferensi pers virtual, Rabu (17/6/2020).

"Dengan pendapatan hampir Rp1 miliar dari merchandise, jadi saya berpikir kenapa tidak kami lebih serius untuk menggarap merchandise. Oleh karena itu, saya menggandeng tim esports terbesar ini, EVOS, untuk berkolaborasi," lanjutnya.

Sebagai satu di antara beberapa tim esports terbesar di Asia Tenggara yang terbentuk sejak 2016, EVOS Esports kini juga memiliki banyak penggemar, terutama di Tanah Air. Merchandise pun menjadi bisnis yang tidak dipandang sebelah mata oleh mereka. Konsep kolaborasi antara tim olahraga konvensional dan esports pun menjadi alasan EVOS Esport siap bekerja sama dengan Louvre Surabaya.

Video

2 dari 2 halaman

Target Sold Out dalam 3 Bulan

Merchandise yang menjadi produk kolaborasi antara Louvre Surabaya dan EVOS Esports adalah kaos. Rencananya akan ada 10 jenis desain eksklusif kolaborasi antara EVOS dan Louvre, di mana setiap desainnya akan disiapkan produk terbatas sebanyak 120 pieces saja.

"Kami akan bekerja sama awal dalam waktu 3 bulan ke depan. Targetnya tentu harus sold out karena kami mengetahui bagaimana fans Louvre maupun EVOS sama-sama besar," ujar Manajer Merchandise EVOS Esports, Yansen Wijaya.

Target jumlahnya kami akan membuat minimal 120 pieces dalam 1 artikel kaos. Rencananya, kami akan membuat 10 artikel kaos, jadi dalam waktu 3 bulan ke depan minimal targetnya adalah 1.200 sampai 2.000 pieces. Jika dikonversi ke mata uang, nilanya sekitar 500 hingga 600 juta rupiah," lanjutnya.

Yansen juga menambahkan jika target tersebut tercapai dalam kolaborasi tahap pertama selama tiga bulan ke depan, bakal ada kerja sama lanjutan, atau tahap kedua antara EVOS Esports dan Louvre Surabaya.

Video Populer

Foto Populer