Andritany Ardhiyasa, Dewa Pelindung Persija yang Bakal Beraksi di BOLA Esports Challenge

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 24 Jun 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 24 Jun 2020, 21:30 WIB
Piala AFC 2019: Persija Jakarta Vs Ceres-Negros
Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, saat melawan Ceres-Negros pada laga Piala AFC 2019 di SUGBK, Jakarta, Selasa (23/4). Persija takluk 2-3 dari Ceres-Negros. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta - Siapa yang tidak mengenal Andritany Ardhiyasa. Kiper andalan Persija Jakarta dalam beberapa tahun terakhir yang kini berstatus kapten Macan Kemayoran. Andritany merupakan sosok vital dalam tubuh Persija, terutama dalam memastikan Persija menjadi tim yang sulit untuk dibobol tim lawan.

Kiper berusia 28 tahun ini bakal menjadi satu di antara penggawa Persija Jakarta yang akan tampil dalam perhelatan istimewa turnamen mini, BOLA Esports Challenge. Ia akan tampil menghadapi perwakilan The Jakmania.

Andritany Ardhiyasa memulai kariernya bersama Pesik Kuningan pada 2007, setelah menimba ilmu di Diklat Ragunan, SSB Asiop, dan Diklat Persib. Saat berusia 18 tahun pada 2009, dia direkrut oleh Sriwijaya FC sebagai kiper ketiga.

Semusim di Sriwijaya FC, Andritany memilih untuk membela klub kampung halamannya, Persija Jakarta. Dia menjadi penjaga gawang ketiga setelah Hendro Kartiko dan Jendri Pitoy pada 2010-2011.

Butuh waktu sekitar tiga tahun bagi Andritany Ardhiyasa untuk merebut posisi utama di Persija. Setelah era Hendro dan Jendri selesai, dia harus berbagi tempat dengan Galih Sudaryono semasa masih ditangani Iwan Setiawan.

2 dari 4 halaman

Andalan Persija dan Timnas Indonesia

Andritany Ardhiyasa
Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, merayakan gol yang dicetak oleh Marko Simic ke gawang Arema FC pada laga Liga 1 di SUGBK, Jakarta, Sabtu (31/3/2018). Babak pertama berakhir imbang 1-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Setelah melewati masa-masa kelam sepak bola Indonesia saat dualisme kompetisi, Andritany Ardhiyasa kian cemerlang bersama Persija Jakarta. Adik dari Indra Kahfi itu makin mantab menjadi andalan Persija.

Bahkan keberhasilan Persija Jakarta menjadi satu di antara beberapa klub Liga 1 yang minim kebobolan pada musim 2017 dan 2018 tak lepas dari peran penting Andritany di bawah mistar gawang. Kiper yang kerap menggunakan nomor punggung 26 itu membantu Persija menjuarai Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Kiprahnya di Timnas Indonesia pun luar biasa. Pelatih Tim Garuda asal Spanyol, Luis Milla, sampai mempercayakan gawang Timnas Indonesia U-23 kepadanya di Asian Games 2018. Padahal Andritany harus memakan satu slot dari tiga jatah pemain senior yang bisa tampil di pesta olahraga Asia itu.

3 dari 4 halaman

Live Streaming

Kabar gembira bagi Sahabat Bola.com yang berstatus penggila sepak bola dan gim FIFA 20. Saksikan keseruan acara BOLA Esports Challenge bersama Andritany Ardhiyasa dan Rezaldi Hehanusa, 25 - 26 Juni 2020. Caranya mudah, cukup KLIK TAUTAN INI ya.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Bola.com (@bolacomid) on

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓