Sukses


Piala KONI Esports 2020 Hadirkan Turnamen Free Fire demi Menjaring Atlet Masa Depan Indonesia

Bola.com, Jakarta - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PB Esports Indonesia menggelar turnamen Esports bergengsi pada November 2020. Turnamen bertajuk Piala KONI Esports 2020 akan digelar mulai 17-29 November 2020 dan memperebutkan hadiah sebesar Rp200 juta.

Piala KONI Esports 2020 edisi perdana ini akan mempertandingan gim populer yaitu Free Fire. Pemilihan Free Fire dikarenakan gim ini menjadi yang paling populer di Essports dengan mencapai 20 miliyar views.

Piala KONI Esports 2020 menargetkan 864 tim dari komunitas yang berada di seluruh Indonesia. Nantinya, enam tim komunitas yang lolos dari babak penyisihan akan bertemu dengan tim elite Free Fire Indonesia yakni Evos Esports, RRQ Hades, ONIC Olympus, First Raiders Bravo, Aura Esports, serta LYNXNIHBOSS.

Keenam tim tersebut dipilih berdasarkan klasemen teratas dalam FFIM (Free Fire Indonesia Masters) Fall 2020. Sekretaris Jenderal KONI, TB. Ade Lukman, menyebut turnamen ini sebagai pemanasan menuju kompetisi yang akan digelar mulai tahun depan.

"Akan ada kualifikasi da kompetisi berjenjang yang dimulai pada tahun depan. Tentunya persiapan ini akan dilakukan dengan sangat matang," kata TB Ade Lukman dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Jumat (6/11/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Atlet, Prestasi, dan IT PB Esports Indonesia, Ricky Setiawan, menyambut antusias adanya Piala KONI Esports 2020. Menurut Ricky, turnamen ini bisa menjaring bibit-bibit atlet Esports yang berguna mengharumkan nama Indonesia pada masa depan.

"Tujuan dibentuknya klub/organisasi tim esports adalah untuk mencetak atlet esports dan profesional yang dapat menjadi mata pencaharian dan mengharumkan nama bangsa dalam kompetisi internasional," ujar Ricky Setiawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Alur Kompetisi

Babak penyisihan Piala KONI Esports 2020 akan digelar pada 17-12 November mendatang. Nantinya, terdapat kualifikasi di Grup Barat dan Timur.

Tim yang lolos dari babak kualifikasi akan bertanding di grand final pada 28-29 November 2020. Tim tersebut terdiri dari tiga tim teratas di Grup Barat dan Timur yang akan bertanding dengan enam tim elite Free Fire Indonesia.

Tim yang berhasil menjadi juara akan mendapatkan hadiah sebesar Rp200 juta. Pendaftaran Piala KONI Esports 2020 akan berlangsung pada 8-13 November 2020.

Video Populer

Foto Populer