Sukses


Eksibisi Esports PON Papua 2021 Tonggak Awal Esports-Tourism di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Nuansa kreativitas digital dan budaya Papua tergambar pada opening ceremony eksibisi eSports PON Papua 2021, Selasa (21/9/2021) di Hocky Indoor, Doyo Baru, Jayapura. Kehadiran eSports sebagai eksibisi pada PON kali ini diharapkan jadi langkah awal esports-tourism di Indonesia.

Opening ceremony eksibisi esports PON Papua 2021 dikemas sedemikian rupa, menampilkan sisi sportainment yang penuh dengan ornamen-ornamen kekinian.

Kemasan tersebut dipilih dengan banyak pertimbangan. Pertama, eSports mulai diperhitungkan sebagai olahraga yang bisa membawa prestasi di kancah internasional.

Selain itu, eSports juga menawarkan nilai ekonomi fantastis dan digadang-gadang menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Dalam acara opening ceremony eksibisi eSports PON Papua 2021, eksotisme dan keluhuran budaya Papua tersurat secara nyata, menggambarkan kolaborasi unik antara kreasi digital dengan warna-warna khas Bumi Cendrawasih.

 

2 dari 3 halaman

Potensi Ekonomi dari eSports

Keikutsertaan eSports sebagai eksibisi di PON Papua 2021 turut dimaknai dengan potensi ekonomi yang luar biasa besar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang juga hadir sebagai Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) mengatakan bahwa dengan besarnya potensi nilai ekonomi yang ditawarkan, eSports diharapkan terus berkembang agar makin kontributif terhadap pertumbuhan ekonomi digital nasional.

"Sumbangan industri esports pada tahun 2019 tercatat sebesar 1,3 milyar dolar Amerika Serikat. Dalam setahun saja, pendapatan industri esports mampu tumbuh sebesar 33% menjadi 1,8 milyar dolar Amerika Serikat," ujar Sandiaga menggambarkan besarnya potensi industri dengan ekosistem digital yang luas ini terhadap penguatan perekonomian nasional.

Sebelumnya, Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H.,M.Hum., menyampaikan pesan senada. Ia juga menegaskan Indonesia memiliki potensi besar di industri esports, baik dari prestasi maupun pengembangan ekosistem dan industrinya.

"Ekosistem esports mencakup berbagai bidang, dari olahraga dan sportainment, industri digital seperti pengembang dan platform-platform gim, e-commerce, teknologi finansial, media, hingga pariwisata," ujar Bambang.

 

3 dari 3 halaman

Kesiapan Indonesia dalam eSports Tourism

Bambang melanjutkan, Eksibisi Esports PON Papua 2021 memiliki misi dan makna yang luas. Selain untuk pengembangan dan barometer prestasi esports nasional yang dibina oleh daerah, keberhasilan Eksibisi Esports PON Papua 2021 berpotensi mendorong laju ekonomi kreatif digital yang digerakkan oleh makin bertumbuhnya industri pengembanggim lokal dan bisnis-bisnis kreatif lain yang terkait.

"Melalui Eksibisi Esports PON Papua 2021 yang kami gelar hingga 26 September nanti, kami ingin menyampaikan pesan kepada dunia tentang potensi besar industri esports Indonesia, kesiapan Indonesia menjadi penyelenggara esports-tourism berskala internasional, dan optimisme akan terwujudnya visi Indonesia Emas sebagai kekuatan ekonomi digital dunia pada 2045."

Video Populer

Foto Populer