Sukses


Ekshibisi PON Papua 2021 Berakhir, PBESI Ingin Esports di Indonesia Lebih Atraktif dan Kreatif demi Prestasi

Bola.com, Jayapura - Ajang Ekshisisi Esports di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 resmi berakhir, Minggu (26/9/2021). Kegiatan tersebut resmi ditutupĀ oleh Dewan Pembina Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Bambang Soesatyo dan Ketua KONI Pusat, Marciano Norman.

Pelaksanaan Ekshibisi Esports di PON Papua 2021 memang memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mempromosikan ekosistem Esports di Indonesia yang stabil dan membawa Indonesia menjadi satu di antara yang terbaik di Asia.

Tim Jawa Barat berhasil meraih emas dari nomor eFootball PES 2021 setelah mengalahkan Kalimatan Selatan. Adapun juara pada nomor lainnya, yakni Mobile Legends diraih oleh Kalimantan Barat.

DKI Jakarta berhasil menyabet emas dari nomor PUBG Mobile dan Sulawesi Tenggara menjadi juara Free Fire. Pada laga persahabatan Lokapala, juaranya adalah Jeet Esports.

Bambang Soesatyo dalam sambutannya mengatakan Esports memiliki potensi besar di Indonesia. Ia yakin dunia Esports bisa turut membangkitkan perekonomian Indonesia yang cukup terimbas dengan adanya pandemi COVID-19.

"Ini bukan olahraga kaleng-kaleng. Ini olahraga yang bisa memberikan kontribusi besar bagi perekonomian nasional," ujar Bambang Soesatyo saat menutup Ekshibisi Esports PON Papua 2021 di Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Minggu (26/9/2021).

Mewakili Ketua Umum PBESI, Budi Gunawan, Bambang Soesatyo mengapresiasi atlet yang berkontribusi besar dalam kegiatan Ekshibisi Esports di PON Papua 2021. Seperti halnya yang sempat dinyatakan oleh Budi Gunawan, pria yang karib disapa Bamsoet itu juga percaya atlet-atlet Esports Indonesia akan menjadi tunas yang akan mengharumkan Indonesia pada masa yang akan datang.

"Khusus bagi atlet yang telah bertanding, ada salam dari Ketua Umum PB Esports, Bapak Budi Gunawan. Beliau menyampaikan bahwa kalian adalah tunas-tunas bangsa yang akan membawa nama besar Indonesia dan memberi kontribusi pada masa yang akan datang," ujar Dewan Pembina PBESI itu di depan peserta Ekshibisi Esports PON Papua 2021.

2 dari 3 halaman

Membuka Lapangan Pekerjaan Baru

Seperti halnya sudah disampaikan di atas mengenai potensi Esports dalam membantu perekonomian negara, Bambang Soesatyo menilai Esports akan turut menjadi wadah terbukanya begitu banyak lapangan pekerjaan untuk masyarakat Indonesia.

"Esports Indonesia menjadi bagian fundamental pengembangan dan kemajuan industri digital nasional yang berpotensi menyumbang pendapatan negara hingga 1,7 juta dolar atau Rp25 triliun per tahunnya," ujar Bamsoet.

"Kami serukan kepada insan Esports nasional untuk siap berkolaborasi dan bersinergi menjadikan Esports di Indonesia makin ataktif dan kreatif demi berprestasi dan berpotensi secara ekonomi," lanjutnya.

3 dari 3 halaman

Perkembangan Esports yang Pesat

Hadir pula dalam kegiatan penutupan Ekshibisi Esports di PON Papua 2021 itu, Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman. Marciano menegaskan sejak PBESI sah menjadi anggota KONI, kemajuan Esports dinilai sangat cepat dan pesat.

"Saya rasa apa yang mereka tampilkan dalam ekshibisi ini menjadi satu wujud kerja keras dan betapa mereka yang ada di dalam organisasi PBESI, serta para atlet-atletnya memiliki tekad untuk selalu memberikan yang terbaik," ujar Marciano Norman.

Eksibisi Esports PON Papua 2021 berlangsung 21 hingga 26 September 2021 diĀ Lapangan Hoki Indoor, Doyo Baru, Kabupaten Jayapura. Ada empat kategori yang dipertandingan yaitu game PUBG Mobile, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan Pro Evolution Soccer (PES) 2021 atau eFootball 2021.

Video Populer

Foto Populer