Sukses


Rio Haryanto Butuh Minimal 400 Miliar Rupiah untuk Berlaga di F1

Bola.com, Jakarta - Impian Rio Haryanto menembus arena F1 membutuhkan dukungan finansial cukup besar. Pebalap yang kini bertengger di peringkat kedua klasemen sementara GP2 tersebut, minimal butuh uang segar sekitar Rp 400 miliar sebagai modal tampil di ajang F1.

Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan saat ini ada tiga tim yang sudah menawarkan seat untuk pebalap asal Solo, Jawa Tengah tersebut. Namun, kesempatan emas itu bisa melayang jika Rio tak memiliki modal yang dibutuhkan.

“Ada tiga hal yang harus dipenuhi untuk bisa tampil di F1, yaitu skill, dana, dan ketersediaan seat. Skill dan seat sudah ada, tinggal dana yang belum ada. Tak setiap musim ada seat kosong, jadi ini kesempatan bagus. Juara GP2 pun belum tentu bisa ke F1 kalau tidak ada seat,” kata Indah, saat dihubungi Bola.com, Minggu (3/8/2015).

Indah mengaku belum tahu pasti berapa total dana yang harus disiapkan untuk menembus arena F1. Namun, untuk masuk ke tim papan tengah kemungkinan butuh dana minimal US$30 juta atau sekitar Rp 400 miliar.

Jumlah itu menurut Indah baru hitungan kasar, masih mungkin membengkak hingga US$40 juta atau sekitar Rp 540 miliar. Belum lagi jika tawaran datang dari tim papan atas, otomatis uang segar yang harus disiapkan juga bakal lebih besar.

“Kalau tim papan bawah mungkin sekitar 20 juta Dollar AS, tapi itu juga baru perkiraan. Tapi kalau yang menawari tim papan tengah, ya bisa sampai 30 atau 40 juta Dolar AS. Sampai sekarang kami belum punya dana itu,” ujar Indah.

Ibunda Rio Haryanto menambahkan dana sebesar itu harus dicari dengan cepat. Biasanya tim-tim F1 memberikan tenggat waktu kepada pebalap hingga September. Setelah itu tim-tim sudah memulai serangkaian tes pramusim.

Ketika ditanya tentang dukungan dari pemerintah, Indah mengaku belum ada bantuan apa pun untuk Rio. Indah berharap pemerintah bersedia mendukung karena kehadiran Rio di ajang F1 juga bakal mengangkat nama Indonesia. “Sampai saat ini belum ada bantuan dari pemerintah,” kata Indah.

Setelah merampungkan enam seri awal GP2, Rio yang mengusung bendera Racing Campos berhasil menempati posisi kedua klasemen sementara, dengan raihan 109 poin. Dia tertinggal 85 poin dari peringkat teratas, Stoffel Vandoorne yang mengoleksi 194 poin. Kesempatan Rio Haryanto menipiskan jarak atau malah menyalip Vandoorne masih terbuka karena masih ada lima balapan tersisa.

Baca Juga: 

Bisnis Keluarga Kena Musibah, Rio Haryanto: Semoga Ayah Saya Kuat

Rio Haryanto Buka-Bukaan Soal Karier, Harapan, dan Cinta (1)

Rio Haryanto Buka-Bukaan Soal Karier, Harapan, dan Cinta (2)

 

 

 

Video Populer

Foto Populer