Rio Haryanto Ditawari Gabung Manor, Dana Jadi Kendala

Oleh Yus Mei Sawitri pada 06 Okt 2015, 09:31 WIB
Diperbarui 06 Okt 2015, 09:31 WIB
Rio Haryanto
TAWARAN - Rio Haryanto telah ditawari bergabung dengan tim F1, Manor Marussia. (Bola.com/Reza Khomaini)

Bola.com, Jakarta - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, telah mendapat tawaran bergabung oleh tim Formula 1 (F1), Manor Marussia. Namun, peluang emas promosi ke ajang F1 bisa lepas begitu saja jika Rio tak kunjung mendapat sokongan dana yang memadai.

“Memang sudah ada tawaran dari Manor. Tapi semua itu tergantung dananya,” kata ibunda Rio, Indah Pennywati, saat dihubungi Bola.com, Senin (5/10/2015).

Indah menyatakan sampai saat ini belum mempunyai dana untuk membiayai Rio tampil di ajang F1. Janji pemerintah untuk mencarikan dana untuk pebalap GP2 asal Solo tersebut juga belum terealisasi.

“Sebenarnya ini kesempatan yang sangat baik untuk pebalap Indonesia masuk ke F1. Tapi belum ada kabar soal dana dari pemerintah,” imbuh Indah.

Kabar ketertarikan Manor untuk memakai jasa Rio juga diembuskan media-media Eropa, salah satunya Speed Week. “Negosiasi (Rio dengan Manor) telah berlangsung,” ujar sumber dari situs berbahasa Jerman tersebut.

Jika Rio tak kunjung menemukan solusi terkait pengadaan dana untuk disetorkan ke Manor, bisa jadi kursi di tim itu bakal berpindah ke pebalap lain. Salah satu nama yang santer disebut berpeluang mengisi kursi Manor adalah Pascal Wehrlein, pria Jerman yang menjadi pebalap cadangan tim F1, Mercedes.

Ibunda Rio pernah mengungkapkan dana yang dibutuhkan untuk mengantar Rio ke ajang F1 sekitar Rp 400 miliar. Oleh karena itu, mereka berharap pemerintah ikut membantu Rio terkait pendanaan ini.

Pada Agustus lalu, Rio telah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menginstruksikan kepada Menteri BUMN untuk membantu Rio mencari dana yang dibutuhkan untuk tampil di ajang F1. Namun setelah hampir dua bulan belum ada perkembangan apa pun tentang pencarian dana tersebut. 

Rio saat ini sedang mempersiapkan diri menghadapi seri GP2 Rusia, yang akan berlangsung akhir pekan ini. Pebalap tim Campos Racing tersebut jelas mengincar momen kebangkitan setelah tampil mengecewakan di GP2 Belgia dan Italia.

Dalam dua balapan tersebut, dia gagal meraup poin. Posisi Rio Haryanto di klasemen sementara GP2 melorot dari undakan kedua menjadi peringkat keempat.

Baca Juga: 

9 Pebalap Muda Ini Berpotensi ke F1. Bagaimana Kans Rio Haryanto?

Soal Dana F1, Rio Haryanto: Semoga Ada Kabar Baik 2-3 Bulan Ini

Rio Haryanto Diincar Tiga Tim F1. Tim Apa Saja?