Berselisih, Hamilton Tak Mau Bantu Rosberg

Oleh Yus Mei Sawitri pada 30 Okt 2015, 12:30 WIB
Diperbarui 16 Jan 2017, 16:45 WIB
Lewis Hamilton-Nico Rosberg

Bola.com, Mexico City - Perselisihan panas antara duo pebalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, belum mereda. Hamilton bahkan terang-terangan menyatakan tak bakal membantu rekan setimnya tersebut untuk menyegel posisi kedua di klasemen akhir balapan Formula 1 (F1). 

Setelah Hamilton memastikan gelar juara dunia di GP Amerika Serikat (AS) akhir pekan lalu, perhatian fans F1 tinggal tertuju pada perebutan posisi kedua. Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, bersaing ketat dengan Rosberg untuk mengamankan posisi ini.

Vettel sementara masih unggul dengan raihan 251 poin, lebih banyak 4 poin dibanding Rosberg. Skenario team order kerap dipraktikkan di ajang F1 untuk mengejar misi tertentu. Tapi, Hamilton menegaskan tak mendapat instruksi apa pun untuk membantu rekan setimnya itu, termasuk pada balapan GP Meksiko, akhir pekan ini.

“Tim tak meminta saya melakukan peran itu (membantu Rosberg). Saya berada di sini untuk memenangi balapan. Tim telah memenangi gelar juara dunia konstruktor. Dari fakta itu, saya rasa tak ada untungnya bagi tim (membantu Rosberg menempati peringkat dua). Tapi saya tunggu saja apa yang akan diperintahkan Toto Wolff (Bos Mercedes) kepada saya,” ujar Hamilton, seperti dilansir Guardian, Jumat (30/10/2015).

Perselisihan Hamilton dan Rosberg dipicu kejadian di GP AS. Keduanya bersenggolan di lap awal, meskipun tak berakibat fatal. Hamilton berhasil jadi juara, sedangkan Rosberg finis kedua.

Kejadian tersebut tampaknya membuat Rosberg kesal. Pebalap Jerman tersebut kemudian mengekspresikan kemarahannya di ruang ganti. Dia melemparkan topi yang sebelumnya diberikan Hamilton juga dengan cara dilemparkan.

Tak cukup sampai di situ, Rosberg juga menolak berjabat tangan dengan rekannya dari Inggris itu di podium. Reaksi serupa ditunjukkan Rosberg dengan menolak selebrasi semburan sampanye yang dilakukan Hamilton dan Vettel yang finis ketiga. Setelah kejadian itu, Hamilton mengaku belum berbicara secara khusus dengan rekan setimnya.

“Kami belum berbicara dan sepertinya memang tidak perlu. Alasannya saya tak apa-apa dan kami tak punya masalah,” ujar Hamilton.