Sukses


Penggalangan Dana untuk Rio Haryanto Diperpanjang

Bola.com, Jakarta - Program crowdfunding atau penggalangan dana dari masyarakat untuk Rio Haryanto yang digagas olef komunitas fans, Sahabat Rio, diputuskan diperpanjang selama 13 hari. Keputusan ini diungkapkan penggagas crowdfunding dari Sahabat Rio, Catur Sunaryo.

Program ini rencananya ditutup pada Sabtu (31/10/2015). Namun, dengan berbagai pertimbangan masa penggalangan dana pun diperpanjang. “Melihat dan mempertimbangkan berbagai saran serta masukan dari para sahabat, akhirnya crowfunding ini resmi diperpanjang sampai dengan 13 hari ke depan,” ujar Catur, kepada bola.com, Sabtu malam.

Program penggalangan dana ini dibuat sebagai bentuk dukungan supaya Rio Haryanto bisa tampil di ajang Formula 1 (F1). Seperti diberitakan sebelumnya, langkah pria asal Solo itu untuk menjejak ke arena F1 terbentur kendala dana. Rio sudah mendapat tawaran dari tim Manor Marussia dengan syarat harus menyetor dana sekitar Rp 225 miliar. Sampai sekarang dana yang dibutuhkan belum juga terkumpul.

Rio sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Agustus lalu dan pemerintah berjanji membantu pencarian dana melalui Kementerian BUMN. Tetapi, belum ada kabar lanjutan tentang pencarian dana tersebut. Pebalap GP2 yang memperkuat Campos Racing itu juga sudah bertemu dengan Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, pekan lalu. Dalam pertemuan itu, gubernur yang akrab disapa Ahok tersebut mengaku bakal berusaha memberikan bantuan senilai Rp 15 miliar.

Sebelumnya Manor memberikan batas waktu penyetoran dana sampai 31 Oktober. Namun, Rio menyatakan deadline dari Manor diundur dua sampai tiga pekan. Alhasil, Rio masih punya waktu untuk kembali mencari dana.
Penggemar Rio tak mau tinggal diam. Mereka meluncurkan program penggalangan dana melalui kitabisa.com. Hingga Sabtu, dana yang terkumpul mencapai Rp 71.268.816.

“Sekali lagi, terima kasih yang tak terhingga kami ucapkan. Semoga aksi nyata ini bisa bermanfaat untuk kegiatan balap Rio. Mohon doanya juga semoga pihak terkait yang dahulu berjanji memberikan dukungan finansial hingga ke F1 segera merealisasikan janjinya itu,” kata Sunaryo.

“Bagi sahabat yang ingin berdonasi silakan saja. Kesempatan untuk berkontribusi mengantarkan Rio Haryanto ke pentas F1 masih terbuka. Dari fans, untuk fans, demi Indonesia,” imbuhnya.

Video Populer

Foto Populer