Rio Haryanto Dekati 5 Sponsor, Hasilnya Nihil

Oleh Yus Mei Sawitri pada 04 Nov 2015, 16:10 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta Upaya pebalap Indonesia, Rio Haryanto, mengumpulkan dana untuk tampil di ajang Formula 1 (F1) musim depan masih menemui jalan buntu. Ibunda Rio, Indah Pennywati, mengatakan sudah mendekati lima sponsor besar, namun hasilnya masih nihil.

Indah mengatakan sponsor kesulitan mengucurkan dana karena waktunya sangat mepet. Jika pendekatan dilakukan sejak jauh-jauh hari kemungkinan peluang untuk bekerja sama sangat terbuka lebar.

Menurut Indah, kelima sponsor yang sudah dijajaki itu bergerak di berbagai bidang. “Ada dua bank, satu perusahaan jam, satu airlines, dan satu (produsen) handphone,” kata Indah, saat dihubungi bola.com, Rabu (4/11/2015).

Dua bank yang sudah didekati tersebut semuanya dari Indonesia, sedangkan perusahaan airlines, handphone, dan jam tersebut dari luar negeri. Indah mengaku pihaknya bertemu langsung dengan direktur atau anggota direksi perusahaan-perusahaan tersebut.

Sebagian negosiasi juga dilakukan manajer Rio, Piers Hunnisett. Sayangnya, upaya mereka selalu kandas.

“Mereka sulit mengucurkan dana yang besar dalam waktu yang sangat mepet. Kami terlalu lama menunggu jawaban dari Kementerian BUMN, jadi bergeraknya terlambat. Saat itu kami masih yakin bakal ada bantuan dari BUMN, tapi kami tunggu sampai tiga pekan lalu ternyata belum ada kabar. Makanya kami langsung menghubungi sponsor-sponsor lain. Tapi memang sulit mencari dalam waktu singkat seperti ini. Mungkin kalau sejak beberapa bulan lalu hasilnya bisa lebih baik,” beber Indah.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Rio butuh dana sekitar Rp 225 miliar hingga Rp 250 miliar untuk disetorkan ke tim F1, Manor Marussia. Pebalap asal Solo yang mengidolakan Ayrton Senna tersebut sudah ditawari untuk bergabung. Namun, upaya pencarian dana tenyata tak semudah yang dibayangkan.

Harapan Rio sempat mencuat setelah bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Agustus lalu. Saat itu Presiden menginstruksikan Menteri BUMN membantu pencarian dana bagi Rio.

Sayangnya, hingga sekarang tak ada kabar lanjutan dari Kementerian BUMN. Padahal, di saat bersamaan deadline penyetoran dana ke Manor semakin dekat.

Sejauh ini satu-satunya sponsor yang sudah bersedia mendukung Rio hanya Pertamina. Mereka menjanjikan dana senilai 5 juta Euro atau sekitar Rp 73 miliar.

“Kami sedang berusaha kembali menghubungi Manor supaya deadline bisa mundur lagi. Tapi sampai kini belum ada jawaban dari Manor, mungkin karena kemarin mereka sedang fokus ke seri GP Meksiko. Kami tetap terus berusaha mencari sponsor, tapi memang tidak mudah karena waktunya semakin mepet,” beber Indah.

Sementara itu, gerakan penggalangan dana alias crowdfunding yang digagas komunitas fans pebalap Campos Racing itu, Sahabat Rio, juga masih berlangsung. Hingga pukul 15.00 WIB hari ini, dana yang terkumpul mencapai Rp 99.156.723.