Penggalangan Dana untuk Rio Haryanto Kembali Diperpanjang

Oleh Yus Mei Sawitri pada 16 Nov 2015, 21:40 WIB
Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Program crowdfunding atau penggalangan dana secara patungan dari masyarakat untuk Rio Haryanto diperpanjang untuk kali kedua, hingga 2 Desember 2015. Keputusan ini diambil oleh pihak penggagas, yaitu komunitas Sahabat Rio, karena mempertimbangkan perkembangan di tubuh tim F1, Manor Marussia.

“Sepertinya saat ini manajemen tim itu sepertinya sedang masa transisi peralihan kepemimpinan dari yang lama ke baru, setelah pengunduran diri petinggi Manor, John Booth dan Graeme Lowdon. Sembari menunggu perkembangan dari Manor, kami putuskan untuk memperpanjang program ini,” ujar penggagas program crowfunding dari komunitas Sahabat Rio, Catur Sunaryo, kepada bola.com, Senin (16/11/2015).

Pertimbangan lain untuk memperpanjang program crowdfunding ini adalah menunggu berakhirnya balapan F1 musim ini. “Sambil menunggu musim F1 berakhir juga,” kata Catur.

Hingga Senin ini, penggalangan dana yang dilakukan melalui situs kitabisa.com/Indonesiaf1 tersebut berhasil mengumpulkan uang senilai Rp 105.768.919. Jumlah ini memang masih jauh dari nominal dana yang dibutuhkan Rio untuk berlaga di F1 bersama Manor Marussia.

Pebalap yang kini beraksi di ajang GP2 bersama Campos Racing tersebut membutuhkan dana sekitar Rp 225 miliar untuk disetorkan kepada Manor supaya bisa berlaga bersama tim tersebut di ajang F1 musim depan. Sejauh ini upaya mencari sponsor selalu menemui jalan buntu. Rio baru mengantongi sepertiga dari dana yang dibutuhkan tersebut, yang berasal dari Pertamina.

Sementara itu, pihak Rio sudah bertemu dengan perwakilan Manor pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut, Manor kembali memberikan kelonggaran dengan memperpanjang deadline penyerahan dana hingga akhir November 2015.